9 Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Diperbarui

Pernahkah Anda memperhatikan atau menyadari bahwa satu-satunya organ di dalam tubuh kita yang setiap hari kita gunakan untuk berpikir justru organ yang selama ini kurang mendapat perhatian?

Semua orang sering mengkhawatirkan kesehatan mereka, penampilan mereka atau makanan yang mereka makan, tetapi apakah mereka atau Anda telah cukup memberi perhatian pada sebuah organ paling vital yang selama ini telah berjasa dalam mengendalikan tubuh Anda?

Menjaga kondisi otak tetap bugar dan sehat sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung atau organ penting lainnya.

Otak merupakan organ yang paling vital dalam tubuh kita dan ketika otak rusak, hal tersebut dapat mempengaruhi Anda dengan fatal, termasuk mempengaruhi pikiran, memori, sensasi, dll.

Para ilmuwan menyarankan bahwa dengan melakukan beberapa perubahan dalam gaya hidup dapat meningkatkan pengetahuan, daya imajinasi dan mental Anda akan lebih tahan banting.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Berdampak Buruk dan Merusak Otak

Berikut beberapa aktivitas atau kebiasaan yang dapat merusak otak yang harus Anda hindari dan hentikan guna menjaga fungsi otak tetap baik dan lebih sehat.

1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

makan permen

Asupan gula yang berlebihan dalam waktu lama dapat mengganggu kemampuan tubuh kita dalam menyerap berbagai protein dan nutrisi.

Hal ini dapat mengakibatkan suatu kondisi yang disebut dengan malnutrisi, yang bisa menghambat pertumbuhan dari otak.

Terjadi karena tubuh kita kekurangan jumlah nutrisi yang cukup di dalam darah, sehingga tidak dapat memberikan nutrisi yang cukup ke otak kita, yang pada gilirannya dapat menghambat perkembangannya.

Aneka permen dan makanan yang sangat manis lainnya dapat merusak daya ingat dan kemampuan berpikir Anda, jadi memilih permen atau makanan yang kaya akan kandungan antioksidan seperti raspberry dan coklat hitam bisa menjadi sebuah pilihan bijak untuk kesehatan otak Anda.

2. Kurang Tidur

kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mengantuk di siang hari, depresi dan gangguan pada memori.

Bagian otak yang menderita akibat dari kurang tidur adalah hipocampus.

Bahkan hanya satu malam dari kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak dapat mempengaruhi kemampuan otak Anda untuk mengingat semua informasi baru yang masuk.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa otak dapat memurnikan dirinya sendiri dari racun pada waktu atau selama siklus tidur yang nyenyak.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan kematian sel-sel otak, yang dapat menyebabkan gangguan pada memori dan penurunan pada kemampuan otak.

3. Mendengar Musik Terlalu Keras Melalui Earphone atau Headphone

mendengarkan musik melalui headphone

Mendengarkan musik dengan volume yang sangat tinggi dengan menggunakan earphone atau headphone dapat merusak kemampuan pendengaran Anda secara permanen.

Hal ini dapat mengakibatkan beberapa masalah pada otak, seperti kehilangan memori dan kerusakan pada jaringan-jaringan otak Anda di masa mendatang.

Karena otak adalah satu-satunya organ yang memerlukan upaya dalam memahami semua yang ada di sekitar Anda, jadi, jika Anda memberikan tekanan yang berlebih pada otak Anda, hal itu pasti akan merusaknya.

4. Melewatkan Sarapan dan Asupan Air yang Tidak Mencukupi

seorang pria terburu-buru

Mungkin untuk alasan diet atau untuk menghemat waktu, banyak orang yang memilih untuk melewatkan sarapannya.

Sangat sedikit orang yang menyadari fakta bahwa dengan tidak sarapan dapat merusak otak.

Setiap pagi setelah tidur nyenyak, tubuh akan membutuhkan berbagai nutrisi, dengan melewatkan sarapan akan membuat otak kehilangan berbagai nutrisi penting ini.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang sarapan teratur memiliki prestasi yang jauh lebih baik di sekolah.

Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kadar glukosa darah menjadi rendah, yang dapat berdampak buruk pada fungsi otak.

Otak terdiri hampir dari 80% air, otak membutuhkan air yang cukup untuk dapat berpikir lebih cepat dan fokus lebih baik.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi di sepanjang waktu, minum banyak air sangat bermanfaat bagi tubuh dan otak Anda untuk berfungsi dengan lebih baik.

5. Merokok

merokok

Kita semua tahu bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, tetapi tahukah Anda bahwa nikotinlah yang membuat Anda ketagihan dan sekaligus menyusutkan otak Anda?

Fakta lainnya, penyusutan otak dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

6. Terlalu Banyak Makan

obesitas

Makan dengan berlebihan dapat membuat berat badan bertambah, merasa kembung dan meningkatkan berbagai risiko terkena penyakit yang mengancam jiwa.

Tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa itu juga dapat merusak otak diluar bayangan Anda selama ini.

Terlalu banyak makan dapat mengeraskan arteri otak, sehingga dapat merusak kemampuan dari mental kita.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa asupan kalori yang tinggi dalam waktu yang lama, pada kenyataannya, dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami kehilangan memori atau gangguan kognitif ringan di masa mendatang.

7. Tidur Dengan Menutup Kepala

Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Anda mungkin akan merasakan hangat dan nyaman, tetapi tidur dengan selimut atau bantal yang menutupi kepala dapat meningkatkan konsumsi dari karbon dioksida dan mengurangi konsumsi oksigen.

Oksigen sangat penting untuk menjaga fungsi otak Anda dan kekurangan oksigen dapat membahayakan sel-sel otak Anda.

8. Terlalu Banyak Waktu Sendiri

Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Manusia terprogranm untuk melakukan kontak sosial, ini bukan tentang berapa banyak jumlah teman Facebook yang Anda miliki, yang terpenting adalah rasa dari hubungan dan koneksi yang nyata.

Orang-orang yang memiliki hubungan pertemanan, walau hanya dengan beberapa teman dekat, dapat menjadi lebih bahagia dan lebih produktif.

Mereka juga cenderung tidak memiliki atau menderita masalah penurunan otak dan Alzheimer.

Jika Anda merasa sendirian, hubungi beberapa teman atau mulailah sesuatu yang baru, menari, tenis atau semacamnya yang melibatkan orang lain.

9. Kurang Bergerak

Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Semakin lama Anda tidak lagi berolahraga secara teratur, semakin besar kemungkinan Anda akan menderita demensia.

Anda juga lebih berpeluang terkena diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi yang semua itu memiliki kemungkinan terkait dengan Alzheimer.

Anda tidak harus berolahraga yang berat, cukup berjalan selama 15-30 menit di lingkungan sekitar tempat tinggal minimal 3 hari dalam seminggu akan memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Kini Anda pasti bertanya-tanya, beberapa atau mungkin semua ini adalah hal-hal yang sangat umum dan sering Anda lakukan tiap harinya.

Jadi, sekarang saatnya Anda mulai menghentikan berbagai kebiasaan yang dapat merusak otak dan mulai sadar akan pentingnya memelihara otak Anda serta memberikan perhatian yang layak pada organ vital yang satu ini.

Referensi