9 Cara Menjadi Orang yang Mudah Bergaul

Menjadi lebih sosial bukan hanya tentang bagaimana menyenangkan orang-orang di sekitar Anda, tidak ada yang salah dengan menghabiskan waktu bersantai di rumah dan menonton acara-acara favorit Anda seharian penuh setelah sabtu minggu bekerja.

Menempatkan diri Anda di luar sana bisa menjadi hal yang berbeda untuk tiap orangnya, mungkin bagi Anda ini adalah bergaul dengan beberapa teman terdekat atau mengobrol dengan driver pengirim pizza.

Dibawah ini adalah beberapa tips mudah untuk membantu Anda dapat terhubung dengan lebih baik dengan orang lainnya, jika beberapa kiat dibawah tidak cocok dengan Anda, jangan ragu untuk membuangnya dan mencoba tips atau kiat yang lain, yang terpenting adalah bagaimana Anda menemukan kegembiraan dalam menjalin suatu hubungan.

1. Pastikan Anda Melakukannya Untuk Alasan yang Benar

Hal yang pertama perlu Anda perhatikan adalah tidak ada cara yang benar dalam menampilkan diri Anda di luar sana, tidak apa jika Anda tidak ingin pergi ke klub setiap dua malam atau menerima setiap undangan acara di Facebook, Anda tidak memiliki kewajiban untuk memenuhi setiap harapan dari orang lain dan ini juga termasuk cara Anda dalam menghabiskan waktu.

2. Mulai Percakapan

Siapkan diri Anda untuk lebih membuaka diri dan menjalin pertemanan-pertemanan baru, mungkin Anda tertarik untuk mempelajari seni magis dari “obrolan ringan” atau teknik-teknik untuk memulai suatu percakapan di acara-acara seperti resepsi pernikahan yang Anda hadiri berikutnya.

Pertama, ketahuilah bahwa orang di sebelah Anda mungkin merasakan hal yang sama dengan Anda, menurut profesor Bernardo Carducci, yang mengelola Shyness Research Institute di Indiana University Southeast, sekitar 40 persen orang dewasa dan remaja mengidentifikasi dirinya sebagai seorang pemalu.

Memiliki beberapa pemecah kebekuan atau ice breaker bisa menjadi sebuah cara yang bagus dalam meningkatkan kepercayaan diri Anda ketika mendekati orang lain, untungnya, banyak orang yang senang untuk membicarakan diri mereka sendiri, jadi ini adalah titik awal yang sangat mudah bagi Anda.

3. Jadi Seorang Pendengar yang Baik

Semua orang selalu ingin merasa dilihat, didengar dan dihargai, salah satu cara yang terbaik untuk menjalin hubungan dengan orang lain adalah dengan mendengarkan dengan seksama apa yang mereka katakan.

Anda dapat berlatih mendengarkan secara aktif dengan rasa ingin tahu dan berusaha untuk memahami dari mana orang lain berasal.

Hindari menyela orang lain di tengah cerita atau berbicara dengan mereka pada saat mereka sedang menjawab pertanyaan, tawarkan sebuah perhatian penuh dan minat yang tulus dari Anda.

Cobalah untuk mengajukan pertanyaan lanjutan dimana mereka akan merasa bahwa Anda telah mendengarkan dengan seksama tentang semua yang mereka sampaikan.

Ketika sedang mendengarkan, camkan beberapa pertanyaan ini di benak Anda :

  • Apa yang penting bagi orang ini?
  • Apa yang membuat mereka menjadi bersemangat untuk berbagi?
  • Apa yang mereka hargai?

4. Berikan Pujian

Jika ragu, katakan sesuatu yang baik, kata-kata yang tepat pada waktu yang tepat dapat membuat hari seseorang menjadi jauh lebih baik dan juga dapat membuka pintu percakapan.

Memberitahu seorang rekan kerja bahwa Anda menikmati presentasi darinya atau memberitahu seseorang betapa Anda menyukai baju yang mereka kenakan adalah sebuah cara yang baik untuk menjadi terhubung, pastikan Anda tulus ketika melakukannya.

Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam memberikan pujian pada seseorang :

  • Perhatikan apa yang benar-benar Anda sukai dari seseorang sehingga Anda benar-benar bersungguh-sungguh dengan apa yang Anda katakan.
  • Perhatikan hal-hal kecil yang membuat seseorang menjadi unik sehingga kata-kata Anda akan terasa menonjol.
  • Hindari basa-basi atau klise, jangan mengatakan hal yang sama kepada semua orang atau hanya memuji penampilan fisik mereka, fokuslah pada kualitas atau kebiasaan yang dimiliki masing-masing orang.

5. Keterlibatan

Jika Anda siap untuk mengambil sebuah langkah yang lebih besar untuk menempatkan diri di luar sana, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari sebuah hobi yang bersifat sosial.

Anda bisa menjadi seorang sukarelawan di sebuah lembaga nonprofit, ini merupakan sebuah cara yang bagus untuk memberi kembali dan melayani.

Berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang Anda sukai dapat membantu dalam meringankan perasaan seperti tidak mampu ketika bertemu dengan orang baru, terutam jika kamu baru saja pindah ke sebuah lingkungan dan komunitas yang baru.

6. Buat Acara Makan Siang Bulanan

Undang teman dan keluarga untuk sebuah acara makan khusus dan luantkan waktu untuk menjadi terlibat dengan lebih dekat dengan semua orang yang Anda undang.

Ini merupakan sebuah cara yang menyenangkan, memiliki jadwal waktu berkualitas bersama dengan orang-orang tekasih, walau hanya dua atau tiga orang, berada di dalam sebuah lingkungan yang mendukung di mana Anda dapat tertawa, berbicara dan juga bernostalgia dengan leluasa.

Jika Anda tidak terlalu suka dengan makan siang, Anda bisa memilih untuk mengadakan acara makan malam yang santai, gunakan ini sebagai sebuah kesempatan Anda untuk menjadi terhubung dan berlatih keterampilan percakapan Anda.

7. Mengobrol Dengan Orang Asing

Tidak ada yang lebih baik dari mengenal orang-orang di sekitar Anda dan membuat diri Anda merasa telah menjadi bagian dari sebuah komunitas.

Hal ini akan memberikan Anda rasa memiliki dan memberikan Anda sebuah kesempatan untuk mengubah kenalan menjadi teman dekat.

Mulailah sebuah percakapan spontan dengan barista Anda ketika di lain kali Anda memesan secangkir latte, atau mungkin sekedar bertanya kepada tetangga Anda bagaimana harinya.

Meskipun tampak sepele, terdapat penelitian yang menemukan bahwa interaksi dengan jaringan luas orang setiap harinya dapat berkontribusi pada kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

8. Mendaftar Sebuah Kelas

Langkah pertama dalam bertemu dengan orang baru adalah dengan mengekspos diri Anda ke sebuah lingkungan baru yang menarik, keluarlah dari zona nyaman Anda dan cari sebuah kelas yang tersedia dan yang selama ini sangat ingin Anda ikuti.

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan dan melatih keterampilan sosial Anda, ikuti sebuah kelas melukis atau memasak dan mulailah sebuah percakapan selagi menunggu kelas dimulai, Anda akan lebih mudah untuk berbicara dengan orang lain ketika Anda dan orang lainnya memiliki minat yang sama.

9. Kenali Kapan Anda Mungkin Membutuhkan Bantuan

Hubungan antar manusia adalah sebuah bagian penting dari kesejahteraan Anda secara keseluruhan, tetapi memang hal ini tidaklah selalu berjalan dengan mudah.

Selalu ingat bahwa keterampilan sosial Anda adalah sebuah proses yang bertahap yang tidak terjadi dalam waktu semalam, jangan menilai diri sendiri ketika Anda tidak membuat kemajuan sebanyak yang Anda harapkan.

Merupakan sebuah hal yang normal mengalami beberapa kegugupan ketika Anda menempatkan diri di luar sana, tetapi jika Anda merasa terhambat oleh rasa malu atau hal itu mencegah Anda untuk bersosialisasi, mungkin sudah waktunya untuk berbicara dengan seseorang profesional tentang berbagai potensi dari masalah kesehatan mental yang kemungkinan mendasarinya, seperti kecemasan sosial, agorafobia atau gangguan kecemasan umum.

Referensi

10 Tips for Being More Social on Your Own Terms. https://www.healthline.com/health/how-to-be-more-social