12 Ciri Orang Berbohong Melalui Ekspresi Wajah

Diperbarui

Hampir semua orang yang pernah Anda kenal pasti pernah berbohong, mesikipin hanya sebuah kebohongan kecil, tetapi ada beberapa orang yang berani berbohong untuk hal yang menyangkut dan berdampak buruk pada masa depan mereka, hubungan mereka, pekerjaan mereka dan bahkan bisa menyebabkan mereka masuk ke jeruji besi.

Untuk mendeteksi seseorang pembohong kelas atas adalah tugas dan pekerjaan dari suatu tim penyidik, kalau di Amerika mungkin banyak dilakukan oleh FBI seperti yang kita sering lihat di film-film box office, mereka sering melihat melalui berbagai ekspresi wajah, bahasa tubuh dan indikator verbal sebagai suatu sinyal yang memberitahu mereka bahwa seseorang telah melakukan kebohongan.

Berbagai Ciri atau Tanda Orang Berbohong

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengetahui jika seseorang telah berbohong.

  1. Perhatikan Mata Mereka

    Merupakan sebuah reaksi fisiologis ketika seseorang merasa tidak nyaman atau sedang merasa terjebak oleh berbagai pertanyaan yang tidak ingin dia jawab, mata seseorang yang kemungkinan sedang berbohong akan melihat ke arah belakang atau mencari suatu jalan keluar seperti orang yang merasa takut berada di dalam situasi yang berbahaya.

  2. Waspadai Kedipan Cepat

    Orang normal biasanya akan berkedip sebanyak lima atau enam kali dalam satu menit, atau satu kali tiap 10 atau 12 detik, namun ketika dalam situasi tertekan, misal ketika seseorang merasa telah ketahuan berbohong, dia mungkin akan berkedip lima atau enam kali berturut-turut dengan cepat.

  3. Hitung Berapa Lama Orang Tersebut Menutup Matanya

    Ketika seseorang menutup matanya selama satu atau dua detik, ini mungkin dapat menjadi sebuah indikasi kuat dia telah berbohong kepada Anda, normalnya, orang aka berkedip dengan kecepatan 100 hingga 400 milidetik atau 0,10 hingga 0,40 detik.

  4. Perhatikan Arah Pandangan Mereka

    Ketika Anda bertanya sesuatu kepada seseorang, normalnya jika orang tersebut memiliki tangan dominan pada tangan kanan, jika dia kemudian melihat ke arah atas dan ke kiri orang tersebut benar-benar mengakses ingatannya tentang kejadian yang sedang Anda tanyakan, namun, jika dia melihat ke arah atas dan ke arah kanan, dia sedang mengakses imajinasinya, dan kemudian dia akan mengarang suatu jawaban.

  5. Tanyakan Apa yang Mereka Dengar atau Ketahui

    Pada umumnya orang yang memiliki tangan dominan sebelah kanan matanya akan melihat ke arah kanan ketika mereka telah berbohong tentang apa yang sebenarnya mereka dengar, namun, ketika dia melihat ke arah telinga kirinya, dia akan mengingat apa saja yang telah dia dengar secara jujur.

  6. Kuncinya Ada Pada Apa yang Mereka Coba Ingat

    Mata seseorang akan cenderung melihat ke arah bawah lalu ke kiri jika dia benar-benar akan memberitahu Anda tentang ingatannya seputar bau, sentuhan atau sensasi, seperti angain yang dingin atau suatu bau yang mengerikan, tapi amtanya akan bergeser ke bawah dan ke kanan jika dia akan berbohong.

  7. Senyum Palsu

    Kulit yang terlipat di bagian bawah dan kerutan di samping mata menandakan sebuah senyuman yang nyata, sebuah senyuman yang palsu tidak akan mempengaruhi area mata melainkan hanya terjadi di sekitar area mulut saja.

  8. Perhatikan Gerakan Tangan

    Reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh akan menyebabkan seseorang merasa gatal ketika sedang berbohong, terutama pada area wajah, perhatikan lawan bicara Anda ketika dia sedang berbicara, apakah dia berbicara sambil menggaruk-garuk wajahnya?

  9. Perhatikan Mulut

    Mulut orang cenderung akan mengering ketika sedang berbohong, dia kemungkinan akan melakukan gerakan menghisap dan mengerucutkan bibirnya ketika mencoba mengatasi kering di bibirnya, jika bibirnya terlihat terlalu kencang sehingga tampak seperti mencubit dengan bibirnya sendiri, hal ini menandakan bahwa dia sedang berbohong.

  10. Keringat yang Berlebih

    Ketika seseorang sedang berbohong, keringat mungkin akan mulai muncul di dahi, pipi atau pada area belakang leher dan perhatikan jika orang tersebut mulai berusaha mencoba menghapus keringat mereka tersebut.

  11. Wajah yang Memerah Seperti Tersipu

    Wajah yang memerah adalah sebuah refleks tidak disengaja yang disebabkan oleh sistem para impatik dan merupakan respon otomatis terhadap pelepasan adrenalin, hal ini sering ditemukan pada wanita, yang cenderung seperti tersipu ketika telah mengatakan suatu kebohongan.

  12. Perhatikan Arah Gelengan Kepala

    Pada umumnya, sering kali ketika seseorang mengatakan yang sejujurnya, orang tersebut akan menganggukkan kepala secara bersamaan seiring dengan apa yang mereka katakan, tetapi jika mereka menggelengkan kepala karena ketika sedang berbicara, tubuhnya sendiri telah mengkhianati kebohongan yang telah dilakukannya.

Referensi