Manfaat Mindful Eating

makan secara sadar

Zaman sekarang banyak dan berlimpahnya jenis makanan yang menggoda lidah kita, namun di atas itu semua, saat ini banyak sekali gangguan-gangguan yang mengalihkan kesadaran dan perhatian kita pada makanan kepada televisi, komputer dan semartphone.

Makan telah menjadi sebuah tindakan tanpa perlu berpikir, sering kali dilakukan dengan cepat tanpa sadar, hal ini merupakan masalah, karena otak kita membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk menyadari bahwa kita kenyang.

Bayangkan jika Anda makan terlalu cepat, sinyal kepenuhan pada perut mugkin tidak akan sampai ke otak sampai Anda sudah terlanjur makan terlalu banyak, hal ini lumrah terjadi pada suatu pesta makan atau pesta pernikahan.

Dengan mindful eating Anda mengembalikan perhatian dan mulai melambatkan kecepatan makan Anda, membuat makan yang Anda lakukan adalah suatu tindakan yang di sengaja dan disadari bukannya otomatis.

Dan juga dengan meningkatkan pengenalan Anda pada kelaparan secara fisik dan tanda kekenyangan, Anda nantinya akan dapat membedakan antara kelaparan yang sesungguhnya atau hanya perasaan dan emosi semata.

Selain itu Anda juga dapat meningkatkan kesadaran Anda terhadap hal-hal yang menjadi pemicu Anda ingin makan disaat Anda sebenarnya belum lapar, dengan mengetahui pemicu seperti ini, Anda mendapatkan sebuah ruang jeda antara pemicu dan respon diri, memberikan waktu dan kebebasan untuk memilih bagaimana untuk bereaksi.

Mindful Eating Dan Penurunan Berat Badan

makan secara sadar

Seperti kita ketahui diluar sana, banyak program diet gagal untuk bertahan dalam jangka panjang, pada sebuah penelitian sekitar 85% penderita obesitas telah berhasil menurunkan berat badan namun akhirnya semua berat badan kembali seperti awalnya atau bahkan melampaui berat sewaktu memulai.

Pesta yang penuh makanan, emotional eating dan makan hanya karena keinginan telah terkait erat dengan kenaikan berat badan dan pengembalian berat badan setelah kesuksesan program diet.

Paparan yang parah terhadap stres juga memiliki peran besar pada pola makan yang berlebih dan pemicu obesitas, sebagian besar penelitian setuju bahwa pola makan secara sadar akan membantu menurunkan berat badan dengan mengubah perilaku makan dan dengan cara mengurangi stres.

Sebuah seminar tentan mindful eating selama 6 minggu yang diikuti para peserta yang diantaranya adalah peserta dengan obesitas, para peserta dengan obesitas menghasilkan penurunan berat badan rata-rata sebanyak 4kg pada saat seminar berlangsung.

Pada 6 bulan berikutnya, para peserta tadi menghasilkan penurunan berat badan tambahan sebanyak 12kg, tanpa pengembalian berat badan dalam waktu 3 bulan berikutnya.

Dengan merubah cara Anda berpikir tentang makanan, perasaan negatif yang terkait dengan makanan diganti dengan kesadaran, kontrol diri yang lebih baik dan emosi yang positif, ketika perilaku makan yang tidak diinginkan segera ditangani, maka peluang Anda untuk sukses menurunkan berat badan untuk jangka panjang akan semakin besar.

Mindful Eating Dan Perilaku Makan Berlebih

makan secara sadar

Pesta pernikahan, ulang tahun atau perayaan apapun yang melibatkan makanan dalam jumlah besar dalam waktu singkat, tanpa berpikir dan tanpa kendali, telah terkait dengan gangguan makan dan kenaikan berat badan.

Satu studi lainnya menunjukkan bahwa hampir 70% orang dengan gangguan seperti pesta diatas mengalami obesitas, dengan mindful eating Anda dapat secara drastis mengurangi dampak negatif dari berbagai acara pesta yang di penuhi dengan makanan.

Salah satu studi penelitian juga menemukan sebuah group intervensi pada para wanita penderita obesitas selama 6 minggu, frekuensi mengikuti pesta makan menurun dari 4 kali menjadi 1,5 kali per minggu, dampak dari tiap pesta makan juga menurun drastis.

Mindful Eating Dan Perilaku Makan Tidak Sehat

makan secara sadar

Selain menjadi pengobatan yang efektif untuk perilaku di pesta makan, metode makan secara sadar juga telah terbukti mengurangi :

  • Emotional Eating. ini adalah perilaku makan atas respon dari sebuah keadaan emosi.
  • External Eating. Perilaku makan ini muncul atas respon dari lingkungan sekitar, seperti penglihatan dan penciuman terhadap makanan.

Perilaku makan yang tidak sehat seperti diatas adalah masalah paling umum yang dilaporkan pada para penderita obesitas.

Makan dengan sadar memberi Anda keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi impuls-impuls ini, menempatkan Anda pada posisi yang bertanggung jawab penuh atas respon Anda bukan atas keingingan dan insting Anda.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Berlatih