5 Alasan Bisnis Gagal, Penyebab Utamanya!

alasan bisnis gagal

Di update pada

Seorang pengusaha dituntut harus menjadi berani dan kompetitif, kebanyakan dari mereka telah memiliki semua kualitas personal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah bisnis yang sukses, lalu mengapa 8 dari 10 bisnis terutama bisnis kecil gagal tiap tahunnya?

Dengan memeriksa tiap jebakan dalam bisnis yang ada menjadikan semuanya lebih mudah dari sekedar seorang CEO yang ambisius dalam meraih kesuksesan, berikut kami sampaikan lima kesalahan paling umum yang sering terjadi pada sebuah bisnis di tahun pertama operasinya.

1. Gagal Memasarkan Secara Online

pemasaran online

Di era serba internet saat ini, jika Anda tidak menaruh perhatian besar pada pemasaran online Anda tidak akan pernah dapat menjual sebanyak yang Anda inginkan, menurut penelitian, sebanyak 80% pengguna internet pernah melakukan transaksi atau pembelian online, selain itu, 81% dari pengguna internet melakukan semacam riset secara online sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, agar bisnis Anda berkembang, bisnis Anda harus dapat dilihat oleh para calon konsumen terutama yang sedang melakukan riset untuk tujuan pembelian, beri perhatian Anda pada SEO, pemasaran media sosial dan semua yang berkaitan dengan penjualan online, sangat penting untuk meningkatkan visibilitas produk Anda di internet.

Pemasaran offline atau konvensional lainnya juga harus memasukkan komponen-komponen online yang kuat, misalnya, kini banyak perusahaan yang memasukkan kode QR dan beragam ikon media sosial mereka ke dalam iklan merka di media offline, karena mereka tahu semakin banyak orang yang mencari bisnis atau produk yang sejenis dengan mereka secara online.

2. Gagal Mendengarkan Pelanggan Mereka

pelanggan

Sebanyak 78% konsumen akan mendengarkan masukan dari para konsumen lainnya secara online, lebih dari sumber yang lainnya, apapun pemasaran utama yang Anda jalankan, baik offline maupun online, berikan ara pelanggan Anda akses mudah dan dapat langsung berinteraksi dengan bisnis Anda secara online, para pelanggan dapat memberikan feedback tentang produk, harga hingga praktik bisnis Anda.

Tanggapan Anda yang cepat dan penjelasan yang penuh manfaat terhadap semua feedback dan review pelanggan akan memberi kesan positif terhadap para pelanggan lama Anda atau bagi para calon pelanggan potensial.

3. Gagal Meningkatkan Pertumbuhan Di Masa Depan

pertumbuhan bisnis

Pemasaran offline memiliki dampak jangka pendek, berbeda dengan pemasaran online yang memiliki dampak jangka panjang, jika Anda menjalankan branding terhadap bisnis Anda dengan efektif, bisnis Anda dipastikan akan tumbuh secara eksponensial, sebuah pemasaran online yang sekali Anda lakukan dapat terus memberi dampak di tahun-tahun mendatang.

Pastikan dengan baik kehadiran bisnis Anda di online, mulai dari website bisnis Anda hingga akun media sosialnya, buat semua representasi online Anda saling terhubung dan saling sinkron satu sama lain, misalnya dalam hal tampilan tema yang dipakai, para pelanggan lama dan pelanggan potensial akan merespon dengan baik sebuah website yang dapat menyenangkan secara estetika dan lebih cenderung untuk kembali ke website Anda.

4. Gagal Beradaptasi Ketika Pasar Berubah

alasan bisnis gagal

Mungkin pada awal bisnis Anda beroperasi Anda akan mendapatkan semacam sukses kecil dan menghasilkan keuntungan yang sesuai dengan target yang Anda tetapkan, tetapi jika Anda tidak terus-menerus mengikuti dan mempelajari pasar Anda, maka dipastikan Anda akan tertinggal.

Lakukan riset pada industri dan pasar Anda di area geografis bisnis Anda beroperasi, dengan riset yang tepat, mungkin Anda akan menemukan bahwa bisnis Anda bisa menjadi yang terdepan di wilayah Anda berdasarkan data dari perusahaan serupa di wilayah lain, melakukan riset seperti ini akan selalu memberikan bisnis Anda keuntungan dan selalu mengungguli tren pasar.

5. Gagal Melacak dan Mengukur Upaya Pemasaran

penyebab bisnis gagal

Alat analitik pada website akan memberikan Anda riset pasar dan wawasan yang berharga dari para pengunjung website Anda, gunakan analitik ini untuk mengetahui aktivitas mana yang menghasilkan traffic ke bisnis Anda, siapa yang membeli apa dan siapa yang tidak, dengan mampu mengukur berbagai peristiwa yang terjadi di dalam bisnis online Anda dapat berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, menemukan tren di antara pelanggan Anda dan juga tentunya meningkatkan konversi penjualan Anda.

Kesimpulan

alasan bisnis gagal

Dengan menghilangkan kelima faktor resiko diatas, akan membawa bisnis Anda berada di jalur yang tepat, mencegah bisnis Anda menjadi salah satu bagian dari 80% tingkat kegagalan bisnis seperti yang diawal kami sampaikan, jika Anda merasa bisnis Anda masih memiliki faktor-faktor diatas, detik ini juga Anda harus berbuat sesuatu.

Referensi

Baca Juga Artikel Success Lainnya