Apakah Kebangkitan Kundalini Berbahaya?

Kebangkitan Kundalini

Pertanyaan ini merupakan hal yang wajar, terutama jika kita melihat gejala-gejala yang telah disebutkan diatas, jawabanya adalah, ya dan tidak, energi kundalini tidak berbahaya atau buruk secara bawaannya, pernyumbatan energi kita yang membatasi aliran dari kundalini yang menjadikannya pengalaman yang menyakitkan, menakutkan dan terkadang dapat berbahaya.

Dalam sebuah buku karya Georg Feurstein, Tantra: Path of Ecstasy, dia mengeksplorasi mengapa kundalini dapat membawa kerusakan :

Tanpa melakukan pembersihan pada sistem nādī terlebih dahulu, meningkatkan kekuatan ular (kundalinī-shakti) di sepanjang jalur aksial ,bukanbya tidak mungkin, namun sangat berbahaya untuk dicoba, karena alih-alih memasuki saluran pusat (sushumnā-nādī), ia cenderung memaksa dirinya sendiri ke dalam idā- atau pingalā-nādī, di kedua sisi saluran pusat, menyebabkan kerusakan besar pada tubuh dan pikiran.

Dengan kata lain, ketika kundalini dirangsang sebelum waktunya atau dibangkitkan dengan cara yang salah, hasilnya bisa menjadi sebuah bencana, untungnya, hal ini tidak akan berlangsung selamanya, untuk gambaran lebih jauh, Feuerstein melanjutkan dengan mengutip pengalaman yogi dan mistik Gopi Krishna selama mengalami pengalaman kundalini spontannya, dia menulis :

Ada gangguan yang mengerikan terjadi di semua organ, masing-masing terasa sangat mengkhawatirkan dan menyakitkan sehingga saya bertanya-tanya bagaimana saya bisa mempertahankan kepemilikan atas diri saya di bawah serangan yang sangat gencar. Seluruh organisme halus terbakar, benar-benar layu di bawah ledakan api yang melesat melalui bagian dalamnya. Saya tahu saya sedang sekarat dan bahwa hati saya tidak dapat menahan tekanan yang luar biasa untuk waktu yang lama. Tenggorokan saya hangus dan setiap bagian tubuh saya terbakar dan terbakar, tetapi saya tidak dapat melakukan apa pun untuk meringankan penderitaan yang mengerikan. Jika ada sumur atau sungai di dekat saya, saya akan melompat ke kedalamannya yang dingin, lebih memilih kematian daripada apa yang saya alami. . . . Aku memeras otakku yang terganggu untuk mencari cara melarikan diri, hanya untuk menemui keputusasaan kosong di setiap sisi. Upaya itu melelahkan saya dan saya merasa diri saya tenggelam, sangat sadar akan lautan rasa sakit yang mendidih di mana saya tenggelam.

Mari kita berhenti sejenak, karena saya tahu hal ini mungkin mengkhawatirkan Anda, atau bisa jadi juga sebaliknya, menegaskan, membantu Anda mengetahui bahwa Anda tidak sendiri jika Anda pernah mengalaminya.

Singkat kata : kundalini merupakan sebuah kekuatan yang dahsyat.

Jika Anda ingin membangunkannya, pastikan Anda tahu apa yang Anda lakukan dan carilah sebuah panduan yang dapat dipercaya, karena ini bukanlah sebuah hal yang bisa dianggap sepele.

Referensi

Pengertian | Gejala | Berbahaya? | Kebangkitan Spiritual vs. Kebangkitan Kundalini | Jebakan | Bersikap | Cara