Insomnia

Pengertian Insomnia

Insomnia adalah sebuah gangguan tidur umum yang menyebabkan penderitanya sulit untuk tertidur, sulit untuk tetap tidur atau menyebabkan bangun terlalu cepat dan tidak dapat tidur kembali, penderita insomini mungkin akan tetap merasa lelah ketika bangun, insomnia tidak hanya dapat mengurangi tingkat energi dan suasana hati Anda, tetapi juga kesehatan, kinerja dan juga kualitas hidup yang Anda miliki.

Untuk berapa lama waktu tidur yang cukup bisa bervariasi bagi tiap orangnya, tetapi kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur tiap malamnya.

Pada titik tertentu, banyak orang dewasa mengalami insomnia jangka pendek (akut), insomnia jangka pendek ini bisa berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu, biasanya diakibatkan oleh stres atau akibat dari suatu peristiwa yang traumatis.

Beberapa orang lainnya mengalami insomnia jangka panjang (kronis) yang berlangsung selama satu bulan atau lebih.

Insomnia bisa menjadi sebuah masalah utama atau terkait dengan berbagai kondisi kesehatan atau pengobatan lainnya.

Anda tidak harus pasrah dengan kondisi selalu terjaga di tiap malamnya, hanya dengan melakukan perubahan yang sederhana ke dalam kebiasaan sehari-hari sering kali dapat membantu.

Jenis-jenis Insomnia

Terdapat dua jenis insomnia,

  • Insomnia primer. Insomnia ini memiliki arti bahwa masalah atau gangguan pada tidur Anda tidak terkait dengan berbagai kondisi atau masalah kesehatan lainnya.
  • Insomnia sekunder. Masalah atau gangguan pada tidur Anda terkait atau disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan (seperti asma, depresi, artritis, kanker dll), rasa sakit, pengobatan atau penggunaan zat-zat (seperti alkohol).

Referensi

Pengertian | Gejala | Penyebab | Diagnosis | Pengobatan | Pencegahan