21 Film Wajib Bagi Para Pengusaha

Film Wajib Bagi Para Pengusaha

Di update pada

Sama seperti kebanyakan orang, seorang pengusaha juga membutuhkan suntikan inspirasi dari waktu-waktu, kita bisa mendapatkan inspirasi saat tubuh kita dalam kondisi rileks, saat bersantai dirumah, saat sedang menikmati kopi di pagi hari atau bagi sebagian besar orang yaitu dengan menonton film bersama keluarga, teman atau menontonnya sendirian.

Film yang tepat untuk para pengusaha dan calon pengusaha adalah film yang bercerita tentang perjalanan suatu bisnis menjadi besar, film yang menceritakan suatu kegagalan yang kita bisa petik pelajaran darinya atau bisa juga film yang berkisah tentang kejadian ekonomi dunia sehingga para pengusaha bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang ekonomi.

Film Wajib Bagi Para Pengusaha

Walaupun begitu, tiap orang tentu punya gayanya masing-masing dalam meraih inspirasi khususnya tentang jenis film apa yang selama ini terbukti selalu memberikan mereka inspirasi, namun untuk menambah referensi film-film yang cocok dinimati para pelaku usaha, berikut kami berikan daftar film yang sangat sarat motivasi dan inspirasi.

1. The Social Network

Disutradarai oleh David Fincher, The Social Network bercerita tentang bagaimana perjalanan seorang Mark Zuckerberg dalam mendirikan Facebook saat berkuliah di Harvard dan bagaimana kemudian dia di gugat oleh dua laki-laki bersaudara yang menuduh Mark telah mencuri ide mereka dan juga kisah sahabatnya yang diusir dari perusahaan.

Film ini memberikan Anda gambaran sekilas tentang bagaimana sebuah perusahaan raksasa Facebook dimulai, dan mengingatkan kita semua bahwa perusahaan besar seringkali berawal dari sebuah ide sederhana dan hanya melibatkan sumber daya yang terbatas.

Best Scene in the Movie : Ketika Mark Zuckerberg bertemu dengan Sean Parker untuk pertama kalinya.

2. Pirates of Silicon Valley

Diangkat dari sebuah buku berjudul Fire in the Valley : The Making of the Personal Computer, Pirates of Silicon Valley mengeksplorasi persaingan sengit antara Steve Jobs dan Bill Gates dalam periode 1971-1997, film ini diluncurkan pada tahun 1999, tepat ketika Steve Jobs mulai mengembangkan Apple kembali di kesempatan ke dua, film ini berakhir dengan kemenangan Bill Gates dalam persaingan ini, namun kita semua tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Sekilas permulaan yang sederhana dari dua raksasa teknologi paling ikonik dunia, dan kisah dari dua orang yang benar-benar telah membawa perubahan dalam di dunia khususnya bidang teknologi.

Best Scene in the Movie : Saat Steve Jobs sedang mewawancarai seorang calon karyawan Apple yang potensial.

3. Startup.com

Jika Anda ingin mengetahui dan mempelajari sejarah perusahaan internet pada masa terjadinya gelembung dotcom, maka film Startup.com merupakan sebuah film yang cocok, film ini adalah sebuah dokumenter yang mengikuti perjalanan dari sebuah startup bernama GovWorks, sebuah startup yang menjanjikan namun menemui sebuah kegagalan yang spektakuler karena kesalahan di manajemen dan terjadinya perebutan kekuasaan di internalnya.

Selain menunjukkan pada Anda masa Boom and Bust di era gelembung dotcom, dokumenter ini juga memberi Anda kisah dimana persahabatan dapat menjadi sebuah persaingan yang sengit karena politik internal, film jelas merupakan salah satu film tentang startup terbaik sepanjang masa.

Best Scene in the Movie : Tidak ada klip yang secara khusus menonjol, jadi kami sarankan untuk langsung menonton filmnya secara penuh, kabar baiknya film ini bisa kamu tonton di Youtube secara gratis.

4. Wall Street

Di sutradarai oleh Oliver Stone, film Wall Street ini bercerita tentang ambisi dan keserakahan, dimainkan dengan gemilang oleh Charlie Sheen dan Michael Douglas, tokoh protagonis utama, Bud Fox, mengidolakan Gekko dan masuk kedalam gaya hidupnya yang glamor hanya untuk terjerat dalam jaringan Inseder Trading yang kejam.

Sebagai seorang wirausaha muda, mudah sekali terpikat atau terjerat dengan keserakahan dan membuat berbagai keputusan yang mengesampingkan moral demi sebuah keuntungan, film ini berfungsi menjadi sebuah pengingat tentang bagaimana ambisi terkadang dapat membuat kita menghalalkan segala cara.

Best Scene in the Movie : Saat Gordon Gekko sedang berpidato.

5. Glengarry Glenn Ross

Sebuah film yang dibintangi sederet bintang top dunia, seperti, Al Pacino, Kevin Spacey, Jack Lemon dan Alec Baldwin, Glengarry Glenn Ross menceritakan situasi dan kondisi para penjual properti pada saat musim penjualan yang kacau.

Film ini menggambarkan bagaimana rasanya bekerja di lingkungan penjualan yang sangat kompetitif dan bagaimana Anda harus menggunakan kecerdasan untuk dapat bertahan hidup dan terus berkembang, sejak dirilis, film ini telah banyak digunakan dalam pelatihan-pelatihan para tenaga penjualan di seluruh dunia.

Best Scene in the Movie : Pidato ‘motivasi’ oleh Alec Baldwin kepada tim penjualan.

6. The Big Short

Diangkat dari sebuah buku karya Michael Lewis dengan judul yang sama, The Big Short mengisahkan tiga latar belakang kisah yang terpisah namun pada akhirnya saling berkaitan dari orang-orang yang telah memprediksi dan mendapatkan keuntungan besar dari krisis finansial pada atahun 2007-2008 di Amerika.

Disutradarai oleh Adam Mckay, film ini menampilkan sebuah karya yang layak di berikan piala Oscar dan penampilan apik dari para aktor ternama seperti Christian Bale dan Steve Carell, Film ini juga mendulang kesuksesan karena teknik uniknya yang tidak konvensional saat menjelaskan produk-produk dan konsep keuangan pada penonton yang pada aslinya sering terlihat rumit dan membosankan.

Jikan Anda pernah merasa ingin tahu dan mempelajari apa penyebab di balik terjadinya krisis keuangan besar pada waktu itu, maka film ini sangat cocok untuk Anda, selain film ini juga banyak berisi peringatan-peringatan penting bagi pengusaha, film ini juga menyoroti betapa pentingnya pengambilan resiko dan keyakinan terhadap keputusan yang telah diambil, sangat sedikit individu yang akan bertaruh melawan pasar pada saat itu, tetapi para karakter utama di film ini (berdasarkan orang sungguhan) melakukan hal itu, meskipun menghadapi banyak ejekan dari komunitas mereka berada.

Best Scene in the Movie : Mark Baum (Steve Carell) bertemu dengan seorang manajer CDO.

7. The Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street diangkat dari sebuah kisah nyata dari seorang Jordan Belfort, menceritakan kebangkitan dan kejatuhannya sebagai seorang pengusaha dan mengisahkan bagaimana perusahaannya Stratton Oakmont terlibat dalam perdagangan saham ilegal dan penipuan sekuritas yang menarik perhatian dari FBI.

Disutradarai dengan luar biasa oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh sang mega bintang Leonardo DiCaprio dan sederet pemeran top lainnya seperti, Jonah Hill, Margot Robbie dan Matthew McConaughey.

Jordan Belfort adalah sebuah contoh sempurna tentang apa yang tidak boleh diperbuat oleh seorang wirausahawan, pada saat itu dia didorong oleh keserakahan, memiliki sedikit empati atau bahkan tidak terhadap orang-orang yang telah dia bohongi dan menjalani kehidupan yang penuh pesa pora berlebihan yang membawanya pada kejatuhan.

Best Scene in the Movie : Saat Matthew McConaughey sedang menggambarkan apa yang diperlukan untuk menjadi seorang broker saham.

8. Boiler Room

Jika Anda dapat menikmati film seperti The Wolf of Wall Street maka Anda akan lebih dapat menikmati film ini, karena lebih ddasarkan pada Stratton Oakmont, sebuah perusahaan perdagangan saham yang curang yang didirikan oleh Jordan Belfort.

Tokoh-tokoh dalam film tersebut sangat mengidolakan Gordon Gekko dari Wall Street dan hidup dari hasil memanipulasi banyak orang yang mudah tertipu untuk mau membeli penny stock.

Selain dapat membuat Anda tertarik dengan strategi cold-calling, Boiler Room pada akhirnya adalah sebuah film yang memuat peringatan penting bagi para pengusaha muda untuk tidak terpengaruh oleh gaya hidup para orang-orang kaya dan terkenal sehingga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan-keputusan yang dipertanyakan kemoralannya.

Best Scene in the Movie : Pada saat wawancara kelompok.

9. Fyre: The Greatest Party That Never Happened

Festival Fyre seharusnya menjadi sebuah festival musik terbesar di sepanjang sejarah manusia, di organize oleh Billy McFarland dan repper terkenal Ja Rule, “festival musik mewah” ini dipromosikan secara besar-besaran oleh para selebritas dan influencer top di media sosial, termasuk Kendall Jenner, Bella Hadid dan Emily Ratajkowski, hanya ada satu masalah, itu semua Scam, dirancang oleh MacFarland yang memilliki sejarah memiliki banyak bisnis yang terlibat penipuan.

Film dokumenter produksi Netflix ini memberi kita informasi eksklusif di balik layar mulai dari perencanaan hingga terjadinya malapetaka pada sebuah festival musik yang bernasib buruk ini, untuk dapat memahami sebegitu besarnya penipuan ini, Anda harus menontonnya sendiri, banyak wawancara dengan para mantan anggota tim yang Billy pimpin, para peserta festival yang terdampar di sebuah pulau.

Selain dapat menghibur, kisah yang di ceritakan di dokumenter ini merupakan sebuah peringatan pada para pengusaha muda tentang membuat janji dan tidak menepatinya dan juga sebagai pengingat jangan hanya menghabiskan banyak uang untuk pemasaran namun tidak pernah memikirkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.

Best Scene in the Movie : Pengakuan mengejutkan dari produser acara Andy King.

10. The Aviator

Sebuah kolaborasi dari Scorsese-DiCaprio lainnya, The Aviator adalah sebuah film biografi dari seorang tokoh dunia Howard Hughes, seorang miliarder eksentrik yang mengambil semua peluang untuk menjadi seorang pengusaha terkenal dan juga seorang sutradara yang sukses, DiCaprio sangat tampil mengesankan dalam film ini dan menempatkannya sebagai nominasi pada oscar, film ini merupakan salah satu film biografi terbaik di sepanjang masa.

Howard Hughes tidak hanya sedang bersaing dengan para perusahaan kompetitor lain yang memiliki kantong besar, tetapi dia juga berjuang dalam pertempurannya sendiri dengan penyakit mental yang melemahkan dirinya yaitu OCD, meskipun banyak rintangan, dia tetap memiliki semangat tinggi pada industri penerbangan dan membangun sebuah warisan yang kuat untuk dunia, dia merupakan seorang teladan yang sempurna bagi para wirausahawan pemula dalam mengatasi berbagai rintangan untuk mencapai kesuksesan-kesuksesan dalam hidup.

Best Scene in the Movie : Dengar pendapat senat.

11. Moneyball

Anda seorang penggemar baseball? Atau buka? Tidak masalah, Film Moneyball sebenarnya tidak terlalu terkait dengan baseball tapi lebih banyak kaitannya dengan strategi unik GM Oakland A, Billy Beane, dalam menghadapi kesulitan dan menangkap peluang untuk timnya, dihadapkan pada anggaran yang terbatas, Billy Bean (Brad Pitt) memutuskan untuk melakukan sebuah pendekatan yang belum pernah di uji dan pakai sebelumnya untuk mencapai sebuah hasil yang luar biasa di Major Baseball League (MLB).

Billy Bean harus bisa beradaptasi agar dapat bertahan hidup, dia tahu Oakland A tidak dapat bersaing dengan senjata yang kuat di liga karena mereka tidak memiliki anggaran yang besar, karena itu dia harus berani untuk mengambil resiko dan mengambil banyak keputusan sulit demi mencapai hasil yang terbaik, kebanyakan startup menghadapi skenario yang sama ketika mereka menghadapi persaingan yang ketat dan keras dari para bisnis yang telah mapan di pasar, kisah Billy Bean menunjukkan bahwa kesuksesan dapat dicapai dengan berani mengambil resiko dan mencari sebuah cara unik yang belum pernah digunakan.

Best Scene in the Movie : Saat Billy Bean sedang menggambarkan masalah yang terjadi di Oakland A.

12. The Founder

The Founder adalah kisah dari seorang taipan makanan cepat saji Amerika, Ray Kroc, dibintangi oleh Michael Keaton, film ini mengisahkan perjalanan muncul dan terciptanya rantai restoran cepat saji McDonald’s, yang merupakan sebuah bisnis restoran terbesar didunia, film ini juga dibintangi oleh Nick Offerman dan John Carroll Lynch yang berperan sebagai McDonald bersaudara, para pendiri McDonald’s yang asli.

Meskipun menjadi seorang sosok yang kontroversial, kisah dari Ray Kroc merupakan sebuah kisah yang sangat menginspirasi terutama bagi para pengusaha, awalnya dia hanya seorang salesman yang menjual produk semacam mixer untuk milkshake namun berubah menjadi seorang yang mampu mentransformasi restoran kecil yang menjual burger menjadi perusahaan makanan cepat saji paling sukses di dunia, pada saat yang sama, Anda juga akan merasakan apa yang dirasakan para pendiri asli dari McDonald’s yang telah mendapat perlakuan kurang baik dan akhirnya dipaksa untuk keluar dari bisnis tersebut.

Best Scene in the Movie : Saat Ray Kroc memesan makanan di McDonald’s untuk pertama kalinya.

13. Margin Call

Film lain yang berlatar belakangkan krisis finansial 2007-2008, tetapi kali ini melalui sudut pandang bank investasi, plot film Margin Call berputar di sekitar tokoh-tokoh kunci pada beberapa bank investasi besar dan bermacam tindakan yang mereka ambil dalam waktu 24 jam, selama tahap awal terjadinya krisis keuangan tersebut, walaupun nama bank-bank tersebut disamarkan pada film, banyak yang percaya bahwa tindakan-tindakan yang diambil sangat mirip seperti yang dilakukan oleh Goldman Sachs dan Merrill Lynch selama krisis.

Keserakahan tidak pernah menjadi hal yang baik, para pengusaha harus mengingat ini di setiap saat, Margin Call bercerita tentang perusahaan yang sangat penuh dengan keserakahan dan juga ketidakjujuran, seperti film Wall Street dan The Big Short, film ini juga merupakan kisah yang berisi peringatan tentang kekuatan yang negatif dari keserakahan.

Best Scene in the Movie : Pertemuan darurat dengan para mitra senior di bank.

14. Steve Jobs

Bukan versi yang dibintang oleh Ashton Kutsher, tetapi versi lain yang dibtangi oleh Michaek Fassbender, berperan sebagai pendiri Apple yang legendaris, distradarai oleh Danny Boyle dan ditulis oleh Aaron Sorkin, Steve Jobs ini merupakan sebuah biografi yang berbeda, hanya berisi 3 bagian, yang kesemuanya menggambarkan titik penting dalam kehidupan Jobs, menampilkan akting prima dari Fassbender dan Kate Winslet.

Meskipun tidak mendapatkan tanggapan seperti yang diharapkan oleh studio pembuatnya, itu masih merupakan film biografi Steve Jobs yang pernah ada, jika Anda tidak punya waktu untuk membaca biografi dari Steve Jobs karya Steve Isaacson yang brilian, Anda bisa menonton film ini.

Best Scene in the Movie : Saat Steve Jobs bertemu dengan John Sculley, orang yang bertanggung jawab atas pemecatannya di perusahaannya sendiri.

15. Thank You for Smoking

Ingin menguasai seni dari pemasaran atau memiliki keahlian untuk menjual produk apapun? Maka film ini adalah film yang wajib Anda tonton, Plot film berkisar tentang berbagai intrik yang dilakukan oleh kepala juru bicara dari Big Tobacco, Nick Naylor, yang berdiri untuk membela industri rokok pada sebuah situasi yang sangat menantang.

Penjualan merupakan aspek yang sangat penting dalam suatu bisnis dan film ini telah mengajarkan bahwa sangat mungkin untuk dapat menjual apapun selama Anda memilki data lengkap dan kemampuan membujuk yang kuat terhadap target pasar Anda.

Best Scene in the Movie : Nick Naylor memamerkan keahliannya di sebuah acara talk show.

16. The Pursuit of Happyness

The Pursuit of Happyness merupakan sebuah kisah nyata yang diangkat dari kehidupan seorang wirausahawan Chris Gardner yang telah menjadi seorang tuna wisma selama hampir satu tahun bersama putranya pada saat menjalani magang tanpa bayaran selama 6 bulan yang melelahkan sebagai seorang pialang saham, di film ini Will Smith mendapatkan nominasi Oscar karena perannya sebagai Chris Gardner.

Chris Gardner dapat mengatasi keadaan yang sulit dipercaya dalam upayanya untuk meraih impiannya, keadaan yang tidak jauh berbeda seperti yang di hadapi oleh para pengusaha di tahap awal.

Best Scene in the Movie : Saat Chris Gardner diterima dan disewa oleh Dean Witter Reynolds setelah perjuangannya selama berbulan-bulan.

17. Enron: The Smartest Guys in the Room

Film ini merupakan sebuah dokumenter yang berdasarkan pada sebuah buku best seller dengan judul sama karya Bethany McLean dan Peter Elkind, film dokumenter ini mengamati kejatuhan dari Enron Corporation di tahun 2001 dan semua pemain kunci yang bertanggung jawab atas apa yang kemudian dikenal dengan sebutan Skandal Enron, film ini menampilkan wawancara dengan penulisnnya sendiri, serta para mantan eksekutif dan karyawan Enron, para analis saham, wartawan hingga mantan Gubernur California Gray Gray Davis.

Kisah dari skandal Enron ini merupakan sebuah pamungkas dari bobroknya praktik korupsi dan keserakahan, dengan demikian dapat memberikan pelajaran penting bagi para pengusaha dan para pemimpin bisnis tentang betapa suramnya konsekuensi dari keserakahan.

Best Scene in the Movie : Tidak adegan khusus yang menonjol, untuk detailnya kamu bisa langsung menonton film utuhnya di Youtube.

18. Any Given Sunday

Film yang disutradarai oleh Oliver Stone ini menampilkan para pemain film yang luar biasa, Al Pacino, Jamie Fox, Cameron Diaz, Dennis Quaid dan LL Cool, Any Given Sunday menawarkan kisah di balik layar dari sebuah tim fiksi dari olahraga futball di Amerika. Al Pacino berperan sebagai seorang pelatih veteran dan jatuh cinta dengan pemilik tim Christina Pagniacci (Cameron Diaz), film ini wakib ditonton bukan hanya bagi Anda para penggemar Al Pacino, tetapi juga bagi para pengusaha pemula dan penggemar olahraga.

Film ini memiliki muatan yang tidak kalah penting, yaitu ketabahan yang ditunjukkan oleh karakter yang diperankan oleh Al Pacino dalam menghadapi berbagai kesulitan, menghadapi berbagai kritikan, pemberontakan dalam timnya sendiri, tetapi pada akhirnya dia dapat mengatasi semua tantangan ini karena kesabaran yang tinggi dan kemauan yang kuat untuk berhasil.

Best Scene in the Movie : Pidato dari Al Pacino kepada timnya seeblum dimulainya pertandingan playoff yang sangat penting.

19. The Inventor: Out for Blood in Silicon Valley

Film ini menceritakan tentang naik turunnya sebuah perusahaan bernama Theranos, sebuah perusahaan boteknologi yang bernilai miliaran dollar yang diramal akan merubah industri perawatan kesehatan, film ini berkutat di sekitar kegiatan sang pendiri, Elizabeth Holmes dan juga COO perusahaan Sunny Balwani, film ini menceritakan bagaimana Holmes dan Balwani terlibat dalam praktik penipuan yang menyesatkan para investor dan mitra bisnisnya, dan menggambarkan bagaimana mereka lebih tertarik pada aspek pemasaran, promosi dan ketenaran daripada memikirkan tentang hal-hal teknis pada produknya agar dapat bekerja dengan baik, mereka juga ditemukan telah banyak melakukan intimidasi terhadap para mantan-mantan karyawan mereka yang mengetahui perbuatan mereka tersebut.

Kenaikan yang sangat cepat dan kejatuhan yang spektakuler dari Theranos mennggambarkan betapa sikap dari Silicon Valley terhadap sebuah valuasi, ini bisa menjadi sebuah peringatan bagi kita agar tidak mudah tergiur oleh janji-janji yang terlalu manis dan terkesan kurang realistis.

Best Scene in the Movie : Tidak ada adegan yang menonjol secara khususm, Anda dapat menikmati dokumenter ini di HBO.

20. The Great Hack

Salah satu skandal terbesar dan paling mengejutkan terjadi pada tahun 2018, yaitu sebuah skandal data dari Facebook- Cambridge Analytica, dima terungkap bahwa Cambridge Analytica, sebuah perusahaan politik asal Inggris, telah mengambil dengan tanpa persetujuan jutaan data pribadi dari para pengguna Facebook dan menggunakannya dalam kampanye iklan dengan tujuan politik, termasuk kampanye Brexit dan kampanye pemilihan presiden Donald Trump.

The Great Hack adalah sebuah film dokumenter yang meneliti secara dalam skandal ini melalui sudut pandang orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Film ini mengungkapkan sejauh mana data pribadi kita telah diambil dan digunakan untuk tujuan periklanan oleh Facebook, kita sebenarnya telah mengetahui jika Facebook sedang menambang data pribadi kita, tetapi film ini telah membuka mata kita tentang sejauh mana privasi kita telah dilanggar oleh Facebook dan yang menyedihkannya Facebook dapat melakukan semua ini dengan sangat mudah.

Best Scene in the Movie : Tidak ada bagian khusus yang menonjol, kamu bisa mnyaksikan filmnya langsung melalui Netflix.

21. Becoming Warren Buffett

Becoming Warren Buffet adalah sebuah film yang mengisahkan tentang seorang sosok investor sukses Warrne Buffet dan kisah hidupnya, film dokumenter ini membedah aspek kontras antara seorang Warren Buffet yang ahli dalam bidang investasi dan seorang Warren Buffet dalam kehidupan pribadinya.

Jika para pengusaha muda hanya boleh memilih satu tokoh yang menjadi teladan inspirasi, tokoh itu haruslah seorang Warren Buffet, Warren Buffet terkenal karena ketajaman insting bisnis dan investasinya, tetapi nilai yang paling penting dari seorang Warren Buffet adalah sikapnya yang down to earth, menjadikannya sebagai salah satu orang yang paling terpuji yang dapat di ikuti, jika Anda ingin mempelajari rahasia di balik kesuksesan luar biasa seorang Buffet, film ini merupakan yang pilihan paling tepat untuk ditonton.

Best Scene in the Movie : Kamu bisa menyaksikannya film utuhnya melalui Youtube diatas.

Kesimpulan

Film Wajib Bagi Para Pengusaha

Setiap gerakan kita dalam dunia bisnis akan membuat kita lelah pada suatu titik, sediakan waktu sejenak guna mengembalikan energi dan pikiran kembali seperti semula, hal ini bisa kamu lakukan sembari mencari inspirasi, dan salah satu metode yang sering digunakan yaitu dengan menonton film pilihan, menonton film yang telah kami pilih diatas akan membantu kita untuk kembali semangat dan juga mengambil banyak pesan moral yang terdapat di setiap film tersebut, menjadikan kita seorang pengusaha yang lebih kuat dan baik yang memudahkan jalan kita dalam menggapai impian di masa depan.

Referensi

Baca Juga Artikel Success Lainnya