Penyebab Introvert

Untuk mengetahui mengapa beberapa orang cenderung introvert dan lainnya ekstrovert, penting untuk memahami peran yang dimainkan oleh fisiologi tubuh Anda, cara bagaimana tubuh Anda merespon lingkungan luar memainkan peran penting dalam menentukan tingkat ekstroversi dan introversi Anda.

Pada tingkat fisiologis, sebuah jaringan neuron yang terletak pada batang otak yang dikenal sebagai sistem pengaktifan retikuler atau reticular activating system (RAS), yang bertanggung jawab dalam mengatur tingkat gairah, termasuk terjaga dan transisi antara tidur dan bangun.

RAS juga memiliki peran dalam mengendalikan seberapa banyak informasi yang Anda ambil ketika Anda dalam kondisi sadar, saat dihadapkan pada potensi-potensi ancaman di lingkungan, RAS akan meningkatkan tingkat gairah Anda agar Anda waspada dan siap dalam menghadapi bahaya.

Setiap orang memiliki sebuah set point dasar dalam hal tingkat gairah, beberapa orang cenderung secara alami memiliki titik setel atau set point yang jauh lebih tinggi, sementara yang lain memiliki set point yang jauh lebih rendah.

Seorang psikolog Hans Eysenck menyarankan bahwa tingkat gairah ini dapat dianggap sebagai sebuah kontinum, menurut teori gairah ekstroversi miliknya :

  • 15 persen orang memiliki set point yang minimal, berarti mereka secara alami memiliki tingkat gairah yang rendah.
  • 15 orang memiliki set point yang tinggi, berarti mereka secara alami cenderung lebih mudah terangsang.
  • 70 persen orang berada di suatu tempat di tengah kontinum.

Menurut teori Eysenck, introvert adalah mereka yang secara alami memiliki tingkat gairah yang sangat tinggi, mereka cenderung mencari aktivitas-aktivitas dan lingkungan-lingkungan dimana mereka dapat melepaskan diri dari berbagai stimulasi yang berlebihan.

Karena tingkat gairah alami mereka yang tinggi, mereka menjadi lebih waspada dan dapat menerima lebih banyak informasi dari lingkungannya, melarikan diri ke suatu tempat guna memiliki waktu menyendiri selain untuk mengisi ulang daya, mereka memiliki kesempatan untuk memproses dan merenungkan apa saja yang telah mereka pelajari.

Referensi

Pengertian | Gejala | Penyebab | Introversi Vs. Rasa Malu