28 Manfaat Bersyukur Berdasarkan Riset & Penelitian

manfaat bersyukur

Sebelumnya kami telah memposting artikel tentang penjelasan dan arti dari bersyukur, kini kami coba membahas secaara detail manfaat dari praktik bersyukur agar kita dapat memulai kebiasaa yang sangat positif ini sesegera mungkin.

Demi memberi informasi kepada para pembaca tentang bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dari mempraktikkan rasa syukur, berikut juga kami sampaikan temuan-temuan dari berbagai penelitian yang akan lebih meyakinkan Anda akan dahsyatnya ,manfaat dari rasa syukur.

28 Manfaat Bersyukur

manfaat bersyukur

Manfaat dari bersyukur dapat dibagi ke dalam lima grup :

  • Manfaat emosional
  • Manfaat sosial
  • Manfaat untuk kepribadian
  • Manfaat dalam karir
  • Manfaat untuk kesehatan

Ada banyak sekali manfaat dari rasa syukur ini, tapi beberapa kategori ini sudah mencakup sebagian besar diantaranya.

Manfaat Bersyukur Secara Emosional

Dengan berlatih bersyukur telah terbukti dapat berdampak pada emosi diri dan emosi kesehatan, bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa dengan memiliki “sikap syukur” secara rutin dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

1. Membuat Kita Lebih Bahagia

manfaat bersyukur

Cukup dengan membuat jurnal selama lima menit tiap harinya tentang hal-hal yang kita syukuri dapat meningkatkan kebahagiaan dalam jangka panjang hingga lebih dari 10%! Ternyata dengan memperhatikan apa saja yang sudah kita miliki dapat membuat kita merasa lebih positif tentang kehidupan kita sendiri, hal ini sangat sederhana dan masuk akal :

Mereka yang hanya memperhatikan hal baik dalam hidup mereka dan bukan hal yang buruk lebih cenderung merasa positif tentang kehidupan mereka.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Biologis

sejahtera

Peneliti Chih-Che Lin (2017) telah menemukan bahwa bahkan ketika digunakan untuk tujuan mengontrol kepribadian, tingkat rasa syukur dan terima kasih yang tinggi akan memiliki dampak positif yang kuat pada kesejahteraan psikologis, harga diri dan depresi.

Pada dasarnya, ini berarti kita dapat menuai manfaat terbaik dari rasa syukur dengan mewujudkan rasa syukur itu sendiri dan sungguh-sungguh menjalani kehidupan yang dipenuhi dengan rasa syukur, suatu kondisi yang bisa kita capai dengan praktik rutin dan komitmen.

3. Meningkatkan Emosi Positif

manfaat bersyukur

Penelitian telah menunjukkan bahwa rasa syukur dapat mengurangi rasa iri, memfasilitasi emosi positif dan dapat membuat kita lebih tekun dalam melakukan sesuatu, lagi pula, jika kita dapat terus bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki, hal apalagi yang dapat membuat kita iri?

4. Meningkatkan Self-esteem (Harga Diri)

self esteem

Para peserta penelitian yang mengikuti program kontemplasi rasa syukur telah melaporkan bahwa kepuasan hidup dan rasa harga diri yang mereka miliki meningkat jaug, dan hasil ini lebih besar dari apa yang didapat oleh kelompok control (pengendali), rasa syukur dan terima kasih dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang kondisi dan keadaan Anda yang dapat menyebabkan diri Anda sendiri juga merasa lebih baik.

5. Jauhkan Pikiran, Keinginan dan Upaya Bunuh Diri

bunuh diri

Sebuah studi tentang dampak rasa syukur terhadap depresi, koping dan bunuh diri menunjukkan bahwa rasa syukur adalah sebuah faktor protektif yang melindungi diri ketika ide bunuh diri datang kepada individu yang memiliki stres atau depresi, menigkatkan praktik rasa syukur dan terima kasih dapat melindungi diri kita ketika sedang berada dalam posisi yang lemah.

Manfaat Bersyukur Pada Kehidupan Sosial

manfaat bersyukur

Kita telah mengetahui bahwa bersyukur dapat membuat kita lebih seimbang secara emosional, lebih bahagia dan lebih positif, maka sangat masuk akal semua dampak yang baik ini juga dapat memiliki manfaat ke dalam kehidupan sosial, lagi pula, bukankah kita juga nyaman dengan berada di dekat orang yang sehat, menyenangkan dan juga selalu bahagia?

Manfaat bersyukur pada kehidupan sosial adalah :

6. Membuat Orang Menyukai Diri Kita

manfaat bersyukur

Mereka yang lebih bersyukur, pada umumnya akan memiliki akses ke jejaring sosial yang lebih luas, lebih banyak teman dan hubungan yang lebih baik, hal ini sangat mungkin dikarenakan efek dari rasa syukur yang berpengaruh kepada tingkat kepercayaan, sosial dan rasa apresiasi kita terhadap orang lain.

7. Meningkatkan Kualitas Hubungan Romantis Kita

hubungan romantis

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bukti yang menyatakan bahwa rasa syukur dan terima kasih kepada orang yang kita cintai dapat meningkatkan kualitas pada hubungan, hal ini menunjukkan rasa syukur dan terima kasih kita kepada orang yang dicintai merupakan cara yang tepat untuk membuat mereka merasa lebih baik dan secara keseluruhan akan membuat hubungan Anda menjadi lebih baik juga.

8. Meningkatkan Persahabatan

persahabatan

Serupa dengan dampak rasa syukur pada sbuah hubungan, menggunakan rasa syukur dan terima kasih kepada teman-teman kita dapat meningkatkan rasa persahabatan kita, mereka yang menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada teman-teman lebih mungkin dapat mengatasi masalah dan kendala dengan teman-teman mereka dan memiliki perspektif yang lebih positif juga terhadap teman-teman mereka.

9. Meningkatkan Dukungan Sosial

manfaat bersyukur

Mereka yang lebih banyak bersyukur akan memiliki akses ke lebih banyak dukungan sosial, studi yang sama yang mengkonfirmasi temuan ini melaporkan bahwa rasa syukur yang tinggi mengarah pada tingkat stres dan depresi yang lebih rendah, hal ini menunjukkan bahwa rasa syukur dan terima kasih tidak hanya membantu Anda untuk mendapatkan dukungan sosial yang Anda butuhkan tetapi juga mengurangi kebutuhan akan sebuah dukungan sosial pada pilihan pertama.

10. Memperkuat Hubungan Keluarga di Waktu Yang Penuh dengan Tekanan

manfaat bersyukur

Rasa syukur telah ditemukan dapat melindungi anak-anak dari orang tua yang memiliki gangguan kecemasan dan depresi, bertindak sebagai sebuah penyangga atau penopang terhadap gejala internal, anak-anak remaja dan usia dewasa yang masih muda dapat menemukan hal-hal positif dalam kehidupan mereka serta dapat lebih mudah menghadapi situasi sulit seperti sebuah penyakit serius yang dialami anggota keluarga.

Manfaat Bersyukur Pada Kepribadian

Selain dari manfaat bersyukur pada kehidupan sosial dan emosional, praktik rutin dan melakukan “sikap syukur” secara umum bahkan dapat mempengaruhi kepribadian yang Anda miliki.

Berikut manfaat bersyukur yang berpengaruh pada kepribadian Anda :

11. Membuat Kita Lebih Optimis

optimis

Dengan menunjukkan rasa syukur dan terima kasih tidak hanya membantu orang lain merasa lebih positif tetapi juga dapat membuat kita berpikir lebih positif, membuat jurnal rasa syukur dan terima kasih secara teratur telah terbukti meningkatkan rasa optimis dalam diri sebanyak 5% hingga 15%, hal ini memiliki arti bahwa semakin kita berpikir atau memikirkan tentang apa yang bisa kita syukuri membuat kita semakin merasa bersyukur.

12. Meningkatkan Spritualisme

spiritualisme

Jika Anda merasa terlalu duniawi atau merasa tersesat atau hilang secara spiritual, dengan berlatih bersyukur bisa membantu Anda keluar dari ketersesatan spiritual, semakin spiritual diri Anda semakin besar kemungkinan Anda untuk selalu bersyukur begitupun pula sebaliknya.

13. Dapat Membuat Kita Lebih Banyak Memberi

memberi

Manfaat dari bersyukur yang memiliki dampak untuk diri sendiri dan orang lain yaitu dapat mengurangi sifat egois kita, bukti telah menunjukkan bahwa dengan menugaskan para partisipan untuk bersyukur atau berterima kasih mebuat mereka lebih mungkin untuk berbagi dengan orang lain, bahkan dengan mengeluarkan biaya sendiri walaupun jika penerima adalah orang yang tidak dikenalnya.

14. Mengurangi Ketertarikan Pada Materialisme

materialistis

Tidak mengherankan, mereka yang sering bersyukur juga cenderung menjadi seorang yang kurang materialistis, kemungkinan karena orang yang selalu menghargai pada apa yang sudah mereka miliki cenderung menjadi kurang tertarik untuk lebih mendapatkan atau memiliki sesuatu, mungkin tidak mengejutkan juga mengetahui bahwa mereka yang selalu bersyukur dan kurang materialistis dapat menikmati kepuasan hidup yang lebih besar.

15. Menigkatkan Optimisme

optimis

Sebuah studi tentang efek syukur terhadap efektifitas yang positif dan opitimisme menemukan bahwa intervensi rasa syukur dapat menghasilkan kecenderungan untuk mengarahkan pada hal-hal yang positif dan peningkatan pada kapasitas kebahagiaan serta pada optimisme seseorang.

Manfaat Bersyukur Pada Karir

Rasa syukur dan terima kasih di tempat kerja telah terbukti dapat memberi banyak manfaat baik bagi pengusaha/pemilik usaha atau bagi karyawan, sudah tentu banyak sekali manfaat sosial, emosional dan kepribadian dari kegiatan bersyukur yang di praktikkan secara rutin dan teratur dapat mempengaruhi kehidupan kerja juga, tetapi beberapa efek terlihat terutama pada keseharian di tempat kerja atau dalam pekerjaan.

Manfaat bersyukur di tempat kerja diantaranya :

16. Menjadikan Seorang Manajer Menjadi Lebih Efektif

manajer yang baik

Penelitian terhadap rasa syukur telah menunjukkan bahwa dngan mempraktikkan rasa syukur dan terima kasih dapat meningkatkan kemampuan manajerial Anda, meningkatkan kemampuan untuk memberikan pujian dan sebagai motivator serta panduan bagi karyawan yang Anda kelola.

17. Mengurangi Rasa Tidak Sabar dan Meningkatkan Kemampuan Dalam Pengambilan Keputusan

sabar

Mereka yang lebih sering bersyukur dibandingkan dengan orang lainnya memiliki kecenderungan lebih sabar dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan ekonomi, mengarah ke suatu keputusan yang lebih baik dan lebih bersifat keputusan untuk jangka panjang.

Seperti yang kita ketahui pekerjaan yang penuh dengan tekanan akan mendorong untuk mengambil keputusan yang memeberi kepuasan pada dorongan jangka pendek yang biasanya jarang memberikan kinerja yang positif.

18. Membantu Menemukan Makna Pada Pekerjaan Kita

manfaat bersyukur

Orang yang dapat menemukan makna dan tujuan pada pekerjaan yang mereka jalani seringkali akan menjadi orang yang lebih efektif dan lebih merasa selalu terpenuhi di sepanjang perjalanan karir mereka.

Rasa syukur merupakan salah satu faktor yang dapat membantu orang untuk menemukan makna dalam pekerjaan mereka.

19. Berkontribusi Pada Berkurangnya Turnover

turn over karyawan

Penelitian telah menunjukkan bahwa rasa syukur dan terima kasih ditempat kerja dapat membantu karyawan merasa lebih terikat pada organisasi atau tempat kerja mereka, lebih disambut dan dihargai, ini sangat penting pada tahap awal karir ketika seorang karyawan baru yang masih berusaha menemukan jalan cenderung sering tidak dihargai oleh rekan-rekan mereka yang lebih tua atau lebih senior.

20. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Mengurangi Stress Yang Berhubungan Dengan Pekerjaan

manfaat bersyukur

Menggunakan rasa syukur di tempat kerja dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental, stres dan turnover karyawan, dalam suatu pemeriksaan yang teliti tentang efek rasa syukur pada tingkat stres dan gejala depresi terhadap staf rumah sakit, para peneliti mendapati bahwa para partisipan yang ditempatkan di kelompok yang mempraktikkan rasa syukur memiliki lebih sedikit stres dan gejala depresi, menemukan hal-hal yang bisa dan harus disyukuri di tempat kerja atau dalam pekerjaan yang penuh dengan tekanan dapat membantu melindungi para staf dari efek samping yang negatif dari pekerjaan mereka.

Manfaat Bersyukur Untuk Kesehatan Fisik

Selain dapat membantu menyeimbangkan emosi, meningkatkan hubungan, dan meningkatkan karir Anda, juga terdapat banyak bukti bahwa dengan berlatih bersyukur dapat meningkatkan kesehatan fisik Anda.

Dibawah ini beberapa contoh manfaat bersyukur bagi kesehatan fisik Anda :

21. Mengurangi Gejala Depresi

depresi

Sebuah studi pada rasa syukur dan terima kasih menunjukkan bahwa para partisipan mengalami pengurangan gejala depresi sebanyak 35% selama beberapa minggu, sementara bagi mereka yang melakukan penulisan jurnal rasa syukur melaporkan hasil yang serupa selama kegiatan jurnal terus berlanjut, ini adalah sebuah temuan yang luar biasa yang menunjukkan bahwa sebuah jurnal rasa syukur dapat menjadi suplemen efektif untuk pengobatan depresi.

22. Mengurangi Tekanan Darah

mengurangi tekanan darah

Pasien dengan penyakit hipertensi yang melakukan kegiatan “menghitung berkah mereka” setidaknya seminggu sekali mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan, menghasilkan kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik, ingin jantung sehat? Mulai hitung semua berkah yang telah Anda miliki.

23. Memperbaiki Kualitas Tidur

manfaat bersyukur

Intervensi raya syukur selama dua minggu kepada para peserta sebuah penelitian mendapati bahwa hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi tekanan darah mereka yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan secara menyeluruh, jika Anda kesulitan tidur atau hanya sekedar bangun dan merasakan lelah, cobalah berlatih dengan jurnal rasa syukur sebelum tidur, hal ini dapat membuat pagi Anda menjadi terasa hebat.

24. Meningkatkan Frekuensi Olahraga

manfaat bersyukur

Benar adanya, dengan bersyukur dapat membantu Anda untuk selalu bugar, wallaupun ini mungkin bukan suatu rencana untuk penurunan berat badan dengan cepat yang efektif, tetapi telah ditunjukkan bahwa para peserta penelitian yang berlatih syukur secara teratur selama 11 minggu memiliki kecenderungan lebih giat berolahraga dibandingkan dengan kelompok pembanding.

25. Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

kesehatan

Bukti telah menunjukkan bahwa dengan semakin bersyukurnya seseorang semakin besar juga kemungkinan untuk dapat menikmati kesehatan fisik yang lebih baik dan juga berdampak pada kesehatan psikologis yang lebih baik, ternyata, orang yang sering bersyukur adalah orang yang sehat!.

Manfaat Bersyukur Pada Penyembuhan

Selain dapat meningkatkan kesehatan fisik, rasa syukur dan terima kasih juga telah diterapkan dalam membantu proses pemulihan pada bebera kondisi dan diagnosis, entah itu pada penyalahgunaan obat-obatan atau sebuah penyakit fisik, rasa syukur mungkin mampu membantu mereka yang menderita untuk dapat mengendalikan hidup mereka dan menjadi sembuh kembali.

Dengan bersyukur dapat membantu proses penyembuhan, seperti :

26. Membantu Penyembuhan Dari Penyalahgunaan Narkoba

narkoba

Para peneliti dan program-program kecanduan bersama-sama telah menyadari bahwa rasa syukur dapat memainkan peran kunci pada pemulihan dari suatu penyalahgunaan narkoba, ini dapat membantu dengan mengembalikan kekuatan dan sumber daya pribadi lainnnya yang dapat digunakan dalam perjalanan mereekan menuju kehidupan yang lebih sehat.

27. Meningkatkan Pemulihan Dari Peristiwa Yang Berkaitan Dengan Kesehatan Koroner

manfaat bersyukur

Sebuah studi dari Harvard Medical School dan Rumah Sakit Umum Massachusetts menemukan bahwa pasien penderita sindrom koroner akut mengalami peningkatan yang lebih besar pada kualitas hidup yang berhubungan langsung pada kesehatan dan pengurangan yang besar pada depresi dan kecemasan ketika mereka menjalani proses pemulihan dengan rasa syukur dan optimisme.

28. Memfasilitasi Pemulihan Bagi Penderita Depresi

manfaat bersyukur

Sebuah studi kasus pada seorang wanita penderita depresi mengungkapkan bahwa dengan mengadopsi ajaran dan praktik Buddhis dengan penekanan kuat pada penggunaan rasa syukur sebagai alat pemulihan dapat membantunya untuk sembuh, banyak juga penelitian lainnya yang menyatakan bahwa teknik dan latihan yang diambil dari ajaran Buddha ini memiliki manfaat besar bagi para penderita depresi.

Referensi

Baca Juga Artikel Happiness Lainnya