Cara Menjadi Orang Yang Lebih Baik + 11 Cara Praktis

cara menjadi orang yang lebih baik

Di update pada

Kita semua ingin menjadi orang yang lebih baik, tapi apakah mungkin menjadi orang yang lebih baik ketika usia Anda sudah dewasa? Jawabannya adalah bisa, selalu ada cara untuk tujuan meningkatkan diri Anda, hanya saja hal ini juga memberikan kita lebih banyak pertanyaan.

Apa cara terbaik untuk menjadi orang yang lebih baik? Apa cara dan pendekatan yang paling mudah? Dan apa yang paling terpenting dari diri untuk diperbaiki?

Dengan selalu memikirkan kepentingan orang lain dan juga mempertimbangkan kesejahteraan Anda, berikut ini adalah beberapa cara yang kami anggap terpenting untuk menjadikan Anda orang yang lebih baik.

Biarkan Kemarahan Pergi

cara menjadi orang yang lebih baik

Kita semua memiliki dan pernah terlibat dengan kemarahan dalam hidup kita, namun, kemarahan yang tidak terkendali dapat menciptakan banyak masalah pada kualitas hubungan dan juga kesehatan kita.

Dengan kemarahan akan membuat lebih banyak lagi stres dan masalah tambahan yang dapat mempersulit hidup kita dan menjauhkan diri kita menjadi yang terbaik, itulah mengapa sebabnya belajar mengelola dan merelakan kemarahan merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi orang yang lebih baik.

Melepaskan kemarahan memang tidak selalu mudah, langkah pertama yang perlu di perhatikan dalam memanajemen kemarahan Anda adalah dengan lebih banyak mengenali kemarahan Anda sendiri dan hal-hal apa yang harus Anda lakukan saat marah menghampiri Anda.

Mengenali kemarahan sering kali sangat sederhana, Anda cukup perhatikan saat Anda merasa kesal dan cobalah kelola perasaan ini daripada harus menyangkal atau meluapkannya kepada orang lain sebagai cara untuk mengatasinya.

Berfokuslah pada perhatian pada saat Anda merasa marah dan kenapa Anda marah, perlu Anda ketahui bahwa ada perbedaan antara merasa marah dan bertindak berdasarkan kemarahan itu, maka ketahui dan kendalikan pilihan Anda.

Anda dapat merubah keyakinan Anda tentang apa yang membuat Anda marah, ini bisa diterapkan dengan memahami lebih banyak tentang situasinya atau bahkan ingatkan diri sendiri mungkin ada hal-hal yang belum Anda ketahui.

Selalu ingatkan diri Anda jika mungkin ada sesorang yang mengganggu laju kendaraan Anda mungkin orang tersebut sedang memiliki masalah yang besar di dalam hidupnya, atau ketika ada seorang teman yang bersikap tidak sopan terhadap Anda, coba tanyakab terlebih dahulu bagaimana hari mereka berjalan dan cari tahu apakah ada lebih banyak hal yang tidak Anda ketahui.

Anda juga bisa fokus pada hal yang dapat “memicu kemarahan” Anda dan berusaha untuk menghilangkannya sebisa mungkin, misalnya, jika Anda merasa putus asa dan kesal karena harus terburu-buru, cobalah membuat lebih banyak ruang dan jarak dalam jadwal Anda dan berusahalah untuk menghilangkan pemicu itu, Jika seseorang membuat Anda marah, coba Anda ajak bicara terlebih dahulu, bila tetap tidak bisa, maka batasi peran mereka dalam hidup Anda atau jauhi untuk sementara waktu.

Penting juga untuk melepaskan perasaan dendam dan sisa kemarahan tiap harinya, jangan bangun pagi dari tidur Anda dengan menyimpan perasaan dendam dari malam sebelumnya, fokus pada memaafkan, tetap jaga kesadaran Anda pada saat ini sebanyak mungkin dan semuanya akan menjadi lebih mudah.

Berlatih meditasi atau sejenisnya juga dapat membantu Anda melepaskan kemarahan, fokuslah untuk melepaskan amarah yang mungkin kamu miliki dari masa lalu, berikan perhatian hanya pada saat ini dan itu akan menjadikan hidup lebih mudah dan berguna untuk menghindari diri dari sikap merenung terus-menerus dan membawa diri kita tinggal di tempat yang lebih baik.

Beri Dukungan Pada Orang Lain

dukungan bagi orang lain

Menolong orang lain sepertinya merupakan jalan yang tepat untuk menjadi orang yang lebih baik karena kita sering beranggapan “orang baik” adalah orang yang bersedia berkorban untuk orang lainnya.

Hal ini ada di dalam benak banyak orang, adalah hal apa yang dapat membuat seseorang menjadi “baik”, walaupun begitu, perbuatan baik juga dapat membuat kita menjadi orang yang lebih baik karena hubungan antara altruisme dan kesejahteraan emosional.

Menurut penelitian, mungkin memang benar bahwa memberi lebih baik daripada menerima, sementara kamu merasa sedang stres dan sibuk mengkhawatirkan masalah Anda dan kaluarga Anda sendiri, dengan memberikan bantuan kepada orang lain walau bukan suatu kewajiban, memperluas kemampuan Anda untuk fokus kepada kebutuhan orang lain bisa sangat membantu Anda, hal ini sangat benar, Altruisme adalah hadiahnya, dan hal ini benar-benar dapat membantu Anda menghilangkan stres.

Penelitian menunjukkan bahwa Altruisme baik untuk kesejahteraan emosional dan dapat meningkatkan ketenangan pikiran secara terukur.

Sebagai contoh, satu studi penelitian menemukan bahwa pada pasien dialisis, pasien transplantasi dan anggota keluarga yang menjadi sukarelawan pendukung untuk pasien lainnya telah mengalami peningkatan pribadi (personal growth) dan kesejahteraan emosional.

Studi lain pada pasien dengan penyakit multiple sclerosis (MS), menunjukkan bahwa mereka yang menawarkan dukungan kepada pasien MS terbukti mengalami manfaat yang lebih besar dibanding pasien yang mereka dukung.

Hal ini termasuk pada peningkatan kepercayaan diri, kesadaran diri, harga diri, depresi dan beberapa hal lainnya, mereka yang menjadi sukarelawan dan menawarkan dukungan pada umumnya kehidupan mereka secara dramatis berubah menjadi lebih baik.

Selain dapat menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik, melatih altruisme dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih baik, lebih bahagia, lebih berbelas kasih.

Karena itu begitu banyak cara utnuk dapat mengekspresikan altruisme, ini adalah jalan sederhana untuk menjadi orang yang lebih baik yang tersedia untuk siapa saja, setiap hari.

Manfaatkan Kekuatan Anda

gunakan kekuatan anda

Kehilangan jejak waktu jetika Anda sedang asyik melakukan pekerjaan atau aktivitas menarik lainnya atau yang di sebut psikolog sebagai “flow”/”aliran”, adalah sebuah kondisi umum bagi kebanyakan orang.

Flow ini adalah apa yang terjadi ketika Anda sedang benar-benar terlibat secara dalam atau sangat menghayati misalnya dalam hobi, mempelajari suatu ketrampilan atau subjek baru.

Anda dapat mendapatkan Flow ini dengan kegiatan seperti menulis, menciptakan sesuatu atau dengan menyerap materi baru yang kemudian dapat Anda ajarkan kepada orang lain.

Apa yang dapat membawa Anda pada keadaan seperti itu mungkin menantang bagi Anda dan juga orang lain, coba pikirkan kapan saja Anda paling sering berada di dalam kondisi seperti itu dan coba untuk melakukannya lebih banyak lagi.

Kondisi Flow merupakan sebuah indikator yang baik untuk menentukan apakah suatu kegiatan cocok untuk diri Anda, ketika keadaan mengalir ini datang, Anda sedang meningkatkan kemampuan Anda dan hal ini sangat bagus untuk kesehatan emosi serta kebahagiaan Anda, hal ini juga sangat bagus untuk semua di dunia ini karena biasanya hal ini dapat digunakan untuk membantu orang lain.

Ketika Anda sudah cukup belajar tentang diri Anda, tahu mana kekuatan yang ada pada diri Anda dan juga mencari tahu bagaimana menggunakan kekuatan ini untuk membantu orang lain, Anda sedang berada dalam perjalanan untuk menjadi orang yang lebih baik dan tentunya menjadi lebih bahagia, gunakan apa yang Anda kuasai dan ciptakan kondisi Flow ini, ini merupakan cara untuk mengarahkan diri ke arah yang tepat.

Gunakan Metode Tahapan Perubahan

cara menjadi orang yang lebih baik

Tanyakan pada diri sendiri, jika kini Anda memiliki sebuah tongkat sihir, apa yang ingin Anda miliki di masa depan Anda? Lupakan cara bagaimana Anda akan mencapainya, bayangkan dengan jelas sebuah kehidupan yang ideal untuk Anda dan apa saja yang ingin Anda sertakan di dalamnya.

Luangkan beberapa menit untuk membuat daftar, bisa diatas kertas, di komputer atau gadget Anda semua perubahan dan tujuan yang akan Anda sertakan dalam visualisasi ini. Buat yang spesifik, tidak ada masalah apabila Anda menginginkan sesuatu yang diluar jangkauan Anda, tulis saja, apapun itu.

Anda bisa mencontoh banyak perusahaan , memiliki rencana tahunan, lima tahun dan 10 tahun, coba tuliskan juga untuk hidup Anda, bukan sesuatu yang bersifat tetap tetapi lebih kepada daftar keinginan dan tujuan.

Dengan mengingat apa yang Anda harapkan di masa depan, Anda dapat membantu diri Anda untuk tidak terlalu terjebak di dalam bagian stres pada kehidupan Anda saat ini dan dapat membantu Anda menemukan berbagai pilihan untuk perubahan di masa depan.

Ada beberapa cara untuk dapat fokus pada perubahan, tetapi tahapan model perubahan ini dapa membawa diri Anda menjadi yang terbaik bahkan mungkin lebih mudah daripada cara lain, model ini dapat disesuaikan dengan pola pikir apapun yan Anda miliki saat ini dan daoat bekerja bagi siapa saja.

Tahapan Model Perubahan

1. Precontemplation – Ketidaktahuan tentang masalah
2. Contemplation – Menyadari masalah
3. Preparation – Bersiap untuk berubah
4. Action – Mengambil tindakan berdasarkan rencana dan tujuan
5. Maintenance – Mempertahankan perilaku baru

Salah satu bagian yang terpenting dari jalan perubahan ini adalah bahwa Anda tidak akan memaksakan diri untuk melakukan suatu perubahan hingga Anda merasa telah siap dan Anda tidak menyerah ketika Anda tergelincir di perjalanan.

Itu adalah bagian yang dapat dimaafkan dan bahkan di harapkan dari sebuah proses perubahan, memahami rencana ini dalam rangka mencapai perubahan sangat mebantu Anda menjadi orang yang lebih baik.

Jaga Diri Sendiri

jaga diri

Anda mungkin tidak dapat selalu memiliki kendali atas kondisi dan keadaan yang sedang Anda hadapai, tetapi Anda bisa mengendalikan seberapa baik Anda dapat menjaga diri Anda sendiri, yang dapat mempengaruhi tingkat stres dan dapat memungkinkan Anda untuk tumbuh sebagai pribadi yang kokoh ketika Anda mnghadapi tantangan hidup yang terus ada.

Merawat dan menjaga diri sendiri sangat penting dalam membangun ketahanan ketika menhadapi stresor yang karena beberapa hal memang tidak dapat dihindarkan, ketika Anda terlalu lelah, makan yang buruk atau kondisi buruk secara umum, Anda akan lebih reaktif terhadap stres yang Anda hadapi dalam hidup.

Dengan reaksi yang buruk terhadap stress yang datang Anda dapat menciptakan lebih banyak masalah ketimbang dengan meresponnya dengan kekuatan batin yang tenang.

Sebaliknya ketika Anda dapat menjaga diri sendiri baik tubuh dan pikiran, Anda akan dapat ebih terlibat dengan apapun yang terjadi, menggunakan dengan penuh semua sumber daya yang Anda miliki dan dapat berkembang dari tantangan atau masalah hidup yang Anda hadapi bukan hanya sekedar bertahan.

Merawat dan menjaga tubuh, jiwa dan pikiran dengan tepat dapat membuat Anda tetap dalam kondisi yang optimal dalam menangani stres, yang juga memberikan Anda ketangguhan ekstra untuk dapat mengelola tantang-tantangan hidup yang akan kita semua hadapi.

Dasar Dari Merawat Dan Menjaga Diri

Dalam hal menjaga diri ada beberapa hal yang dapat membantu, berikut beberapa hal yang yang mendasar dan terpenting yang bisa Anda lakukan :

1. Tidur yang cukup
2. Nutrisi & Gizi yang baik
3. Hubungan dengan orang lain
4. Downtime

Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi kesejahteraan emosional dan juga fisik Anda, karena kurangnya tidur yang berkualitas dapat membuat Anda merasa lebih tertekan dan menurunnya kemampuan menemukan solusi atas masalah yang sedang di hadapi, kurang tidur juga dapat berdampak buruk bagi tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tidur yang buruk juga memiliki dampak yang tidak baik bagi berat badan Anda.

Begitu pula dengan nutrisi dan gizi yang buruk, apalagi dikuti dengan pola makan yang buruk dapat membuat Anda merasa selalu lelah dan seiring juga menambah berat badan, Anda membutuhkan bahan bakar yang tepat untuk dapat menghadapi tantangan hidup, tetapi biasanya ketika stres datang kita sering mengidamkan makanan-makanan yang tidak sehat.

Merasa terhubung dengan orang lain dapat membantu Anda merasa lebih kuat dan tangguh terhadap tantangan apapun yang di hadapi, teman yang baik dapat membantu Anda memproses emosi yang negatif, memberikan pilihan solusi dan memberikan bantuan untuk melepaskan pikiran Anda dari masalah.

Akhirnya, penting bagi diri kita untuk menyediakan sedikit waktu untuk diri sendiri, bisa berupa sebuah jurnal dan meditasi atau bisa juga dalam bentuk latihan kebugaran, hal ini biasanya hal yang penting bagi para introvert, tetapi bukankan tiap orang juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri?

Belajar Menjadi “User-Friendly”

konflik

Sebuah hubungan akan menjadi surga dari stres dan juga dapat membantu kita menjadi orang yang lebih baik, namun hubungan juga bisa menjadi sebuah sumber stres yang signifikan ketika ada konflik yang diselesaikan dengan buruk atau malah dibiarkan memburuk.

Seni dari ini adalah ketika kita berusaha untuk menjadi seorang teman, pasangan dan anggota keluarga yang lebih baik, hal ini juga menjadi sebuah jalan bagi kita untuk menjadi orang yang lebih baik.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan diri dan hubungan yang Anda miliki adalah dengan mempelajari strategi dalam penyelesaian konflik, menjadi seorang pendengar yang baik, melihat dari sisi lainnya ketika berda dalam konflik dan juga belajar teknik manajemen kemarahan.

Hal-hal ini dapat membantu kita untuk dapat menjadi versi yang lebih baik, strategi ini juga dapat meminimalkan stres yang kita alami dalam hubungan dan bahkan membuatnya lebih kuat.

Dan hubungan yang dekat biasanya dapat memberikan banyak peluang untuk melatih keahlian ini, sehingga Anda mungkin bisa lebih menghargainya sebagai sebuah peluang ketika konflik muncul sehingga dapat meminimalkan rasa sedih yang Anda terima.

Berikut ini kami tambahkan langkah dan cara yang praktis yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang dan pribadi yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

11 Langkah & Cara Menjadi Orang Yang Lebih Baik

Adalah sebuah hal yang wajar jika Anda merasa dapat melakukan lebih banyak dalam hal pengembangan diri, tetapi untuk menjadi orang yang lebih baik tidak harus memaksakan diri dengan keras bahkan faktanya berkata sebaliknya.

Semakin banyak kebaikan dan belas kasih dari diri yang Anda bina, semakin mungkin juga Anda untuk memperlakukan orang-orang yang berada di sekitar Anda dengan cara yang sama, selain itu, berbuat baik untuk orang lain dapat meberi arti penting dalam hidup Anda, seperti yang sering kami katakan bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Inilah beberapa cara untuk menjadi orang yang lebih baik dalam rutinitas sehari-hari :

1. Biasakan Untuk Bersyukur

bersyukur

Anda mungkin telah mendengarnya sebanyak jutaan kali, tetapi dengan membuat sebuah jurnal terimakasih atau rasa syukur atas apa yang telah Anda raih atau punya memiliki dampak yang besar pada pola pikir Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan memasukkan rasa syukur ke dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu untuk mengangkal stres, meningkatkan kualitas tidur dan dapat membangun hubungan sosial yang positif.

Anna Hennings, MA, seorang instruktur mental dalam psikologi olahraga merekomendasikan penggunaan akronim GIFT untuk membantu kita mengidentifikasi apa yang bisa kita syukuri.

Teknik GIFT

Ketika berpikir untuk mensyukuri suatu hal, Anda bisa melihat beberapa hal seperti :

1. Growth – Pertumbuhan pribadi, seperti saat mempelajari suatu ketrampilan baru
2. Inspiration – Momen atau hal yang menginspirasi Anda
3. Friends/family – Momen kecil, di sela-sela kesibukan, seperti menikmati secangkir kopi atau buku yang bagus.
4. Surprise – Bantuan yang tak terduga atau yang menyenangkan

Saat membuat list yang dapat Anda syukuri, kata Henning, pastikan juga untuk memperhatikan mengapa hal tersebut membuat Anda bersyukur.

2. Sapa Semua Orang Yang Anda Temui

sapa orang

Apakah dengan mengangguk atau tersenyum pada orang yang tidak dikenal yang lewat atau mengucapkan “selamat pagi” kepada semua orang yang masuk ke kantor, kata psikolog Madeleine Mason Roantrss, usahakan untuk menyadari orang-orang disekitar Anda ketika Anda melihatnya.

Dengan melakukan itu, Anda akan dapat melihat dan merasakan kehadiran yang lebih dan merasa lebih terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda, walaupun jika Anda tidak memiliki hubungan dekat dengan mereka.

3. Cobalah Digital Detox

Menjafi orang yang lebih baik

Unplugging meskipun hanya untuk waktu yang sebentar dapat bermanfaat bagi kesejahteraan Anda, lain kali ketika Anda mendapati diri Anda sedang tidak melakukan apa-apa, cobalah menjauh darai smartphone Anda selama beberapa jam.

Cobalah berjalan-jalan dan terhubung dengan pikiran Anda, menjauhlah dari telepon genggam Anda untuk beberapa jam bahkan kalau Anda bisa untuk libur satu hari penuh, sebagai gantinya, coba keluar dan terhubung dengan alam atau hal lainnya yang melibatkan aktivitas tubuh Anda sepenuhnya tanpa gangguan gadget Anda, bahkan istirahat yang sebentar saja dari gadget Anda dapat membuat dan mebantu Anda bersantai dan fokus kepada apa yang sebenarnya membuat Anda bahagia.

4. Positive Self-talk

cara menjadi orang yang lebih baik

Sangat mudah untuk terjebak ke dalam sikap terlalu keras dan kritis terhadap kegagalan yang Anda alami, pembicaraan didalam diri sendiri yang negatif dan tidak produktif ini dapat menurunkan motivasi kita secara keseluruhan.

Jika Anda dengan terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa diri Anda merupakan orang yang baik, praktekkan self-talk yang positif dengan mengucapkan sebuah fakta dan menindaklanjutinya dengan sikap optimis.

Fakta + Optimisme = Positifitas

Lain kali disaat Anda merasa kurang kompeten atau sedang merasa kewalahan terhadap sesuatu, coba untuk katakan pada diri sendiri :

“Saya tahu jika perubahan ini akan menjadi sebuah tantangan, tapi saya telah memikirkannya dengan lama dan telah mempertimbangkan semua pilihan yang ada (fakta), jadi saya merasa yakin bahwasannya yang saya lakukan adalah yang terbaik yang bisa saya lakukan saat ini. (optimisme).”

Bagian yang sulit adalah saat Anda sedang berada pada situasi dan pikiran yang negatif dan berusaha dengan sadar untuk berpikir secara berbeda atau sebaliknya, tetapi jangan khawatir, dengan sedikit latihan hal ini akan menjadi lebih mudah.

5. Minimal Satu Kali Makan Secara Mindful Tiap Harinya

mindful eating

Saat Anda sedang terjebak kemacetan di tengah hari yang sibuk, Anda tergoda untuk menyantap makanan tanpa mendengarkan keinginan tubuh Anda.

Mindful eating atau makan secara penuh kesadaran memberi Anda kesempatan untuk masuk ke dalam perasaan fisik ataupun emosi Anda, pilihlah makanan, walaupun hanya sebuah roti lapis lalu luangkan waktu untuk memakannya, perhatikan rasa yang berbeda tiap lapisnya dan juga tekstur yang dimilikinya, ini adalah sebuah meditasi mini yang dapat menekan stres.

Kamu bisa lihat artikel kami yang menjelaskan tentang mindful eating.

6. Tidur Yang Cukup

tidur cukup

Merasa tidak memiliki cukup istirahat dapat membuat Anda menjadi seorang yang pemarah dan tidak produktif sepanjang hari, cobalah untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam.

Temukan cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda dengan mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein pada sore harinya, minum suplemen, bersantai di bak mandi yang berisi air hangat atau sekedar mandi sebelum tidur.

7. Bernapas Dengan Sadar

bernafas

Luangkan waktu sejenak pada saat berada di halte bus, antrian toko atau sebelum tertidur untuk melakukan fokus pada pernapasan Anda, berlatih walau hanya beberapa menit sehari untuk bernapas secara dalam telah terbukti dapat mendatangkan relaksasi pada tubuh dan mengatur ulang tingkat stres.

Baca artikel kami yang membahas pernapasan yang tepat untuk menghilangkan stres.

8. Bersih-bersih Selama 30 Menit

cara menjadi orang yang lebih baik

Cara Anda merasa terhadap rumah Anda sendiri dapat mempengaruhi apakah waktu Anda di rumah dapat memberikan sebuah pemulihan atau malah rumah Anda dapat membuat stres.

Lain kali di saat Anda memiliki waktu senggang 30 menit, segera atur timer Anda dan selesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga dengan singkat yang akan memberikan sedikit kecerahan pada hari Anda, misalnya :

  • Membersihkan cermin di kamar mandi
  • Menggantung gambar yang Anda disukai tetapi belum sempat melakukannya
  • membersihkan meja Anda

Berikan diri Anda penghargaan dengan menikmati ruang rumah Anda yang lebih segar, seperti jika Anda seorang wanita melakukan kegiatan masker wajah di kamar mandi Anda yang telah bersih.

9. Maafkan Diri Sendiri Dan Juga Orang Lain

memaafkan

Berpegang pada perasaan penyesalan, rasa sakit dan dendam dapat menyakiti orang lain begitupula diri Anda, ketika Anda mulai merasakan salah satu dari emosi ini maka itu akan berpeluang mempengaruhi suasan hati Anda, mempengaruhi sikap Anda kepada orang lain termasuk perlakuan Anda kepada diri sendiri.

10. Perawatan Diri

self care

Kita sering mengira bahwa perawatan diri selalu berarti sebagai kegiatan seperti manikur atau perawatan spa (walau ini juga merupakan salah satu acra untuk menghilangkan stres), tetapi perawatan sehari-hari memiliki arti yang lebih dari sekedar memanjakan diri, hal ini juga meliputi tentang makan yang baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menunjang kinerja otak dan tubuh Anda.

Pastikan juga Anda berolahraga atau menggerakkan tubuh dengan sadar, meluangkan waktu untuk terhubung dengan orang lain, melakukan relaksasi atau downtime untuk diri sendiri.

Ini tidak perlu meluangkan banyak waktu, carilah waktu 10 atau 20 menit di tiap hari Anda untuk berjalan-jalan diluar atau hanya sekedar menyiapkan semangkuk buah segar untuk diri Anda sendiri.

11. Berbuat Kebaikan Secara Acak

berbuat baik

Bersikap baik kepada orang lain dapat membantu memberikan diri Anda tujuan dan membuat diri merasa lebih bebas, cobalah melakukan sesuatu kebaikan untuk seseorang secara acak :

  • Belikan teman kerja sebuah makan siang
  • Kirim kartu ucapan ke seorang teman
  • Beri sumbangan kepada orang yang membutuhkan

Anda akan melihat dan merasakan suasana hati Anda akan meningkat ketika Anda melakukan kebaikan untuk kesenangan semata seperti ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan menghitung tindakan kebaikan selama satu minggu dapat meningkatkan kebahagiaan dan rasa syukur.

Referensi

Baca Juga Artikel Happiness Lainnya