Latihan Mindfulness Untuk Meredakan Kecemasan

latihan mindfulness

Di update pada

Kecemasan bisa mengakibatkan kelelahan mental dan memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan fisik, tapi sebelum Anda di buat cemas dengan menjadi cemas, perlu di ketahui bahwa penelitian telah menunjukkan Anda dapat mengurangi kecemasan dan stress dengan latihan mindfulness yang sederhana.

Mindfulness adalah tentang bagaimana kita memperhatikan kehidupan kita sehari-hari dan hal-hal yang biasanya kita jalani, mengecilkan volume di pikiran dan membawanya kembali ke tubuh.

Latihan-latihan di bawah ini bisa membantu Anda lebih mindful dalam menjalani kehidupan sehari-hari, membantu meredakan kecemasan dan tentunya menenangkan pikiran serta jiwa.

Bulatkan Niat

bulatkan niat

Ada alasan mengapa seorang guru yoga meminta muridnya untuk menetapkan niat sebelum melakukan latihannya, begitupun dengan keseharian Anda, Anda bisa menetapkan niat sebelum melakukan sesuatu di tiap harinya, bisa di saat menulis jurnal, bisa membantu Anda untuk fokus dan mengingatkan mengapa Anda melakukan hal tersebut.

Jika ada sesuatu yang membuat Anda cemas, seperti akan memberikan pidato di tempat kerja, tentukan niat itu.

Lakukan Meditasi Mindfulness Yang di Pandu

latihan mindfulness

Meditasi sangat mudah dilakukan, hanya di butuhkan sebuah ruang yang tidak besar dan sebuah aplikasi dari smartphone Anda, aplikasi tentang meditasi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin baru memulainya tanpa harus keluar biaya besar mengikuti kelas-kelas resmi.

Banyak meditasi gratis yang di pandu dari online, aplikasi-aplikasi meditasi ini sangat bagus untuk Anda memulai.

Mencorat-coret, Menggambar Atau Mewarnai

doodling

Luangkan waktu beberapa menit untuk mencorat-coret di kertas, hal ini bisa memberikan Anda tenaga pendorong untuk kreativitas yang lain dan sebagai media untuk pikiran Anda beristirahat.

Apakah menggambar bisa membuat kita stress? Cobalah berinvestasi pada buku-buku mewarnai untuk dewasa atau tidak bukanlah masalah, Anda akan memiliki banyak kegembiraan baru saat menyelesaikan buku mewarnai tersebut.

Pergi Berjalan Kaki

berjalan kaki

Berada diluar memang dapat menimbulkan kecemasan, coba perhatikan suara-suara di sekitar Anda, sensasi dikulit saat angin menerpa dan aroma ataupun bau di sekitar Anda.

Simpan smartphone di saku, dan lakukan yang terbaik untuk tetap menikmati momen dengan melibatkan dan fokus pada indera-indera serta lingkungan Anda, juga perhatikan perasaan yang ditimbulkan.

Berharap Orang Lain Bahagia

latihan mindfulness

Anda hanya perlu waktu 10 detik untuk melakukan latihan ini, latihan ini juga dilakukan oleh Chade Meng Tan, seorang penulis dan salah satu perintis Google, Sepanjang hari secara acak coba berharap untuk kebahagiaan orang lain.

Latihan ini ada di kepala Anda, tidak perlu memeberitahu yang bersangkutan, Anda hanya perlu mengatur energi positif yang ada, cobalah latihan ini dalam perjalanan, di kantor, di gym atau saat sedang mengantri sesuatu.

Lebih hebat lagi jika Anda merasa terganggu dan kesal pada seseorang dan kamu berhenti sejenak dan secara mental di pikiran Anda jusru berharap orang tersebut mendapat kebahagiaan.

Lihatlah Ke Atas

lihat ke atas

Berhenti sejenak dari perjalanan Anda dan lihatlah ke atas langit, biarkan kosmos mengingatkan Anda bahwa hidup lebih besar daripada kekhawatiran terhadap sesuatu atau hanya sekedar indox dan jumlah like pada sosmed Anda.

Buat Minuman Yang Di Seduh

latihan mindfulness

Membuat secangkir teh adalah sebuah praktik yang sanga berharga di banyak budaya di seluruh dunia, Anda bisa latihan untuk menjadi mindful disini, coba praktik dan fokus pada setiap langkah pembuatannya.

Rasakan aroma daun teh, perhatikan air panas pada saat Anda menyeduhnya, perhatikan dan rasakan uap air yang keluar saat menyeduhnya, rasakan juga panas cangkir di tangan Anda, jangan lupa cicipi teh dengan mindful dan tanpa gangguan.

Tidak suka teh? Anda dapat dengan mudah melakukan latihan ini dengan berbagai jenis minuman seduh lainnya, seperti kopi, susu atau hal lainnya.

Fokus Pada Satu Hal Di Satu Waktu

fokus tanpa gangguan

Daftar tugas ( To do list ) bisa menjadi bentuk dari mindfulness jika Anda melakukannya dengan benar, atur timer selama 5 menit dan berikan satu tugas fokus dan perhatian penu tanpa terbagi.

Tidak memeriksa smartphone, tidak mengecek notifikasi, tidak internetan tanpa sama sekali kegiatan multitasking, biarkan tiap tugas menjadi penguasa panggung hingga timer selesai.

Tinggalkan Handphone Anda

latihan mindfulness

Apakah perlu selalu membawa handphone saat berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya? ke kamar mandi? saat makan? Cukup tinggalkan handphone Anda di ruangan lain.

Alih-alih mengkhawatirkan apa yang ada di handphone Anda, duduk, bernafas sebelum memulai makan dan nikmati, luangkan waktu sejenak untuk kebutuhan Anda di kamar mandi, handphone Anda akan tetap ada di tempatnya ketika Anda selesai.

Rubah Pekerjaan Rumah Tangga Menjadi Sebuah Mental Break

mencuci piring

Daripada stres memikirkan tugas atau kekacauan yang ada, biarkan diri Anda santai, menarilah saat mencuci piring, perhatikan sabun mengalir hingga lantai pada saat Anda mandi, latihan bernafas secara perlahan saat menunggu microwave selesai ataupun bermimpi di siang bolong saat melipat pakaian.

Menulis Jurnal

menulis jurnal

Tidak ada cara yang benar atau salah dalam menulis sebuah jurnal, Anda bebas menulis apa saja tanpa takut tata bahasa yang salah, coba tulis jurnal tentang rasa syukur atau catat hal-hal yang terbaik yang terjadi pada hari ini.

Jeda di Lampu Merah

lampu merah

Saat Anda terjebak kemacetan di lampu lalulintas, daripada bingung dan gelisah atau merasa takut terlambat sampai di tempat kerja, bawa fokus Anda ke dalam setiap lampu merah yang Anda lewati.

sambil menunggu lampu merah, duduk tegak dan ambil empat nafas yang dalam dan perlahan, latihan ini kedengarannya mudah apalagi saat tidak terburu-uru, teapi manfaat yang sebenarnya akan Anda rasakan saat kecemasan datang dan stres mulai menggelayuti diri, Anda sudah siap untuk itu.

Logout Dari Semua Akun Media Sosial Anda

media sosial

Meskipun media sosial memiliki banyak kegunaan, media sosial juga sangat berkontribusi pada kecemasan dan mengganggu produktivitas Anda.

Anda akan terkejut dngan fakta seberapa sering Anda memeriksa akun media sosial tanpa berpikir atau sudah jadi kebiasaan, so .. keluarlah.

Saat Anda benar-benar ingin menggunakan media sosial kembali, Anda bisa login, namun tetapkan batas waktu, dengan begitu Anda tidak akan ketinggalan dengan rekan sekantor Anda hanya karena sibuk di media sosial.

Kesimpulan

latihan mindfulness

Berusaha keras untuk selalu mindful di setiap saat juga dapat menambah kecemasan dan stres, ketahui kapan saja Anda perlu sedikit rileks dan biarkan pikiran berkelana kemanapun ia ingin pergi, menonton netflix bersama dengan keluarga atau teman juga memiliki tempat dalam latihan mindfulness Anda, begitu juga dengan tidak melakukan apapun.

Referensi

Baca Juga Artikel Mindfulness Lainnya