Kesehatan Mental

Kesehatan mental mengacu pada bentuk kesejahteraan secara kognitif, perilaku dan emosional, tentang bagaimana orang berpikir, merasakan dan berperilaku, banyak orang mengartikan “kesehatan mental” sebagai suatu kondisi dimana tidak adanya suatu gangguan mental.

Kesehatan mental dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, hubungan dan juga kesehatan pada fisik, namun hal ini juga berlaku sebaliknya, berbagai faktor dalam kehidupan bermasyarakat, hubungan antar pribadi dan begitupun dengan faktor fisik semuanya dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mental.

Menjaga kesehatan mental dapat menjaga kemampuan seseorang dalam menikmati hidup, menjaga kesehatan mental melibatkan tercapainya keseimbangan antara aktivitas-aktivitas dalam hidup, tanggung jawab dan berbagai upaya untuk mencapai ketahanan psikologis.

Meskipun istilah kesehatan mental sangat umum digunakan, banyak dari kondisi mental yang berhasil didiagnosis oleh dokter memiliki akar secara fisik, dalam artikel kali ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dengan kesehatan mental dan penyakit-penyakit mental yang paling umum terjadi, termasuk gejala-gejala awal dan berbagai cara mengobatinya.

Apa itu Kesehatan Mental?

Kesehatan Mental

Gangguan mental merupakan salah satu penyebab utama dari disabilitas di Amerika Serikat, menurut World Health Organization (WHO) :

Kesehatan mental adalah sebuah keadaan sejahtera di mana seseorang menyadari kemampuannya sendiri, dapat menghadapi tekanan-tekanan hidup pada umumnya, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan suatu kontribusi pada komunitasnya.

WHO menekankan bahwa kesehatan mental “lebih dari sekedar tidak adanya gangguan atau kecacatan mental”, puncak dari kesehatan mental adalah memiliki kesehatan yang selalu terjaga dan kebahagiaan yang berkelanjutan, mereka juga menekankan bahwa menjaga dan memulihkan kesehatan mental sangat penting bagi setiap orang, serta di seluruh komunitas dan masyarakat di seluruh dunia.

Di Amerika Serikat, National Alliance on Mental Illness memperkirakan bahwa 1 dari 5 orang berusia dewasa mengalami berbagai masalah kesehatan tiap tahunnya.

Pada 2017, dperkirakan 11,2 juta orang dewasa di AS atau sekitar 4,5% orang dewasa yang ada, memiliki suatu kondisi piskologis yang parah, menurut National Institute of Mental Health (NIMH).

Referensi

Pengertian | Faktor Resiko | Jenis | Gejala Awal | Pengobatan