Jebakan Tersembunyi Dari Sebuah Kebangkitan Kundalini

Kundalini shakti menganugerahkan pembebasan kepada para yogi dan perbudakan pada yang bodoh.

Svātmarāma (master yogi abad ke-15)
Kebangkitan Kundalini

Kebangkitan Kundalini adalah sebauh pengalaman mistis yang mengubah hidup dan terasa magis, gembira dan mendalam, itu memang benar, tapi ada juga banyak jebakan tersembunyi yang bisa saja kita masuki setelah kita keluar dari ujung jalan satunya.

Beberapa perangkap ini yaitu :

  1. Superioritas spiritual – melihat diri Anda sebagai yang “lebih sadar” daripada orang lain dan memandang rendah mereka yang tidak mengalami perkembangan atau masih “tertidur” (juga dikenal sebagai ego spiritual).
  2. Juruselamat – mengadopsi rasa keagungan dan keistimewaan diri yang tidak proporsional, percaya bahwa Anda dikirim untuk “menyelamatkan dunia” (misalnya, bagi mereka yang telah mengalami psikosis kundalini, ini bahkan terkadang dapat berarti percaya bahwa mereka adalah Yesus Kristus atau the next Budha).
  3. Genggaman dan kemelekatan – berusaha mati-matian untuk mempertahankan pengalaman bahagia dari kebangkitan kundalini dan menjadi sengsara (bahkan memasuki mode krisis) ketika hilang secara tak terhindarkan (ini dapat mengakibatkan materialisme spiritual).
  4. Nihilisme spiritual – mengambil kebenaran universal dan salah menerapkannya ke tingkat manusia, misalnya, “semua adalah ilusi”, “tidak ada yang penting” yang menumbuhkan rasa disosiasi, kekosongan dan sinisme.
  5. Penghindaran – menghindari atau secara spiritual mengabaikan tanggung jawab sehari-hari dan hanya berfokus pada “hal-hal spiritual yang lebih tinggi”.

Referensi

Pengertian | Gejala | Berbahaya? | Kebangkitan Spiritual vs. Kebangkitan Kundalini | Jebakan | Bersikap | Cara