Cara Meningkatkan Percaya Diri Yang Ampuh & Efektif

cara meningkatkan percaya diri

Apakah terkadang Anda melihat orang-orang di sekitar Anda tampil percaya diri atau mereka terlihat yakin dengan dirinya sendiri? Kemungkinannya, mereka sama-sama memeliki keraguan seperti Anda, jadi apa rahasia mereka bisa tetap tampil dengan rasa percaya diri?

Mereka tahu bahwa percaya diri bukanlah sesuatu yang bergitu saja kita miliki, itu adalah sesuatu yang harus kita buat dan usahakan, percaya diri tidak lebih hanyalah suatu bentuk kepercayaan terhadap diri sendiri, sebuah perasaan akan kepastian bahwa diri Anda dapat meraih apapun yang telah Anda rencanakan atau tetapkan, keyakinan ini datangnya dari dalam dan Anda dapat menemukan banyak jalan untuk dapat percaya diri di segala waktu.

rasa percaya diri

Itu tidak berarti dengan belajar bagaimana untuk percaya diri akan menyelesaikan semua masalah Anda, setiap orang memiliki hari atau momen buruk yang dapat membuat sedih, percaya diri juga bukan berarti Anda sepenuhnya percaya diri setiap saat.

Menciptakan kepercayaan terhadap diri sendiri bukan tentang mengetahui segalanya, ini tentang mempercayai kemampuan diri sendiri apapun situasinya bahwa Anda akan menanganinya dengan maksimal dan akan belajar dari hasilnya.

Mengapa Percaya Diri Sangat Penting?

cara meningkatkan percaya diri

Memepelahari cara untuk bagaimana menjadi percaya diri sangat penting dalam kehidupan yang Anda dan semua orang jalani, tetapi terdapat beberapa contoh dimana percaya diri menjadi sangat penting dan tidak bisa ditawar lagi, terutama pada saat-saat ketika Anda memiliki perasaan ingin menyerah.

Jika Anda saat ini adalah seorang pemimpin dan dalam posisi yang membutuhkan sebuah keyakinan dan menjadi orang yang dipercaya maka percaya diri merupakan harga mati, tidak ada orang yang akan mengikuti seorang pemimpin yang tampaknya tidak yakin pada dirinya sendiri.

Kurangnya kepercayaan diri dapat berdampak seirus pada kemampuan Anda untuk mengumpulkan dan membentuk sebuah tim pemenang / winning team, dan tentunya berdampak pada kemampuan Anda dalam membantu anggota tim Anda dalam pencapaian tujuan bersama.

Bahkan jika Anda tidak dalam peran sebai seorang pemimpin pun kepercayaan diri adalah hal yang juga sangat penting, hal ini dapat menjadikan Anda sebagai seorang pemain tim yang tangguh dalam berbagai situasi, misalnya Anda dalam posisi sebagai staff penjualan, Anda harus menunjukkan wajah yang penuh dengan kepercayaan diri saat berhadapan dengan klien, percaya diri akan membantu Anda membuat sebuah koneksi instan dan membangun hubungan yang berguna untuk kemajuan Anda dan perusahaan.

cara meningkatkan percaya diri

Keyakinan dan percaya diri juga penting di luar lingkungan kerja, mempelajari cara untuk percaya diri dapat membantu Anda menarik perhatian calon pasangan sehingga dapat membangun sebuah hubungan yang sehat dengan Anda, dengan percaya diri dapat membantu diri Anda menangani suatu konflik dengan cara yang efektif dan juga dapat membantu Anda peluang-peluang baru yang akan meningkatkan perkembangan atau pertumbuhan diri Anda sendiri.

Jika Anda ingin belajar tentang cara meningkatkan kepercayaan diri maka Anda harus siap dan bersedia untuk mengubah keadaan Anda saat ini, keadaan ini pada dasarnya adalah sebuah suasana hati pada waktu tertentu, suasana hati Anda sangat dipengaruhi oleh bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri pada saat itu.

Berita baiknya adalah, Anda dapat merubah keadaan ini kapan saja, tidak peduli dengan apa yang sedang terjadi di sekitar Anda, selama Anda tahu cara melakukannya, berikut tiga prinsip percaya diri yang dapat digunakan oleh siapa saja dan beberapa contoh dari kehidupan nyata sehingga dapat lebih mudah membantu Anda untuk menerapkannya dalam kehidupan Anda.

Prinsip-prinsip Untuk Menjadi Lebih Percaya Diri

Prinsip-prinsip yang dapat memudahkan Anda menemukan kepercayaan diri dengan cepat.

1. Bahasa Tubuh

bahasa tubuh

Pikirkan seseorang yang mungkin Anda kenal dan menurut Anda dia memiliki rasa percaya diri yang tinggi, ketika Anda pertama kali bertemu dengan orang tersebut Anda mungkin sudah merasakan bahwa orang tersebut memiliki kepercayaan diri bahkan sebelum mereka berbicara, Anda dapat mengetahui dan merasakannya dari cara mereka membawa diri dan cara mereka bergerak, mereka melakukan kontak mata dan menjabat tangan Anda dengan mantap.

Mau tahu bagaimana cara untuk percaya diri? Bersikaplah seperti itu! Fisiologi merupakan kunci ketika kita belajar untuk percara diri dan menguasai bahasa tubuh yang menggambarkan kepercayaan diri membawa Anda berada di jalur kesuksesan.

2. Positif

positif

Polah pikir positif dapat memanifestasikan dirinya sendiri ke dalam berbagai cara, pertama, ubah fokus Anda, alih-alih fokus dan terpaku pada hal-hal yang mengarahkan pikiran pada situasi yang selalu khawatir akan suatu kegagalan di depan, fokuslah pada hal-hal yang membantu Anda bahwa semua akan berjalan lancar dan baik-baik saja.

Pada saat akan melakukan sebuah presentasi pikirkan jika teman-teman Anda akan menyukainya dan betapa puasnya mereka dengan presentasi yang Anda sajikan, apa yang Anda fokuskan akan menjadi realitas Anda dan itu juga termasuk dengan apa yang Anda fokuskan pada pikiran Anda sendiri.

Ganti kata-kata negatif menjadi kata-kata yang positif dan mulailah melihat segal sesuatu dari sisi baiknya, dengan merubah fokus Anda secara internal dan eksternal Anda akan merubah kondisi pikiran Anda dan dengan mengubah itu maka Anda akan merubah kehidupan Anda.

3. Pola Pikir Untuk Berkembang

cara meningkatkan percaya diri

Menurut Anda apa yang dimaksud dengan percaya diri? Mungkin Anda memiliki beberapa pemikiran bahwa kepercayaan diri berasal dari kesuksesan Anda sebelumnya, yang membuat Anda berkeyakinan bahwa Anda hanya bisa mengetahui bagainaba untuk percaya diri setelah Anda meraih kesuksesan kembali yang jauh lebih besar dari kesuksesan sebelumnya.

Keyakinan seperti ini akan sangat membatasi diri Anda, kepercayaan diri tidak datang dari sebuah pencapaian di luar diri Anda melainkan datang dari dalam diri, percaya diri adalah jika Anda menemui sebuah kegagalan Anda akan kembali bangkit dan terus mencoba alih-alih menyerah.

Ketika Anda memulai langkah-langkah yang bertahap untuk mencapai kepercayaan diri, secara bertahap kepercayaan diri Anda akan tumbuh dan menguat, saatnya untuk mengadopsi mindset untuk berkembang dan yakinkan diri Anda bahwa Anda mampu untuk menjadi seorang yang percaya diri.

Menjadi Lebih Percaya Diri di Tempat Kerja

percaya diri di tempat kerja

Mempelajari cara untuk untuk membangun kepercayaan diri Anda di tempat kerja adalah hal yang penting bagi kesuksesan Anda, penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi memiliki pencapaian yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah, lalu bagaimana cara untuk membangun tingkat percaya diri Anda di tempat kerja?

1. Ubah Fisiologi Anda

cara meningkatkan percaya diri

Berdiri dengan tegak, buka dada Anda, bernafas dalam-dalam, pertahankan langkah Anda dan tetap terarah ketika Anda berjalan, mempertahankan postur-postur seperti ini akan membuat Anda merasa lebih kuat dan kemanapun tubuh Anda pergi pikiran Anda akan selalu menyertai.

Anda juga dapat memperhatikan fisiologi yang dimiliki oleh orang lain, untuk mempelajari lebih banyak tentang mereka dan mendapatkan keunggulan-keunggulan lebih dari mereka dalam situasi negosiasi, Tanda-tanda tertentu, seperti angle tubuh mereka dan seberapa besar ruang duduk yang mereka ambil dapat memberi Anda tambahan petunjuk tentang bagaiman orang tersebut memahami suatu situasi dan dari situ akan lebih mudah bagi Anda untuk membujuknya.

2. Bangga Dengan Prestasi Anda

prestasi

Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dapat menghasilkan penghasilan yang lebih banyak di tempat kerja hanya karena beberapa alasan sederhana, mereka mengambil pujin atas semua pencapaian mereka di tempat kerja, jika Anda memberikan suatu kontribusi yang berbuah hasil yang positif bagi perusahaan tempat Anda bekerja, bukan sebuah bualan jika Anda langsung menunjukkannya kepada manager atau CEO Anda, selama Anda menyampaikannya dengan apa adanya berdasarkan fakta, hal itu tidak hanya akan membuat Anda terlihat baik tapi juga akan membua Anda merasa baik di dalam diri Anda.

3. Visualisasikan Goal Anda

visualisasi goal

Visualisasi positif merupakan sebuah alat yang ampuh di sepanjang jalan Anda belajar untuk menjadi percaya diri, bayangkan diri Anda menjadi sukses dan telah melakukan segala sesuatunya dengan baik dan maksimal dapat berguna meminimalkan Anda berpikir tentang kegagalan.

Ingat, Anda akan mendapatkan pa yang sering Anda fokuskan dan dengan melakukan latihan visualisasi terhadap goal, target atau tujuan Anda akan memberikan diri Anda sebuah lonjakan kepercayaan diri pada saat itu juga.

Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Terhadap Tubuh Anda Sendiri

cara meningkatkan percaya diri

Beberapa selebriti paling terkenal dan tercantik di dunia juga memiliki perjuangan terhadap kepercayaan dirinya, Jennifer Lopez, Selena Gomez bahkan Arnold Schwarzenegger pernah berterus terang tentang problem kepercayaan diri mereka, mereka juga berbagi tentang bagaimana mereka mampu mengatasinya, Anda juga bisa!

1. Menghargai Diri Sendiri

percaya diri

Pernahkan Anda berhenti sejenak lalu memikirkan segala sesuatu yang telah tubuh Anda lakukan untuk Anda? Ketika Anda mau mengambil waktu sebentar guna menghargai semua yang telah tubuh Anda berikan dan lakukan untuk Anda maka seketika semua yang ada di tubuh Anda berubah seperti semacam hadiah bukanlah sebuah beban, sering berlatih bersyukur merupakan kunci utama dalam meraih kehidupan yang bahagia.

2. Latih dan Kembangkan Self-Talk Anda

self talk

Bagaimana cara Anda berbicara kepada diri Anda sendiri, dalam pikiran Anda sendiri? Self-talk yang Anda gunakan atau dikenal juga sebagai monolog batin, memiliki dampak penting terhadap kepercayaan diri Anda, tangkap diri Anda ketika Anda mulai berpikir negatif terhadap diri Anda sendiri dan segera gantikan pikiran itu dengan sesuatu yang menyenangkan tentang diri Anda, yang Anda sendiri atau orang lain sukai dari diri Anda.

3. Rubah Body Language (Bahasa Tubuh ) Anda

bahasa tubuh

Semua prinsip tentang bahasa tubuh juga berlakuk disini, lakukan cek dan ricek dengan depat pada tubuh Anda, seperti apa postur Anda? Bagaimana cara Anda bernafas? Jika kita berada dalam situasi atau kondisi yang negatif dapat menyebabkan tubuh kita menjadi bungkuk atau bernafas dengan pendek, Anda memiliki sebuah kekuatan untuk merubah perasaan Anda dengan mengendalikan bagaimana tubuh Anda bergerak dan cara Anda menampilkan diri Anda di kehidupan sehari-hari, cara tercepat untuk menigkatkan kepercayaan diri adalah dengan merubah fisiologi dan bahasa tubuh Anda secara radikal.

Cara Menjadi Percaya Diri Dalam Hubungan

Menjadi percaya diri juga penting dalam menjaga hubungan Anda di tempat kerja, teman atau dalam kehidupan asmara Anda.

1. Cintai Diri Sendiri

cintai diri sendiri

Banyak orang tidak pernah mau untuk belajar bagaimana jatuh cinta pada diri sendiri, mengembangkan rasa kurang percaya diri dan secara tidak sadar telah mengadopsi sebuah keyakinan yang membatasi kemampuan asli dalam diri mereka, semua hal ini dapat mengarah kepada sabotase diri dan bermacam keyakinan yang semakin kuat bahwa mereka tidak layak mendapatkan sebuah hubungan cinta, langkah pertama untuk mendapatkan sebuah hubungan yang memuaskan adalah dengan menemukan cara untuk lebih percaya diri.

2. Hidup di Saat Ini

cara meningkatkan percaya diri

Kediran kita di saat itu merupakan sebuah tantangan terbesar di dunia yang serba cepat dan serba terhubung seperti saat ini, dengan Anda merasa hidup sepenuhnya di masa sekarang atau di saat ini, Anda akan lebih menghargai dengan apa yang telah Anda miliki tanpa perlu khawatir berlebihan dengan apa yang telah terjadi kemarin atau apa yang akan terjadi di esok hari, bebaskan pikiran Anda, hadir di saat ini, sekarang dan dengan sendirinya kepercayaan diri akan mengikuti.

Tips Tambahan Untuk Percaya Diri

Semua hal yang ada diatas tidak diragukan lagi akan sangat membantu Anda belajar tentang bagaimana cara untuk menjadi lebih percaya diri, untuk memberikan dorongan lebih terhadap proses pembelajaran Anda tentang kepercayaan diri, berikut beberapa tips tambahan yang juga penting Anda lakukan.

1. Pikirkan Sesuatu Yang Membuat Anda Senang

senang

Jika Anda sedang dalam posisi tidak yakin atau gugup akan situasi yang akan datang, coba Anda bayangkan sejenak sebuah pencapaian terakhir yang pernah Anda alami atau sesuatu hal yang pernah membuat Anda senang atau membangkitkan semangat Anda, mereka yang ingin menjadi lebih percaya diri sering kali lupa bahwa mereka pernah memiliki momen atau waktu yang menimbulkan ledakan kepercayaan diri di masa lalu, dengan menghidupkan kembali momen-momen ini dapar memberi dorongan tambahan untuk meraih kepercayaan diri di masa-masa mendatang.

2. Kontak Mata

kontak mata

Berhubungan dengan orang banyak dan menunjukkan kepercayaan diri kita melalui sebuah kontak mata tidak hanya akan memperkuat hubungan itu sendiri, hal ini juga sangat berguna untuk memancarkan aura “dipercaya” dengan cepat saat bertemu dengan orang-orang yang baru, gunakan aturan 80/20 ketika melakukan kontak mata dengan seseorang, 80% untuk dihabiskan pada lawan bicara Anda dan 20% di gunakan untuk hal lain, sehingga Anda terlihat natural dan tidak terlihat terlalu intens yang dapat membuat lawan bicara Anda malah menjadi tidak nyaman.

3. Mengadopsi Sebuah Pose Tubuh

pejuang

Salah satu cara yang paling terdalam untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah terhubung dengan batin Anda, kita semua memiliki kekutatan di dalam diri kita, tetap ketika kita merasa down atau sedang dalam posisi rendah mungkin kita akan kesulitan untuk mengingat bahwa didalam diri kita ada sebuah kekuatan.

Coba perimbangkan untuk membuat sebuah pose favorit yang dapat melambangkan kekuatan pribadi Anda dan lakukan nafas yang dalam untuk dapat menyambung kembali kepada kekuatan inti Anda, pose ini mungkin bisa sebuah pose dalam yoga yang mungkin telah Anda pelajari, contohnya pose pejuang (warrior), berdiri dengan tangan di pinggul dan kaki selebar bahu atau hanya berdiri dengan posisi kepala terangkat tinggi dan lurus, yang terpenting adalah poses favorit yang Anda miliki dapat mencapai tujuan untuk membangkitkan kekuatan batin Anda dan membawanya kedalam setiap interaksi Anda setiap saat.

Kesimpulan

rasa percaya diri

Menjadi percaya diri merupakan pondasi penting jika kita ingin terjun ke dalam bentuk interaksi apapun, interaksi kerja, hubungan asmara, pertemanan atau bahkan interaksi dengan buah hati tercinta dirumah, latih terus kepercayaan diri Anda dan saat Anda telah meraihnya, jadilah seseorang yang benar-benar dapat dipercaya dan juga di andalkan.

Referensi

Baca Juga Artikel Success Lainnya