5 Aplikasi Mindfulness Yang Layak Kamu Coba

aplikasi mindfulness

Di update pada

Saat ini midfulness sangat dimudahkan dengan banyaknya aplikasi yang di bangun khusus untuk latihan dan rutinitas mindfulness Anda, membantu Anda mengatasi kecemasan, tidur yang lebih berkualitas, meningkatkan fokus dan masih banyak lagi seperti manfaat-manfaat mindfulness yang telah kami tuliskan.

Berdasarkan fakta yang ditulis Wall Street Journal bahwa terdapat lebih dari 2000 aplikasi untuk meditasi yang telah diluncurkan di rentang 2015 hingga 2018.

Berikut kami sampaikan beberapa aplikasi minfulness yang terdapat di store aplikasi dan tersedia secara gratis, dua aplikasi di daftar berikut sepenuhnya memberikan gratis penggunaan, sementara sisanya menyediakan versi gratis dan versi premium untuk fitur yang lebih lengkap.

1. Insight Timer

aplikasi mindfulness

Tersedia untuk iOS dan Android

Harga : Gratis, tetapi Anda harus mengarahkan di sekitar layar berangganan yang terdapat tombol “Start 7 Day Trial”, setelah Anda scroll melewati penawaran tersebut maka Anda dapat mengakses aplikasi dengan gratis.

Insight timer memiliki koleksi konten yang luar biasa besar, lebih dari 25.000 panduan meditasi berasal dari 3000 instruktur yang juga membahas topik-topik seputar stres, hubungan, kreativitas dan masih banyak lagi.

Insight timer telah digunakan lebih dari 6 juta meditator dari seluruh dunia, saat sesi meditasi selesai Anda akan mendapatkan data berapa banyak orang yang telah melakukan meditasi “bersamamu” pada waktu itu, dengan mengatur lokasi Anda bahkan dapat melihat para meditator yang berada di dekat dengan lokasi Anda dan trek/lagu apa yang sedang mereka dengarkan.

Setelah Anda menemukan seorang guru atau instruktur yang Anda sukai, misalnya Jack Kornfield, Tara Brach atau Sharon Salzberg, Anda dapat mem follow mereka untuk memastikan agar Anda selalu mendapatkan konten baru dari mereka.

Jika Anda lebih suka bermeditasi dengan suara yang tenang, Anda selalu dapat mengatur timer lalu bermeditasi dengan suara lonceng atau suara lingkungan yang menenangkan.

Anda juga dapat mengikuti 2000 pembicaraan secara gratis dan podcast untuk mendapatkan banyak saran dan inspirasi dan berbagai trek musik untuk menenangkan pikiran atau membantu Anda tertidur.

Tergantung pada setting preferensi Anda, koleksi Insight Timer yang sangat banyak bisa menjadi keuntungan atau bisa juga menjadi sebuah kutukan, daftar pilihan yang dapat membuat Anda kewalahan.

Opsi berbayar : $59,99 per tahun, Anda akan mendapatkan akses ke kursus denga para instruktur terkenal, meditasi baru tiap harinya untuk kegelisahan dan stres dan memiliki kemampuan untuk mendownload dan memutarnya secara offline.

2. Smiling Mind

aplikasi mindfulness

Tersedia untuk iOS dan Android dan Web

Harga : Gratis

Smiling Mind sangat tepat dan pas untuk sebuah aplikasi mindfulness yang lengkap.

Aplikasi ini memili ratusan koleksi meditasi, cukup untuk membuat Anda sibuk tanpa membuat Anda kewalahan dengan banyaknya pilihan, semua di atur dengan terstruktur seperti Mindful Foundations (42 sesi), Sleep (6 sesi), Relationship (13 sesi) dan Workplace (41 sesi), Anda akan memiliki fleksibilitas memilih mana yang akan Anda gunakan terlebih dahulu dan kemudahan untuk beralih di antara program diatas.

Kebanyakan program berada di kisaran waktu lima hingga lima belas menit dan 45 menit pada sebagian latihan yang diperuntukkan bagi meditator tingkat lanjut.

Telah diunduh lebih dari 4 juta orang, aplikasi ini juga memiliki berbagai program khusu untuk pengajar (termasuk kurikulum), untuk anak-anak dan remaja dari berbagai usia, semuanya di kembangkan oleh bantuan dari para pskolog dan para profesional kesehatan.

Meskipun Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi meditasi sebagai istirahat sementara dari kesibukan Anda, Smiling Mind mengajak Anda berdiri dari bantal meditasi dan membawa latihan mindfulness Anda ke dalam 23 jam lainnya di hari Anda.

Terdapat selingan untuk meditasi seperti instruksi audio untuk kegiatan dengan nama-nama yang menarik seperti Are You Really Listening? A Legal Alien dan Finding Your Inner Master.

Pada Are You Really Listening? Anda belajar untuk memperlakukan ucapan orang lain sebagai objek meditasi, memusatkan perhatian pada apa yang mereka katakan dankembalikan perhatian Anda kembali ketika pikiran Anda mulai mengembara.

Dibuat oleh sebuah organisasi nirlaba dengan nama yang sama, Smiling Mind, sepenuhnya gratis, jadi Anda tidak akan memiliki gangguan untuk ajakan mengupgrade atau gangguan dari konten-konten yang tidak bisa diakses oleh pengguna gratis.

Opsi berbayar : Tidak ada

3. Stop, Breathe & Think

aplikasi mindfulness

Tersedia untuk iOS dan Android

Harga : Gratis, jika Anda menjelajahi “semua sesi” Anda dapat mengakses meditasi gratis, semua di dalam satu tempat dan dapat melihat apa yang paket berbayar tawarkan.

Jika aplikasi lainnya mengharapkan agar Anda untuk terjun langsung, Stop,Breath & Think ingin membuat pengalaman yang lebih disegaja, di bagian yang disebut Learn to Meditate menjelaskan apa itu mindfulness dan manfaatnya, termasuk neuroscience dan fisiologi di balik itu.

Setiap hari disaat membuka aplikasi Anda akan selalu disapa “Apa Kabar?” dan di tawarkan untuk memeriksa diri sendiri, untuk melakukan penilaian terhadap pikiran dan tubuh Anda dan disediakan skala/ukuran dari “Rough” menuju ” Great”, lalu mencatat hingga lima emosi yang Anda rasakan, kemudian aplikasi ini akan merekomendasikan meditasi dan hal lain yang sesuai dengan perasaan Anda saat itu.

Meditasi Berdasarkan Perasaan Anda

Aplikasi ini memiliki sekitar 30 sesi gratis, kebanyakan Anda dapat memilih panjang durasi dan suara seorang pria yang ramah atau suara seorang wanita yang menenangkan sebagai pemandu meditasi Anda.

Sebagian besar durasi meditasi pada aplikasi ini singkat, hingga 11 menit dan menampilkan penghantar sederhana tentang Body Scan, Forgiving Yourself dan Joy, Anda juga dapat mengatur timer dan duduk dalam keheningan, mempelajari berbagai teknik pernapasan atau mendengarkan suara hutan yang menenangkan.

Halaman progress melacak bagaimana perasaan dan tubuh Anda dari waktu ke waktu dan emosi anda secara umum, selain itu Anda akan mendapatkan stiker lucu, Stop, Breathe & Think sangat ideal jika Anda perlu memahami alasan Anda melakukan dan menjaga kebiasaan Anda ini.

Opsi berbayar : Dengan $58,99 pertahun, Anda mendapatkan versi yang lebih panjang dari versi gratisnya (hingga 30 menit), 100 meditasi premium, suara baru, lebih banyak yoga dan akupresur dan memiliki kemampuan untuk menulis jurnal di dalam aplikasi.

4. UCLA Mindful

aplikasi mindfulness

Tersedia untuk iOS dan Android

Harga : Gratis

Jika semua bukti penelitian tentang mindfulness telah meyakinkan Anda bahwa pentingnya melakukan meditasi, maka aplikasi UCLA ini bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai.

Dikembangkan oleh Mindful Awareness Research Center di Universitas California, Los Angeles, Amerila, aplikasi ini menampilkan sekitar selusin meditasi dari berbagai jenis dengan dua bahasa, Inggris dan Spanyol, Anda bisa belajar untuk fokus pada pernapasan, tubuh atau suara Anda.

Jika Anda baru dalam mindfulness, Anda dapat memilih dan mendapatkan kemudahan dari bagian Getting Started mereka, yang menawarkan berbagai informasi tentang apa itu mindfulness, bagaimana memilih sebuah meditasi, postur mana yang terbaik untuk latihan Anda serta manfaat apa yang didapat berdasarkan penelitian resmi.

Sebagai bounusnya, aplikasi ini juga menawarkan meditasi yang lebih lama yang mereka sebut “Podcast”, ini merupakan rekaman audio yang berdurasi setengah jam berasal dari event “lunchtime meditation” yang berlangsung tiap minggunya di kamous UCLA.

UCLA mindful dirilis baru saja, dan pengguna masih banyak melaporkan beberapa error terjadi setidaknya pada versi Android, tetapi jika Anda sedang mencari sebuah aplikasi yang sangat berlandaskan ilmu mindfulness maka aplikasi ini layak Anda jadikan sebagai pilihan.

Opsi berbayar : Tidak ada

5. 10% Happier

aplikasi mindfulness

Tersedia untuk iOS dan Android

Harga : Gratis

Tagline pada aplikasi 10% Happier memberi tahu Anda hal yang terpenting Anda tentang aplikasi ini, yaitu “emditasi bagi orang yang skeptis”, sudatu cara yang masuk akal, tanpa basa basi untuk mempelajari mindfulness bagi orang-orang yang tujuannya lebih mengarah pada mengasah otak mereka daripada berteman dengan jiwa mereka.

Tidak seperti beberapa aplikasi mindfulness lainnya, 10% Happier dilengkapi dengan sebuah pemandu, Dan Harris adalah seorang pembawa berita terkenal yang memiliki serangan panik di siaran langsung televisi, sebuah pengalaman yang membawanya kepada meditasi.

Harris juga menyelenggarakan podcast 10% Happier diluar aplikasi secara gratis, menampilkan banyak percakapan dengan orang-orang yang terkenal mulai dari Richard Davidson hingga ke Jon Kabbat-Zinn, Arianna Huffington hingga ke Dalai Lama.

Opsi berbayar : $99,99 per tahun, Anda akan mendapatkan akses ke lebih dari 350 meditasi yang di pandu, kemamuan untuk memutar dalam kondisi offline dan berbagai kursus tentang stres, fokus, kinerja, hubungan dan banyak lainnya.

Referensi

Baca Juga Artikel Mindfulness Lainnya