Law of Attraction

Apa itu Law of Attraction?

Law of attraction atau hukum tarik-menarik adalah sebuah filosofi yang menyatakan bahwa pikiran-pikiran positif akan membawa hasil yang positif ke dalam kehidupan seseorang, sebaliknya, berbagai pikiran yang negati akan membawa hasil yang negatif.

Hal ini didasarkan pada suatu keyakinan bahwa pikiran adalah sebuah bentuk energi dan karena itu energi yang positif akan menarik keberhasilan di semua aspek kehidupan, termasuk kesehatan, keuangan dan hubungan.

Sementara hukum ketertarikan ini telah menarik perhatian banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, karena munculnya berbagai buku seperti “The Secret“.

Law of Attraction belum memiliki pembuktian secara ilmiah dan pada umumnya dipandang sebagai pseudosains.

Beberapa Contoh dari Law of Attraction

hukum tarik-menarik

Para pendukung dan pemercaya dari hukum ini menyarankan adanya prinsip-prinsip universal atau utama yang membentuk hukum tarik-menarik.

Suka menarik suka. Hukum ini menunjukkan bahwa berbagai hal yang serupa akan tertarik satu sama lain, hal ini berarti bahwa orang akan cenderung menarik orang lainnya yang mirip dengan dirinya, tetapi ini juga menunjukkan bahwa pikiran orang cenderung menarik hasil yang serupa, berpikir negatif diyakini dapat menarik pengalaman yang negatif, sedangkan berpikir positif diyakini menghasilkan pengalaman yang positif dan memuaskan.

Alam membenci suatu kekosongan. Law of Atrraction ini menunjukkan bahwa menghilangkan berbagai hal negatif dari hidup Anda dapat memberi ruang bagi hal-hal yang lebih positif untuk menggantikannya, hal ini didasarkan pada gagasan bahwa tidak mungkin untuk memiliki ruang yang benar-benar kosong di dalam pikiran dan hidup Anda, karena sesuatu akan selalu mengisi ruang ini, penting untuk selalu mengisi ruang itu dengan hal-hal yang positif.

Saat ini selalu sempurna. Hukum ini sellau berfokus pada gagasan bahwa selalu ada hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat meningkatkan saat ini, meskipun kita selalu merasa saat ini entah bagaimana selalu terasa cacat atau tidak sempurna, hukum ini mengusulkan bahwa daripada merasa takut atau tidak bahagia, Anda harus memfokuskan energi Anda untuk menemukan cara untuk membuat saat ini menjadi saat yang terbaik.

Cara Berlatih Law of Attraction

Law of Attraction

Menurut Law of Attraction, Anda menciptakan realitas Anda sendiri, apa yang Anda fokuskan adalah apa yang Anda tarik ke dalam hidup Anda, hal ini menunjukkan bahwa apa yang Anda yakini akan terjadi di dalam hidup Anda adalah apa yang akan kemudian terjadi.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memasukkan hukum tarik-menarik ke dalam hidup Anda sendiri, diantaranya :

  • Bersyukur.
  • Visualisasikan tujuan Anda.
  • Carilah hal-hal positif dalam setiap situasi.
  • Pelajari cara mengidentifikasi pemikiran negatif.
  • Gunakan afirmasi positif.
  • Membingkai ulang peristiwa negatif dengan cara yang lebih positif.

Meskipun hukum tarik-menarik ini mungkin bukan sebuah solusi langsung untuk semua tantangan dalam kehidupan, hal ini dapat membantu Anda untuk belajar menumbuhkan suatu pandangan hidup yang lebih optimis, juga dapat membantu Anda tetap termotivasi untuk terus bekerja keras mengejar tujuan Anda.

Dampak Dari Law of Attraction

spiritual

Sementara hukum tarik-menarik ini tidak memiliki dukungan secara ilmiah, para pendukung hukum ini menyarankan bahwa hal itu dapat membawa berbagai perubahan positif dalam kehidupan seseorang, beberapa alasan mengapa banyak orang dapat merasakan berbagai manfaat dari filosofi ini, antara lain :

Efek Spiritual

Hukum tarik-menarik ini dapat membuahkan hasil karena hampir dipastikan akan menyentuh spiritualitas seseorang, spiritualitas itu sendiri terhubung dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan tingkat stres, kesehatan yang lebih baik, depresi yang lebih rendah dan kesejahteraan yang lebih baik secara keseluruhan.

Banyak orang percaya bahwa filosofi ini bekerja dengan menyelaraskan Tuhan atau alam semesta dengan keinginan kita, gagasan ini menunjukkan bahwa semua orang terbuat dari energi dan energi ini beroperasi pada frekuensi yang berbeda-beda, karena itu, sangat penting untuk mengubah energi dengan pikiran yang positif, terutama rasa syukur atas apa yang sudah kita miliki.

Dengan menggunakan berbagai pikiran dan perasaan yang positif serta berfokus pada impian kita daripada berfokus pada rasa frustrasi kita, kita dapat mengubah frekuensi dari energi kita dan hukum tarik-menarik akan membawa hal-hal yang positif ke dalam hidup kita.

Apa yang kita tarik bergantung pada dimana dan bagaimana kita memusatkan perhatian kita, tetapi kita juga harus percaya bahwa itu sudah menjadi miliki kita atau akan segera menjadi milik kita.

Kesejahteraan yang Lebih Baik

Memanfaatkan law of attraction juga dapat membawa berbagai dampak positif pada kesejahteraan mental.

Dengan berfokus pada suatu pencapat realitas yang baru dan percaya bahwa itu mungkin untuk terjadi, kita cenderung berani untuk mengambil lebih banyak resiko, melihat lebih banyak peluang dan membuka diri terhadap berbagai kemungkinan baru.

Sebaliknya, ketika kita tidak percaya bahwa sesuatu menjadi mungkin bagi kita, kita akan cenderung membiarkan berbagai peluang berlalu begitu saja tanpa disadari.

Ketika kita percaya bahwa kita tidak pantas mendapatkan hal-hal baik, kita akan berperilaku dengan berbagai cara yang dapat menyabotase peluang-peluang kebahagiaan kita.

Dengan mengubah self-talk dan perasaan kita terhadap kehidupan, kita dapat membalikkan pola-pola negatif dalam hidup dan menciptakan yang lebih positif, produktif dan sehat.

Terdapat suatu penelitian tentang optimisme menunjukkan bahwa orang-orang yang optimis memiliki kesehatan yang lebih baik, kebahagiaan yang lebih besar dan memperoleh lebih banyak kesuksesan di dalam kehidupan.

salah satu dasar dari banyak jenis terapi adalah melakukan perubahan pada self-talk dapat mengubah hidup Anda ke arah yang lebih positif.

Cognitive-behavioral therapy atau Terapi perilaku kognitif, sebuah pengobatan yang banyak digunakan dan efektif untuk banyak kondisi, hal ini didasarkan pada gagasan bahwa dengan mengubah dan mengidentifikasi berbagai pikiran uang negatif secara otomatis dapat menghasilkan efek positif dan membantu orang mencapai kesejahteraan mental yang lebih baik.

Tips dan Trik

Law of Attraction

Terdapat beberapa latihan yang dapat membantu Anda belajar menerapkan hukum tarik-menarik ini ke dalam kehidupan Anda sendiri, diantaranya adalah :

Jurnal. Menuliskan berbagai isi pikiran Anda dapat membantu Anda belajar menjadi lebih baik untuk mengenali pola-pola pikir dari kebiasaan Anda untuk tujuan mengetahui apakah Anda cenderung ke arah yang lebih optimis atau pesimis dan menjadi terampil dalam mengubah berbagai pola pikir negatif.

Buat sebuah papan mood. Buatlah sebuah pengingat visual yang dapat membantuk Anda dalam mempertahankan sebuah pola pikir yang positif, tetap termotivasi dan fokus pada tujuan-tujuan Anda.

Latihan penerimaan. Alih-alih berfokus pada apa yang salah tentang saat ini atau apa apa yang perlu diubah, berusahalah untuk menerima gal-hal dengan apa adanya, ini bukan berarti bahwa Anda tidak akan terus berusaha untuk masa depan yang lebih baik, ini hanya berarti bahwa Anda tidak akan terjebak dengan menjadi berharap hal-hal yang terjadi pada saat ini akan menjadi berbeda.

Berlatih self-talk yang positif. Jika Anda bersusah payah dan merasa kesulitan untuk tidak menjadi terlalu kritis terhadap diri sendiri, tetapkan sebuah tujuan untuk terlibat di dalam self-talk yang positif setiap harinya, seiring berjalannya waktu, hal ini mungkin akan datang dengan jauh lebih mudah dan Anda mungkin bakal menemukan bahwa lebih sulit untuk mempertahankan pola pikir yang negatif.

Potensi Jebakan dari Law of Attraction

positive people

Satu masalah dengan buku-buku seperti The Secret serta dengan berbagai interpretasi orang tentang Law of Attraction menunjukkan keyakinan bahwa hal-hal baik akan datang kepada kita yang akan membawa kita semua mencapai semua yang kita inginkan, tanpa perlu tindakan apa pun dibalik kepercayaan tersebut.

Ini adalah sudut pandang optimis yang mendorong perilaku proaktif yang pada gilirannya akan membawa para pelaku mendapatkan hasil yang besar di dalam kehidupan mereka.

Orang-orang yang optimis tidak menerima manfaat dari sikap mereka sendiri, perilaku yang diilhami oleh sikap itulah yang akan menciptakan berbagai perubahan yang nyata.

Agar keyakinan ini dapat mempengaruhi perilaku kita, penting untuk juga memiliki hal-hal seperti :

  • Gol atau target.
  • Fokus.
  • Komitmen.
  • Motivasi.
  • Timeline.
  • Tantangan.
  • Dukung.

Berbagai kritik terhadap buku-buku seperti “The Secret” tentang hukum tarik-menarik juga menunjukkan suatu keprihatinan yang sangat nyata bahwa orang mungkin akan mulai menyalahkan diri mereka sendiri atas semua peristiwa negatif yang sebenarnya berada di luar kendali mereka, seperti kecelakaan atau cedera, PHK karena situasi ekonomi atau penyakit berbahaya.

Kita tidak dapat selalu mampu mengendalilan keadaan kita, tetapi kita dapat mengedalikan respon atau tanggapan kita terhadapnya, hukum tarik-menarik dapat memberikan optimisme dan sikap proaktif yang terkait dengan ketahanan dalam berbagai situasi sulit, tetapi hukum ini tidak boleh digunakan sebagai sebuah alat untuk menyalahkan diri sendiri.

Sejarah Law of Attraction

sejarah Law of Attraction

Sementara Law of Attraction atau hukum tarik-menarik telah menerima perhatian dalam beberapa tahun terakhir, konsep ini tidak sepenuhnya baru.

Ide dari hukum ini memiliki beberapa akar filosofis yang berasal dari suatu pendekatan pada awal abad ke-19 yang dikenal sebagai “New Thought” atau pemiliran baru.

Ada kebangkitan minat terhadap ide tersebut selama abad ke-20, terutama ketika rilis film “The Secret” di tahun 2006 yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah buku best seller dengan judul yang sama dan disusul sekuelnya di tahun 2010 yang berjudul “The Power”.

Referensi