Burnout

Jika kamu merasa stres yang terus-menerus dan membuat Anda menjadi tidak berdaya, merasa kecewa dan merasakan kelelahan yang sangat, Anda mungkin berada di jalan menuju burnout, pelajari apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kembali keseimbangan di diri Anda dan merasa positif serta penuh harapan kembali.

Apa itu Burnout?

pria lelah bekerja

Burnout adalah suatu keadaan kelelahan secara emosional, fisik dan mental yang disebabkan oleh stres berlebihan serta berkepanjangan.

Hal ini dapat terjadi ketika Anda merasa kewalahan, terkuras secara emosional dan tidak mampu untuk memenuhi tuntutan yang datang terus-menerus, ketika stres berlanjut Anda mulai kehilangan minat dan motivasi yang membuat Anda tidak dapa mengambil peran tertentu sejak awal.

Burnout dapat mengurangi produktivitas dan menguras enegi Anda, membuat Anda merasa semakin tidak berdaya, putus asa, sinis dan kesal, yang pada akhirnya Anda merasa seperti tidak memiliki apa-apa lagi untuk diberikan.

Berbagai efek negatif dari burnout dapat menyebar ke setiap area kehidupan, termasuk rumah, pekerjaan dan kehidupan sosial Anda, burnout juga dapat menyebabkan perubahan jangka panjang pada tubuh Anda, tubuh Anda akan menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit seperti masuk angin dan flu, karena banyak konsekuensi negatif yang menyertai, maka sangat penting untuk segera mengatasi kondisi burnout.

Referensi

Burnout Prevention and Treatment. https://www.helpguide.org/articles/stress/burnout-prevention-and-recovery.htm

Pengertian | Gejala | Stres Vs. Burnout | Penyebab | Cara Mengatasi