14 Cara Memenangkan Persaingan Bisnis

cara memenangkan persaingan bisnis

Memiliki sebuah bisnis tidak hanya tentang bagaimana cara kita membangun sebuah bisnis, tetapi juga bagaimana cara Anda sebagai pemilik bisnis untuk selalu mengetahui iklim kompetisi di sektor bisnis yang Anda geluti, siapa kompetitor bisnis Anda, apa kelebihan mereka dibanding dengan produk atau layanan Anda dan sebagainya.

Dengan datangnya era digital, persaingan bisnis tidak lagi hanya berkutat di sekitar kompetitor terdekat Anda, kini usaha yang masih kecil pun memiliki tempat yang sama dengan pemain besar dalam hal kompetisi, karena semakin mudahnya untuk memasarkan suatu produk langsung kepada calon potensial.

cara memenangkan persaingan usaha

10-15 tahun yang lalu mungkin untuk memasarkan suatu produk haruslah memiliki budget periklanan yang besar sehingga hanya pemain besar yang sanggup melakukan periklanan yang efektif, namun kini dengan adanya internet, periklanan yang tersedia di internet sangat memudahkan para pemain kecil untuk ikut serta dalam persaingan karena biaya periklanan online yang dibutuhkan di awal relatif sangat terjangkau.

Namun bukan berarti dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan saat ini menjadikan Anda lupa dengan hal-hal mendasar bagi sebuah bisnis agar dapat bersaing dan bahkan memenangkan persaingan di pasar, di bawah ini kami coba kumpulkan beberapa cara agar bisnis Anda layak terjun ke dalam dunia persaingan usaha saat ini.

1. Kenali Kompetisi

cara memenangkan persaingan bisnis

Cari tahu siapa saja yang menjadi pesaing langsung Anda, dan brang apa saja yang telah menjadi pemimpin pasar saat ini, apa yang mereka tawarkan, kekuatan mereka dan juga kelemahan mereka, hal-hal ini dapat membantu Anda agar dapat mengidentifikasi apa saja yang Anda butuhkan untuk bersaing dan juga dapat memberikan sebuah pondasi dalam mencari keunikan-keunikan dalam bisnis Anda sehingga dapat tampil beda dari bisnis lainnya.

2. Tingkatkan Layanan Pelanggan

layanan pelanggan

Kesetiaan pelanggan terhadap brand atau bisnis Anda dapat berubah secara drastis dan dapat terjadi kapan saja, cari tahu apa yang penting bagi pelanggan Anda, apakah mereka mengeluhkan harga, layanan yang kurang maksimal atau mereka bosan dengan produk yang sudah ada dan mengharapkan sesuatu yang baru? Sudah pasti orang akan lebih menyukai suatu bisnis yang memiliki layanan pelanggan yang luar biasa, pekerjakan staf yang memiliki pemahaman dan wawasan terhadap produk Anda dengan baik, pastikan staf tersebut tetap sabar dan mampu memberikan jawaban-jawaban yang memuaskan terhadap semua pertanyaan pelanggan.

3. Buat Pembeda

cara memenangkan persaingan bisnis

Sangat penting untuk memberi para pelanggan Anda banyak alasan untuk datang atau menggunakan produk Anda di banding dengan pesaing, kembangkan Unique Selling Proposition (USP) yang mengena dengan kebutuhan para pelanggan, buat sebuah pembeda yang dapat dilihat dengan sangat jelas sehingga tidak ada yang perlu bertanya lagi pada Anda apa yang membuat bisnis Anda berbeda.

4. Tingkatkan Pemasaran Anda

pemasaran

Tambahkan bahan bakar pada mesin pemasaran Anda, berusahalah lebih banyak untuk memberi tahu orang-orang tentang bisnis Anda, apa yang Anda jual dan mengapa mereka harus membeli dan menggunakan produk Anda, semua tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang besar, kini Anda bisa melakukan kampanye-kampanye periklanan di online dengan biaya berkisar puluhan ribu rupiah saja perharinya.

5. Perbarui Citra Bisnis Anda

citra bisnis

Langkah sederhana seperti mengecat bagian depan toko Anda dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih segar dan menarik, rubah desain kartu nama, situs web, profile media sosial, kemasan produk, seragam karyawan dan semacamnya, dan pastikan citra Anda mencerminkan semua USP yang Anda miliki.

6. Jaga Pelanggan Yang Sudah Ada

cara memenangkan persaingan bisnis

Para pelanggan Anda yang sudah ada akan selalu menjadi target pasar dari para pesaing Anda, tingkatkan layanan pelanggan Anda dengan lebih memperhatikan segala kebutuhan dan harapan mereka dan lebih responsif terhadap semua yang mereka minta atau keluhkan, buat sebuah program kesetiaan pelanggan, berikan diskon khusus pelanggan, jauh lebih murah dan mudah untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru.

7. Targetkan Pasar Baru

target pasar

Menjual ke pangsa pasar yang lebih luas dapat meningkatkan basis pelanggan dan menyebar resiko yang ada, apakan ada jenis pelanggan lain yang mirip dengan pelanggan yang sudah ada? Bisakah bisnis Anda menjangkau pasar yang lebih luas dengan pemasaran online di dalam dan luar negeri? Pastikan Anda juga menyesuaikan penawaran pada tiap segmen pasar yang berbeda.

8. Perluas Penawaran Anda

cara memenangkan persaingan bisnis

Cari ide tentang produk atau layanan baru apa yang sekiranya bakal dinikmati para pelanggan, lakukan ini secara berkala, sehingga bisnis Anda akan memiliki bank data untuk calon-calon produk atau layanan yang akan Anda luncurkan di masa mendatang, sehingga Anda tinggal menentukan momen kapan produk dan layanan baru tersebut di luncurkan atau di tawarkan.

9. Jadilah Pemimpin Yang Baik

pemimpin yang baik

Karyawan yang terampil dan selalu termotivasi sangat menentukan dalam pekembangan sebuah bisnis, untuk mendapatkan karyawan yang seperti itu tidak meungkin dengan memberi gaji dengan standar upah minimum, buatlah suasana tempat kerja menjadi nyaman, suasana kerja yang lebih fleksibel dan jangan lupa untuk membuat suatu jenjang karir yang terstruktur dalam bisnis Anda.

10. Lihatlah ke Masa Depan

cara memenangkan persaingan bisnis

Sebuah bisnis yang selalu merencanakan suatu pertumbuhan bisnis ke depannya terbukti cenderung lebih sukses dibanding yang tidak melakukannya, selalu ikuti perkembangan di sektor Anda, ikuti tren konsumen, berinvestasi pada teknologi baru, miliki rencana-rencana jelas dan gambaran jelas kemana Anda akan membawa bisnis Anda berada dalam waktu satu, tiga dan lima tahun ke depan.

11. Harga Yang Tepat

strategi harga

Strategi penetapan harga sangat berkaitan dengan aspek psikologi pemasaran, sebelum Anda menetapkan harga dari produk atau layanan Anda, penting untuk melihat persaingan yang ada, Anda harus tahu pesaing mana yang paling memiliki sebuah harga yang paling tepat pada produk yang ditawarkannya, sebisa mungkin Anda memiliki sebuah harga yang sesuai dengan standar pasar namun hadir dengan berbagai kelebihan dibanding pesaing, strategi penetapan harga yang baik tidak berarti menurunkan harga demi memenangkan lebih banyak pelanggan, setiap pasar pada umumnya terbagi dalam tiga segmen, yaitu, kelas bawah, menengah dan atas, tentukan segmen mana yang akan dimasuki oleh produk Anda, dengan menentukan segmen terlebih dahulu akan lebih mudah bagi Anda dalam menentukan harga yang tepat dan menarik.

12. Fokus Pada Merek Anda

membangun merk

Merek lebih dari sekedar sebuah logo, merek merupakan gambaran dari esensi bisnis yang Anda miliki, apa yang Anda lakukan, siapa Anda, apa arti dari bisnis Anda dan gambaran keseluruhan dari bisnis harus tersampaikan dalam merek Anda, jaga merek Anda, dengan memenuhi semua kebutuhan pelanggan termasuk cara untuk menjaga kesehatan merek yang Anda miliki.

13. Jangan Berhenti Belajar

jangan berhenti belajar

Jika Anda selalu membangun pengetahuan dalam segala hal yang Anda perlukan dalam bidang Anda, Anda akan selalu selangkah lebih maju dari para kompetitor Anda, perlu diingat, menang dalam persaingan bukan berarti meniru dari pesaing Anda, tapi menjadi lebih baik dari kompetitor, menang dalam persaingan juga berarti ketika pesaing-pesaing Anda mulai meniru apa yang Anda buat dan lakukan.

14. Selalu Kembangkan Tiap Aspek Dalam Bisnis Anda

cara memenangkan persaingan bisnis

Jika Anda ingin memenangkan kompetisi, Anda harus terus menantang diri sendiri, menantang seluruh staf Anda, selalu tantang tiap harinya untuk terus selalu ada peningkatan, Anda harus punya pola pikir bahwa tidak ada yang pernah cukup baik dan semua hal selalu bisa diperbaiki, apapun bagian yang ada di bisnis Anda, siklus perbaikan ini tidak hanya pada tingkat atas saja, tetapi haruslah menyeluruh untuk setiap anggota perusahaan.

Kesimpulan

pemenang

Menjadikan sebuah bisnis menjadi pemenang memang bukan hal yang mudah, tetapi apalah arti membangun sebuah bisnis jika Anda tidak memiliki keinginan untuk menjadi seorang pemenang, sebuah bisnis haruslah terus berkembang, tidak jalan ditempat atau malah mundur, dengan mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk selalu dapat bersaing akan memperbesar peluang Anda tampil sebagai pemenang, jangan takut dan berkecil hati dengan kompetisi yang ada, semua bisa menjadi pemenang, tinggal seberapa besar usaha dan komitmen kita dalam meraih semua itu.

Referensi

Baca Juga Artikel Success Lainnya