Cara Mengatasi Insecure

insecure

Menjadi insecure sesekali adalah sebuah bagian yang alami dari kehidupan, namun, untuk beberapa perasaan insecure yang lebih dalam dan berlangsung lebih lama, seorang terapis profesional dapat membantu Anda dalam memilah emosi-emosi dan mengembangkan berbagai strategi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi dan mengatasi insecure dalam berbagai situasi di kehidupan.

  • Tegaskan Nilai Anda

    Catat semua yang telah Anda lakukan dengan benar, kemungkinannya adalah berbagai pemikiran Anda tentang diri sendiri tidak memperhitungkan ratusan keputusan kecil positif yang kita buat tiap harinya, mengingat bagaimana Anda telah membantu tetangga Anda dengan barang belanjaan mereka atau embantu atasan Anda selama berlangsungnya suatu pertemuan penting dapa membantu Anda fokus pada kontribusi Anda daripada fokus pada kekurangan Anda.

  • Jaga Kebutuhan Anda Terlebih Dahulu

    Jika Anda selalu memperhatikan segala kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan Anda sendiri, ini berarti Anda kurang dalam menghargai diri sendiri, menambahkan lebih banyak self-care ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu Anda melawan berbagai pikiran negatif dan membantu membangung harga diri Anda.

    Berikut beberapa cara untuk menunjukkan cinta Anda pada diri sendiri :

    1. Rawat tubuh Anda dengan pijat atau perawatan wajah.
    2. Lakukan olahraga kesukaan Anda setidaknya 30 menit tiap harinya.
    3. Jauhkan ponsel Anda atau lakukan detoksifikasi media sosial.
    4. Manjakan diri Anda dengan makanan-makanan yang bergizi.
    5. Berlatih menyayangi diri sendiri, berbicara dengan baik kepada diri sendiri.

    Bahkan hanya dengan memastikan Anda makan secara teratur dan memprioritaskan waktu tidur Anda dapat meningkatkan harga diri Anda dengan signifikan.

  • Tantang Pikiran Negatif

    Mudah untuk menjadi bersikap keras pada diri sendiri setelah tersandung atau setelah melakukan suatu kesalahan, tetapi menyalahkan diri sendiri karena Anda gagal mendapatkan promosi atau lupa untuk melakukan suatu panggilan telepon penting dapat membuat Anda terjebak di dalam sebuah siklus negatif dari rasa malu dan membenci diri sendiri.

    Berikut beberapa latihan dalam melawan berbagai pikiran negatif :

    1. Maafkan diri Anda sendiri.
    2. Tuliskan semua pikiran negatif Anda sehingga Anda bisa mundur sejenak dan mengamatinya dengan baik.
    3. Pertimbangkan apa yang telah Anda pelajari dari semua pengalaman dan kembali fokus pada hal-hal yang positif, bagaimana hal ini mengajari Anda untuk menciptakan hasil yang lebih baik di masa mendatang.

  • Habiskan Waktu Dengan Orang-orang yang Mencintai Anda

    Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang penuh kasih dan suportif untuk membangun kepercayaan diri dan membuat Anda merasa diterima apa adanya, buat sebuah rencana utnuk mengatur lebih banyak tanggal untuk bersantai dan minum kopi bersama orang-orang terdekat dan tersayang, melihat diri sendiri melalui mata orang-orang yang benar-benar peduli akan membantu Anda dalam menghargai kualitas dan perspektif dari diri Anda sendiri.

  • Menjauh Dari Situasi yang Meresahkan

    Coba pikirkan ketika Anda sedang merasa sangat tidak aman, Anda sedang bersama dengan siapa? Apa yang sedang Anda lakukan?

    Memperhatikan orang-orang dan situasi-situasi yang dapat menurunkan harga diri Anda dapat membantu Anda dalam menentukan apa-apa yang harus dihindari, jika Anda mengelilingi diri Anda dengan teman-teman yang selalu menyinggung berbagai kekurangan Anda, itu adalah sebuah tanda jelas untuk segera menemukan teman-teman yang lebih baik.

  • Renungkan Kebaikan

    Rayakan berbagai kesuksesan yang telah Anda raih dan cerita pada diri sendiri ketia Anda mengalami kemenangan besar di tempat kerja, bangga dengan apa yang Anda lakukan, meskipun pada awalnya akan tampak canggung, hal ini dapat berpengaruh kuat pada harga diri Anda.

    Lakukan beberapa hal berikut untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda di sepanjang hari :

    1. Menyimpan pujian-pujian yang diberikan orang lain di laptop atau suatu aplikasi notes.
    2. Tulis semua pencapaian Anda untuk ditinjau ketika Anda sedang merasa tidak aman.
    3. Luangkan waktu beberapa menit tidap harinya untuk membuat tiga daftar hal yang Anda hargai tentang diri Anda.

  • Lakukan Berbagai Hal yang Membuat Anda Bahagia

    Prioritaskan untuk menghabiskan waktu luang dengan melakukan hal-hal yang memberi Anda kegembiraan dan kebahagiaan, baik membaca sebuah buku atau memasak sebuah menu makanan spesial dari nol, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mempelajari sebuah keterampilan baru atau melakukan sebuah hobi yang selama ini ingin Anda coba, selain dapat membuat Anda bahagia, dengan menguasai sebuah keterampilan baru bisa menjadi sebuah pengingat yang baik tentang berbagai bakat dan minat yang selama ini Anda miliki.

  • Fokus Pada Langkah-langkah Kecil

    Mengatasi rasa insecure dan membangun harga diri Anda tidak dapat terjadi dalam satu malam, cobalah untuk berbaik hati pada diri sendiri selama proses berjalan dan jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik secepat yang Anda inginkan.

    Meskipun Anda tidak merasa percaya diri pada saat ini, langkah-langkah kecil yang Anda lakukan sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi langkah-langkah yang lebih besar dan juga membuat Anda untuk terus maju.

  • Temui Seorang Terapis

    Berbicara dengan seorang terapis profesional dapat membantu Anda dalam menjelajahi segala ketakutan dan rasa insecure Anda dengan jalam memahami dari mana asal semua perasaan ini, seorang terapis profesional juga dapat membantu Anda mengembangkan berbagai metode baru guna menavigasi situasi-situasi yang selama ini telah merusak kepercayaan diri Anda.

Referensi

Pengertian | Tanda atau Gejala | Cara Mengatasi