Pengobatan Untuk Gangguan Kesehatan Mental

konsultasi dengan psikiater

Terdapat berbagai metode dalam menangani berbagai masalah kesehatan mental, perawatan terhadap gangguan mental sangat bersifat individual, yang berhasil bagi satu orang belum tentu berhasil untuk orang lainnya.

Beberapa strategi atau perawatan lebih berhasil jika dikombinasikan dengan yang lain, sesorang yang hidup dengan gangguan mental kronis dapat memilih pilihan-pilihan yang berbeda pada berbagai tahap dalam hidupnya.

Masing-masing orang perlu untuk bekerja sama dengan dokter yang dapat membantu mereka mengidentifikasi segala kebutuhan mereka dan dapat memberikan sebuah perawatan yang sesuai, perawatan-perawatan pada gangguan kesehatan mental diantaranya :

Psikoterapi atau Terapi Bicara

Jenis perawatan ini ini mengambil sebuah pendekatan psikologis untuk mengobati berbagai penyakit mental, terapi perilaku kognitif, terapi eksposur dan terapi perilaku dialektis adalah beberapa diantaranya, seorang psikiater, psikolog atau psikoterapis melakukan jenis perawatan ini.

Perawatan ini dapat membantu penderita memahami akar dari penyakit mental mereka dan mulai memperbaiki pada pola pikir yang lebih sehat yang dapat mendukung kehidupan sehari-hari, mengurangi resiko isolasi diri dan melukai diri sendiri.

Obat-obatan

Beberapa orang menggunakan obat-obatan yang telah diresepkan, seperti antidepresan, antipsikotik dan obat anxiolytic, meskipun obat-obatan ini tidak dapat menyembuhkan gangguan-gangguan mental, beberapa obat dapat memperbaiki gejala-gejala dan membantu para penderita dalam melanjutkan interaksi sosial dan suatu rutinitas normal sembari memperbaiki kesehatan mentalnya.

Beberapa obat ini bekerja dengan cara meningkatkan penyerapan dari bahan-bahan kimia dalam tubuh yang dapat membuat diri merasa nyaman, seperti serotonin yang terdapat di otak, obat-obat lainnya dapat meningkatkan level dari bahan-bahan kimia ini, mencegah terjadinya degradasi atau kehancuran.

Self-help

Seseorang yang sedang menghadapi kesulitan pada kesehatan mental biasanya perlu melakukan berbagai perubahan pada gaya hidup mereka guna memperoleh kebugaran, perubahan-perubahan tersebut mungkin termasuk dengan mengurangi asupan dari alkohol, tidur lebih banyak dan makan makanan yang bergizi seimbang, penderita mungkin perlu untuk mengambil cuti dari pekerjaan atau segera menyelesaikan masalah pada hubungan pribadi, jika ada, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kesehatan mentalnya.

Orang-orang dengan kondisi mental seperti kecemasan atau gangguan depresi dapat memanfaatkan berbagai teknik relaksasi, seperti teknik pernapasan dalam, meditasi dan mindfulness.

Memiliki sebuah jaringan pendukung, baik melalui komunitas, teman dekat atau keluarga juga penting dalam membantu pemulihan dari penyakit mental.

Referensi

Pengertian | Faktor Resiko | Jenis | Gejala Awal | Pengobatan