38 Manfaat Kesehatan Dari Yoga

manfaat kesehatan dari yoga

Di update pada

Jika Anda sudah menjadi seorang praktisi yoga, mungkin Anda sudah merasakan beberapa manfaatnya, mungkin tidur yang lebih nyenyak, jarang kena masuk angin atau kini tubuh Anda selalu terasa lebih rileks dan lebih santai.

Awalnya banyak yang skeptis tentang manfaat nyata dari berlatih yoga, namun kini banyak ilmuwan barat yang sangat gamblang dan jelas memberikan hasil dari riset-risetnya yang menunjukkan manfaat nyata dari praktik yoga.

Yoga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan, meningkatkan stamina, membantu penyembuhan penyakit dan juga mencegah penyakit, begitu Anda mengetahui dan memahami banyaknya manfaat yang bisa di berikan dari yoga langkah Anda akan semakin ringan dan memiliki motivasi yang lebih untuk segera memulai latihan yoga.

38 Manfaat Kesehatan Dari Yoga Yang Bisa Kamu Dapatkan

Berikut ini beberapa manfaat dari yoga berdasarkan banyak studi penelitian di berbagai belahan dunia, baik dari India maupun dari dunia barat.

1.Meningkatkan Fleksibilitas

tubuh lentur

Fleksibilitas yang meningkat adalah salah satu manfaat yang bisa pertama-tama kali Anda rasakan dan paling jelas terasa peningkatannya, dengan gerakan-gerakan yang dimiliki yoga tubuh Anda akan menjadi lebih lentur.

2. Membangun Kekuatan Otot

kekuatan otot

Otot yang benar-benar kuat lebih baik daripada otot yang hanya terlihat kuat, otot yang kuat dapat melindungi diri dari kondisi penyakit seperti radang sendi dan sakit punggung, dan mencegah jatuh pada orang yang berusia lanjut.

Dengan membangun kekuatan otot bersama yoga Anda juga akan menyeimbangkannya dengan fleksibilitas, berbeda dengan latihan angkat berat di gym, Anda hanya membangun kekuatan dan mengorbankan fleksibilitas.

3. Menyempurnakan Postur Tubuh

meyempurnakan postur tubuh

Kepala Anda seperti bola bowling, besar, bulat dan juga berat, ketika posisi kepala di seimbangkan dengan tulang belakang yang tegak maka lebih sedikit kerja yang di butuhkan oleh otot leher dan punggung Anda.

Namun, seelama ini posisi kepala dan tubuh kita sehari-hari tidaklah selalu dalam posisi yang sempurna seperti itu, seperti saat di depan komputer kepala kita cenderung maju ke depan, bayangkan 8 jam bekerja tiap harinya seperti itu, tidak heran jika leher atau sakit punggung sering menghampiri.

Postur yang buruk dapat menyebabkan punggung, leher, otot-otot dan masalah persendian lainnya, dengan berlatih yoga akan memperbaik postur tubuh dengan maksimal.

4. Memperkuat Tulang Rawan dan Mencegah Kerusakan Sendi

mencegah tulang rusak

Setiap Anda berlatih yoga, Anda selalu melibatkan persendian melalui gerakan-gerakan dan pose yoga, hal ini dapat membantu mencegah penyakit artritis degeneratif.

Tulang rawan seperti spons, ia menerima nutrisi segar hanya ketika cairannya di peras dan dapat menyerap persedian baru, tulang rawan yang terabaikan akhirnya dapat menyebabkan kondisi aus.

5. Melindungi Tulang Belakang

melindungi tulang belakang

Cakram tulang belakang berguna sebagai peredam kejut, dengan melakukan gerakan akan membuat bagian ini selalu mendapatkan nutrisi, gerakan yoga seperti latihan Asana yang seimbang akan membantu menjaga cakram tersebut tetap lentur.

6. Kesehatan Tulang Yang Lebih Baik

kesehatan tulang

Sudah banyak di dokumentasikan dengan baik bahwa latihan menahan beban dapat memperkuat tulang dan membantu mencegah osteoporosis, banyak postir dan gerakan di yoga yang mengharuskan Anda mengangkat dan menahan beban tubuh sendiri.

Didalam sebuah studi yang dilakukan di universitas california, latihan yoga dapat meningkatkan kepadatan tulang belakang, yoga juga dapat menurunkan kadar kortisol ( hormon stres ) yang mungkin dapat membantu menjaga kalsium dalam tulang.

7. Meningkatkan Aliran Darah

aliran darah

Berlatih yoga dapat membuat darah mengalir, khususnya pada latihan relaksasi di yoga dapat membantu sirkulasi darah Anda, terutama di tangan dan kaki, yoga memberikan lebih banyak oksigen pada sel-sel Anda sehingga dapat berfungsi lebih baik.

Pose terbalik seperti Headstand, Handstand dan Shoulderstand akan mendorong darah dari kaki dan panggul mengalir kembali ke jantung, dima darah itu dapat di pompa ke paru-paru dan mendapatkan oksigen baru.

Yoga juga terbukti dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh yang berperan sebagai pembawa oksigen ke seluruh bagian tubuh, juga mengencerkan darah dengan membuat trombosit tidak lengket dengan memotong tingkat protein di darah, hal ini dapat menyebabkan penurunan potensi serangan jantung dan juga stroke, karena pembekuan darah merupakan penyebab utama dari kedua penyakit ini.

8. Getah Bening Dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

getah bening

Ketika Anda meregangkan otot ataupun melakukan kontraksi otot, menggerakkan bagian tubuh dalam yoga, Anda meningkatkan drainase getah bening (cairan bening yang kaya sel-sel kekebalan), ini membantu sistem limfatik melawan infeksi, menghancurkan sel kanker dan membuang limbah beracun dalam tubuh.

9. Meningkatkan Detak Jantung

meningkatkan detak jantung

Ketika Anda secara teratur membawa detak jantung di kisaran aerobik, Anda dapat menurunkan resiko serangan jantung serta meredakan depresi, meskipun tidak semua yoga bersifat aerobik, namun jika Anda melakukannya dengan semangat atau. mengikuti kelas yoga asthanga, Anda juga dapat meningkatkan detak jantung Anda ke kisaran aerobik.

Namun tidak perlu khawatir, latihan yoga yang tidak meningkatkan detak jantung yang tinggi pun dapat meningkatkan kondisi kesehatn kardiovaskular Anda, Studi penelitian menemukan bahwa dengan berlatih yoga dapat menurunkan detak jantung saat kita sedang beristirahat, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen.

10. Menurunkan Tekanan Darah

menurunkan tekanan darah

Yoga sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), terdapat banyak studi yang mendukung manfaat ini, salah satu studinya adalah yang diterbitkan oleh jurnal medis inggris, The Lancet, membandingkan efek dari berlatih Savasana (pose mayat) dengan hanya berbaring di sofa.

Setelah 3 bulan, Savasana memiliki korelasi dengan penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 26 poin (angka atas) dan penurunan tekanan darah diastolik (angka bawah).

11. Mengatur Kelenjar Adrenalin

kelenjar adrenalin

Yoga dapat menurunkan kadar kortisol, biasanya kelenjar adrenal mengeluarkan kortisol sebagai respons terhadap suatu situasi krisis yang akut, pada situasi ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Namun, jika kadar kortisol Anda tetap tinggi walaupun setelah situasi krisis telah berlalu, hal ini malah dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, peningkatan sementara kortisol dapat membantu dengan memori jangka panjang, tetapi tingkat kronis yang tinggi bisa merusak memori dan dapat menyebabkan perubahan yang permanen di otak.

Selain itu, kortisol yang berlebihan berkorelasi erat dengan depresi berat, osteopororsis, tekanan darah tinggi dan resistensi insulin, pada tikus percobaan, kadar kortisol yang tinggi menimbulkan perilaku selalu mencari makan, sama ketika manusia sedang stres, marah atau kesal pelariannya biasanya adalah makanan.

Tubuh mengambil kalori tambahan tersebut dan mendistribusikannya sebagai lemak di beberapa bagian tubuh, berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, resiko diabetes dan serangan jantung.

12. Membuat Lebih Bahagia

lebih bahagia

Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan yoga yang konsisten dapat memperbaiki depresi dan meningkatkan kadar serotonin yang signifikan serta penurunan kadar monoamine oksidase (enzim yang bertugas memecah neurotransmiter) dan kortisol.

Di Universitas Wisconsin, Amerika, Richard Davidson, Ph.D., menemukan bahwa korteks prefrontal sebelah kiri menunjukkan aktivitas yang meningkat pada seorang meditator, sebuah temuan yang berkorelasi terhadap tingkat kebahagiaan yang lebih besat dan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik.

13. Mendorong Gaya Hidup Sehat

gaya hidup sehat

Pepatah dari para pelaku diet, bergerak lebih banyak, makan lebih sedikit, yoga dapat membantu di kedua sisi.

Latihan yoga yang teratur membuat Anda bergerak dan tentunya membakar kalori dan aspek spiritual dan emosional yang terdapat di latihan yoga dapat mendorong dan mengatasi masalah makan serta berat badan pada tingkat yang lebih mendalam.

Yoga juga bisa menginspirasi Anda untuk melakukan Mindful eating, makan secara penuh kesadaran.

14. Menurunkan Gula Darah

gula darah

Yoga menurunkan guladarah, kolesterol LDL (buruk), dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), yoga telah terbukti membantu menurunkan gula darah bagi para penderita diabetes dengan beberapa cara : dengan menurunkan kadar kortisol dan adrenalin, mendorong penurunan berat badan serta memperbaiki sensitivitas terhadap insulin.

Dengan mengurangi kadar gula darah, Anda mengurangi resiko terkena penyakit komplikasi diabetes seperti serangan jantung, gagal ginjal dan kebutaan.

15. Membantu Fokus

membantu fokus

Salah satu komponen penting dari yoga adalah fokus pada saat ini, penelitian telah menemukan bahwa latihan yoga yang teratur dapat meningkatkan koordinasi tubuh, waktu respon, memory bahkan peningkatan skor IQ.

Orang yang berlatih meditasi transdental mendemonstrasikan kemampuan untuk memecahkan masalah dan mengingat informasi dengan lebih baik, hal ini mungkin terjadi karena mereka tidak terganggu dengan apa yang ada di pikiran mereka.

16. Membantu Sistem Tubuh Untuk Rileks

tubuh rileks santai

Yoga membantu Anda untuk rileks, memperlambat laju nafas dan fokus pada saat ini, menggeser keseimbangan dari sistem saraf simpatik (respon lawan atau lari/kabur) ke sistem saraf parasimpatis.

Parasimpatis dapat menenangkan dan memulihkan tubuh, menurunkan pernapasan, detak jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke usus dan organ reproduksi, yang disebut sebagai Respons relaksasi oleh Dr. Herbert Benson, M.D.

17. Meningkatkan Keseimbangan

yoga meningkatkan keseimbangan

Berlatih yoga secara rutin dapat meningkatkan Proprioception (kemampuan untuk merasakan apa yang tubuh Anda lakukan dan ada dimana saat berada di udara) dan meningkatkan keseimbangan.

Orang dengan postur yang buruk atau memiliki pola pergerakan yang disfungsional biasanya memiliki proprioception yang buruk yang terkait dengan masalah lutut dan nyeri punggung.

Keseimbangan yang lebih baik bisa berarti lebih sedikit resiko untuk terjatuh, untuk orang tua atau lanjut usia yoga bisa membantu lebih mandiri dan dapat menunda masuuk sebuah panti jompo atau bahkan tidak sama sekali.

18. Menjaga Sistem Saraf

sistem saraf

Beberapa yogi tingkat lanjut dapat mengendalikan tubuh mereka dengan cara yang luar biasa, banyak di antaranya menggunakan sistem saraf, para ilmuwan telah memantau para yogi yang dapat merubah irama jantung yang tidak biasa, menghasilkan gelombang otak tertentu dan dengan teknik meditasi dapat menaikkan suhu tubuh mereka dengan drastis.

Jika para yogi dapat menggunakan yoga untuk hal-hal yang ekstrim, mungkin Anda bisa belajar untuk sekedar meningkatkan aliran darah ke panggul, untuk ibu hamil bisa mendatangkan relaksasi saat kesulitan tidur.

19. Melepaskan Ketegangan di Anggota Tubuh

tegang

Apakah Anda pernah menyadari saat Anda sedang memegang handphone atau stir mobil dengan cengkeraman yang kuat atau mengerutkan wajah pada saat menatap layar komputer?

Kebiasaan tak sadar ini dapat menyebabkan ketegangan kronis, kelelahan otot dan nyeri pada pergelangan tangan, lengan ,bahu, leher dan wajah yang dapat mengakibatkan dan meningkatkan stres dan memperburuk suasana hati atau mood Anda.

Saat berlatih yoga, Anda akan mulai menyadari dan dapat memperhatikan bagian-bagian yang memiliki tekanan atau tegang, mungkin di lidah atau otot-otot dan leher Anda.

Jika Anda cukup memperhatikan dan merasakannya, mungkin Anda bisa melepaskan ketegangan pada bagian tersebut.

20. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

yoga membantu tidur nyenyak

Stimulasi itu baik, tetapi terlalu banyak stimulasi dapat membebani kerja sistem saraf, yoga dapat memberikan kelonggaran dari hiruk pikuk kehidupan modern saat ini. Hasil sampingan dari berlatih yoga, menurut penelitian, adalah kualitas tidur yang lebih baik.

21. Menigkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh

Asana dan Pranayama mungkin dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, tetapi, sejauh ini, meditasi memiliki bukti ilmiah yang lebih kuat pada hal ini.

Yoga terbukti memiliki efek yang menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh, meningkatkannya ketika dibutuhkan (misalnya, meningkatkan kadar antibodi saat menerima vaksin) dan menurunkannya ketika diperlukan (misalnya, mengurangi fungsi kekebalan yang tidak tepat dalam autoimun).

22. Memberikan Paru-paru Ruang Untuk Bernafas

manfaat kesehatan dari yoga untuk paru-paru

Para yogi cenderung lebih sedikit dalam bernafas namun dengan volume yang lebih besar, nafas yang menenangkan dan jauh lebih efisien, sebuah studi pada tahun 1998 yang di terbitkan dalam The Lancet dan mengajarkan ke orang-orang yang menderita masalah paru-oaru karena gagal jantung kongestif sebuah teknik pernapasan yoga yang di sebut dengan “Pernapasan Lengkap”.

Setelah satu bulan, tingkat pernapasan rata-rata mereka turun dari sebelumnya 13,4 nafas per menit menjadi 7,7 nafas per menit, sementara itu, kapasitas olahraga mereka meningkat secara signifikan begitu juga dengan saturasi oksigen pada darah mereka.

Selain itu, yoga juga telah terbukti meningkatkan berbagai ukuran kinerja & fungsi paru-paru, termasuk volume maksimum pernapasan dan efisiensi pernapasan.

Yoga juga mendorong pernapasan melalui hidung, yang dapat menyaring udara, menghangatkannya dan melembabkannya, menghilangkan serbuk dan kotoran-kotoran lainnya yang tidak kita inginkan masuk ke paru-paru.

23. Mencegah Masalah Pencernaan

manfaat kesehatan dari yoga untuk pencernaan

Iritasi usus dan sembelit dapat di perburuk dengan adanya stres, jadi jika stres berkurang rasa sakit yang dirasakan juga lebih sedikit.

Yoga , seperti latihan fisik lainnya dapat meringankan penyakit sembelit dan secara teori menurunkan resiko penyakit kanker usus besar, karena dengan menggerakkan tubuh dapat memfasilitasi transportasi makanan dan produk limbah lainnya lebih cepat melewati usus.

24. Memberikan Ketenangan Pikiran

manfaat kesehatan dari yoga untuk pikiran

Menurut Sutra Yoga Patanjali, yoga dapat memadamkan pikiran yang fluktuatif, dengan kata lain, hal itu sama dengan memperlambat lingkaran frustrasi pada mental, penyesalan, kemarahan ketakutan dan keinginan yang dapat menyebabkan stres.

Dan stres bisa menyebabkan banyak masalah pada kesehatan, mulai dari migrain, insomnia hingga lupus, eksim, tekanan darah tinggi dan serangan jantung, jika Anda belajar cara menenangkan pikiran Anda juga cenderung hidup lebih lama dan tentunya hidup lebih sehat.

25. Meningkatkan Harga Diri

meningkatkan harga diri

Banyak dari kita memiliki rasa rendah terhadap harga diri sendiri, jika ditangani dengan cara yang negatif seperti minum obat-obatan, makan berlebihan, bekerja terlalu keras Anda dapat menyebabkan kesehatan yang buruk secara fisik maupun mental dan spiritual.

Namun jika Anda mengambil pendekatan dengan cara yang positif seperti dengan berlatih yoga, Anda akan merasakan, seperti yang diajarkan oleh filosofi yoga bahwa Anda berharga dan sebuah manifestasi dari Ilahi.

Jika Anda memutuskan berlatih yoga untuk tujuan perbaikan diri bukan hanya untuk kebutuhan fisik semata, Anda akan dapat mengakses sisi lain dari diri Anda, Anda akan mengalami perasaan syukur, empati dan pengampunan serta perasaan bahwa Anda adalah bagian dari sesuatu yang jauh lebih besar.

26. Meringankan Rasa Sakit

manfaat kesehatan dari yoga untuk meringankan rasa sakit

Yoga dapat meringankan rasa sakit yang Anda derita, menurut beberapa penelitian, Asana, meditasi atau kombinasi keduanya dapat mengurangi rasa sakit pada penderita artritis, sakit punggung, fibromyalgia, sindrom carpal tunnel dan kondisi kronis lainnya.

Ketika Anda dapat menghilangkan rasa sakit yang di derita tentunya suasana hati Anda membaik, Anda lebih cenderung lebih aktif dan Anda tidak membutuhkan bayak obat untuk meredakan rasa sakit yang di derita.

27. Memberikan Kekuatan Batin

kekuatan batin

Yoga dapat membantu Anda membuat perubahan dalam hidup Anda, bahkan mungkin itu adalah kekuatan terbesar yang di miliki yoga, Tapas, sebuah kata dalam bahasa Sanskerta yang memiliki arti “panas”, adalah api, sebuah disiplin yang menjadi bahan bakar latihan yoga serta latihan yang teratur itu di bangun.

Tapas yang Anda kembangkan bisa diperpanjang hingga sisa hidup Anda untuk mengatasi seperti problem kebiasaan disfungsional, Anda mungkin menemukan bahwa tanpa perlu usaha lebih, Anda akan makan lebih baik, berolahraga lebih banyak atau akhirnya dapat berhenti merokok setelah upaya gagal selama bertahun-tahun.

28. Menghubungkan Dengan Panduan Hidup

manfaat kesehatan dari yoga

Guru yoga yang baik dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan Anda, yang luar biasa mereka melakukan lebih dari sekedar hanya membimbing postur Anda, mereka dapat menyesuaikan postur tubuh Anda, mgukur kapan Anda harus melakukan pose yang lebih dalam atau mundur, menyampaikan kebenaran yang keras namun dengan kasih sayang, membantu Anda rileks, meningkatkan dan mempersonalisasikan latihan Anda.

Hubungan yang penuh dengan rasa hormat dengan seorang guru dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

29. Membantu Bebas Dari Obat-obatan

manfaat kesehatan dari yoga bebas dari obat

Jika lemari obat Anda sudah terlihat seperti apotik, mungki kini saatnya untuk mencoba berlatih yoga, sebuah studi terhadap penderita asma, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan gangguan obsesif-kompulsif telah memberikan hasil bahwa yoga dapat membantu mereka menurunkan dosis obat dan terkadang lepas dari obat-obatan tersebut.

Manfaat minum obat yang lebih sedikit atau terbebas dari obat? Anda akan lebih sedikit keluar biaya untuk membeli obat dan kecil kemungkinan Anda akan menderita efek sampin yang berbahaya dari obat-obatan.

30. Membangun Kesadaran Untuk Perubahan

manfaat kesehatan dari yoga

Toga dan meditasi dapat membangun kesadaran, semakin Anda sadar semakin mudah untuk membebaskan diri dari emosi yang merusak seperti kemarahan, sebuah studi menunjukkan bahwa kemarahan yang berlebihan dan rasa permusuhan berkorelasi dengan serangan jantung seperti halnya dengan bahaya rokok, diabetes dan kolesterol tinggi.

Yoga ternyata dapat mengurangi amarah dengan meningkatkan rasa kasih sayang dan menenangkan sistem saraf dan pikiran, ini mampu meningkatkan kemampuan Anda untuk keluar dari drama-drama kehidupan Anda sendiri, agar teatp stabil dalam menghadapi berita buruk atau peristiwa yang kurang menyenangkan.

Anda juga masih dapat bereaksi dengan cepat ketika diperlukan dan terdapat bukti ilmiah juga kalau yoga dapat meningkatkan respon tubuh, tetapi Anda dapat menggunakan waktu sepersekian detik itu untuk memilih tindakan yang lebih bijaksana, agar mampu mengurangi penderitaan pada diri sendiri dan orang lain.

31. Bermanfaat Untuk Hubungan

manfaat kesehatan dari yoga untuk hubungan

Cinta mungkin tidak dapat menaklukkan semua hal di dunia, namun yang pasti cinta dapat membantu proses penyembuhan suatu penyakit, mengolah dukungan emisional dari terman, keluarga dan komunitas telah menunjukkan hasil dalam peningkatan kesehatan dan kesembuhan.

Latihan rutin yoga dapat membuat diri kita menjadi lebih ramah, memiliki rasa kasih sayang yang lebih dan memiliki keseimbangan batin yang lebih baik, filosofi yoga mengajarkan untuk menghindari berbuat kerusakan pada orang lain, jujur dan hanya mengambil apa yang Anda butuhkan, hal-hal ini dapat meningkatkan secara signifikan pada kualitas hubungan Anda.

32. Penggunaan Suara Untuk Menenangkan Sinus

manfaat kesehatan dari yoga

Praktik dasar yogaa, seperti asana, pranayama dan meditasi semuanya bekerja untuk meningkatkan kesehatan Anda, teapi yoga masih memiliki banyak lagi untuk membantu kesehatan kita.

Misalnya Chanting (pujian, nyanyian dan sejenismya), dapat memperpanjang ekshalasi dan menggeser keseimbangan sistem saraf kepada parasimpatis, ketika dilakukan dalam kelompok, chanting ini dapat menjadi sebuah pengalaman fisik dan emosional yang sangat kuat.

Penelitian terbaru dari Karilinska Institute di Swedia menunjukkan bahwasannya suara dengungan, seperti melantunkan Om, dapat membuka sinus menjadi sehat.

33. Memandu Penyembuhan Tubuh Di Mata Pikiran

manfaat kesehatan dari yoga

Jika Anda merenungkan sebuah gambar di di mata pikiran Anda seperti yang dilakukan pada latihan yoga nidra dan latihan lainnya, Anda dapat membuat perubahan pada tubuh fisik Anda.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa visualisasi yang di pandu dapat membantu mengurangi rasa sakit pasca operasi, mengurangi frekuensi sakit kepala dan meningkatkan kualitas hidup para penderita kanker dan HIV.

34. Menghindari Alergi Dan Virus

alergi

Kriya, atau praktik pembersihan, merupakan elemen lain dari yoga, mulai dari latihan pernapasan cepat hingga pembersihan dalam tubuh seperti usus.

Jala neti, membilas secara lembut hidung dengan air gara,m menghilangkan serbuk sari dan virus dari hidung, menghilangkan tumpukan lendir pada hidung dan membantu mengeringkan sinus.

35. Membantu Anda Dapat Melayani Orang Lain

karma

Karma Yoga (melayani/berbuat untuk orang lain) merupakan bagian integral dari filosofi yoga, apabila Anda saat ini kurang berbuat sesuatu kepada orang lain, kesehatan Anda mungkin akan membaik jika Anda mulai melakukannya.

Sebuah penelitian di Universitas Michigan, Amerika, menemukan bahwa para orang tua yang secara sukarela sebanyak kurang lebih 1 jam tiap minggumemiliki peluang 3 kali lebih besar untuk tetap hidup tujuh tahun kemudian.

Melayani atau berbuat sesuatu untuk orang lain akan memberikan arti pada hidup Anda, dan Anda mungkin akan menemukan bahwa masalah yang Anda miliki tidaklah seberapa dibandingkan dengan melihat apa yang orang lain sedang hadapi.

36. Mendorong Pengobatan & Perawatan Mandiri

perawatan mandiri

Dalam banyak pengobatan konvensional sebagian besar pasien dan penderita adalah orang yang menerima pengobatan atau perawatan secara pasif, di dalam yoga, yang paling penting adalah apa yang Anda lakukan untuk diri sendiri.

Yoga memberi alat untuk membantu diri Anda untuk berubah dan tidak heran jika Anda sudah merasakan sedikit perubahan bahkan saat Anda mencobanya saat pertama kali, Anda juga dapat memperhatikan dengan semakin Anda berkomitmen untuk terus berlatih maka semakin terasa manfaatnya bagi Anda.

Ini menghasilkan tiga hal penting : Anda terlibat langsung pada pengobatan dan perawatan diri Anda sendiri, Anda menemukan bahwa keterlibatan Anda dapat memberi Anda kekuatan untuk melakukan perubahan dan dengan melihat sendiri bahwa Anda dapat melakukan perubahan akan memberikan Anda harapan, dan Anda sudah tahu bahwa harapan itu sendiri merupakan sebuah energi penyembuhan.

37. Menguatkan Konektivitas Pada Jaringan di Seluruh Tubuh

manfaat kesehatan dari yoga

Seperti yang sudah Anda baca, yoga dapat meningkatkan kesehatan, namun kamu mungkin juga menyadari banyaknya tumpang tindih, itu karena memang semuanya sangat terjalin.

Ubah postur tubuh Anda maka Anda akan merubah cara Anda bernafas, ubah cara Anda bernafas maka Anda akan merubah jalannya sistem saraf Anda.

Ini adalah pelajaran yoga yang sangat luar biasa : semuanya terhubung, tulang punggung ke pergelangan kaki, diri Anda terhubung dengan komunitas Anda, komunitas Anda terhubung ke dunia, interkoneksi ini sangat penting dalam memahami yoga, sinergi ini mungkin merupakan cara terpenting dari penyembuhan yoga.

38. Menggunakan Efek Plasebo

efek plasebo

Hanya dengan percaya Anda akan menjadi lebih baik akan membuat Anda merasa lebih baik, sayangnya banyak ilmuwan konvensional percaya jika sesuatu bekerja karena efek plasebo maka itu tidak masuk dalam hitungan.

Tetapi kenyataannya para pasien hanya ingin menjadi lebih baik, jadi jika mengucapkan mantra, seperti pada awal dan akhir kelas yoga, sepanjang meditasi atau sepanjang hari dapat membantu penyembuhan, bahkan jika itu hanya sebuah efek plasebo, kenapa tidak melakukannya?

Sekarang kita semua tahu bahwa yoga sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental kita, maka tidak heran jika perkembangan yoga makin hari makin pesat karena mulai banyak juga yang merasakan manfaat kesehatan dari yoga secara langsung.

Baca Juga Artikel Yoga Lainnya