Manfaat Mindfulness Yang Luar Biasa!

manfaat mindfulness

Di update pada

Di dunia yang super sibuk dan sesak saat ini sangat berpotensi merugikan kesehatan mental dan jasmani kita.

Hidup di saat ini seringkali memaksa kita untuk selalu dalam posisi multitask , mengerjakan segala sesuatu secara bersamaan , padahal otak manusia tidak di desain untuk berpikir secara bersamaan.

Hal ini sering menempatkan diri kita pada situasi yang tergesa-gesa , tidak tenang , panik dll.

Dampak semua ini akan membuat kita semakin kehilangan koneksi pada moment saat ini , di waktu ini dan sering mengalami kehilangan moment , tidak sadar dan tidak merasakan apa yang sedang kita lakukan.

Dengan Mindfulness kita di latih untuk bisa selalu hadir di saat ini secara kesadaran dan perhatian serta menerima apa yang terjadi tanpa menghakimi.

Terlebih lagi akhir-akhir ini para ilmuwan dan peneliti dunia sangat antusias terhadap mindfulness , dan menemukan fakta bahwa mindfulness sangat efektif dalam mengurangi tingkat stress manusia.

Manfaat Umum Mindfulness

Mindfulness sudah secara ilmiah terbukti memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan manusia , berikut kami paparkan beberapa manfaat mindfulness yang telah dirasakan banyak orang di dunia.

Secara garis besar latihan Mindfulness memiliki manfaat sebagai berikut :

Manfaat mindfulness untuk kesejahteraan hidup

Latihan mindfulness terbukti membuat hidup lebih sjahtera , tentram dan damai. Dengan latihan mindfulness kita akan selalu terbiasa fokus pada saat ini dan tidak terlalu memikirkan masa lalu ataupun cemas terhadap masa depan , hal ini jelas berdampak langsung kepada jiwa yang selalu tenang , kecemasan yang minim dan kita akan selalu terbiasa dengan selalu bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini.

Manfaat mindfulness untuk kesehatan mental

Bertahun-tahun para ilmuwan telah berhasil menemukan fakta bahwa latihan mindfulness dapat mencegah serta mengurangi stress , gangguan panik , gangguan kecemasan , gangguan makan , depresi, amarah yang berlebih dan banyak hal yang dapat merusak kesehatan mental kita.

Manfaat mindfulness untuk kesehatan fisik

Selain untuk kesehatan mental ternyata fakta lainnya mindfulness bisa membantu orang dengan penyakit jantung , tekanan darah tinggi , penyakit kronis , gangguan tidur dan lainnya.

Manfat Mindfulness Yang Lebih Detail

Hidup yang berkualitas , mental serta fisik yang prima bisa kita peroleh dengan melakukan latihan mindfulness secara rutin , berikutnya kita lanjutkan ke manfaat mindfulness secara lebih spesifik :

Menurunkan Tingkat Stress

meredakan stres

Seperti yang kita tahu latihan Mindfulness berasal dari program yang di gagas oleh Jon Kabbat-Zinn yaitu Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) , yang berfokus pada pengobatan penyakit yang berkaitan dengan stress.

Salah satu studi tentang mindfulness saat ini menemukan bahwa mindfulness terbukti memilik dampak positif dalam merespon tiap potensi stress yang datang tiap harinya (Donald, Atkins, Parker, Christie, & Ryan, 2016).

Mindfulness juga dapat membantu mengurangi stres dengan meningkatkan kendali emosi, yang mengarah ke suasana hati yang lebih baik dan kemampuan yang lebih baik untuk menangani stres (Remmers, Topolinski, & Koole, 2016).

Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Penyakit

manfaat mindfulness

Mungkin percobaan yang paling sering dilakukan untuk dampak mindfulness terhadap suatu penyakit adalah penelitian untuk para penderita kanker.

Mindfulness memang tidak menghilangkan gejala atau sakit kanker seketika , namun latihan mindfulness terbukti membuat para penderita penyakit kanker lebih kuat dan mampu mengelola rasa sakit mereka.

Mindfulness dapat membantu pasien untuk tidak fokus pada rasa sakit yang di deritanya , seingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka (Garland & Howard, 2013)

Sebuah studi tentang penggunaan MBSR pada pasien kanker paru-paru dan pasangan mereka menunjukkan bahwa latihan minffulness dapat memicu proses perubahan positif pada pasien dan pasangan mereka, serta meringankan beban pada pasangan yang mengasuhnya (van den Hurk, Schellekens, Molema, Speckens, & van der Drift, 2015).

Dengan penyakit berat seperti kanker mindfulness sangat terbukti memiliki manfaat besar , logikanya manfaat tentu akan juga di dapatkan pada penyakit-penyakit yang lebih ringan.

Membantu Proses Pemulihan Penyakit

pemulihan penyakit

Mindfulness tidak hanya berguna untuk menghadapi penyakit dan tekanan hidup saja , tapi juga berguna untuk membantu proses penyembuhan dan lepas darinya.

Mindfulness, yoga, dan meditasi juga telah terbukti mampu mengurangi kecemasan dan memfasilitasi penyembuhan pasca-trauma pada penderita kanker payudara, di samping juga meningkatkan kekuatan dan spiritualitas (Tamagawa, Speca, Stephen, Lawlor-Savage, & Carlson, 2015).

Mengurangi Gejala Depresi

mengobati depresi

mindfulness telah lama terbukti membantu proses terapi untuk penderita depresi. Latihan mindfulness bisa menerima semua pikiran negatif , mengidentifikasinya lalu menerima semuanya bukan melawannya.

Hal ini sangat membantu para penderita depresi mengelola emosi dan lebih mudah mengendalikan depresi itu sendiri.

Mindfulness bahkan terbukti efektif untuk orang yang memiliki gejala depresi yang kronis (yang memiliki pikiran untuk bunuh diri). Pada peserta yang mengalami depresi kronis dengan pikiran untuk bunuh diri, Mindfulness terbukti lebih efektif daripada pengobatan cara biasa dalam mengurangi pikiran berbahaya ini. (Forkmann, Brakemeier, Teismann, Schramm, & Michalak, 2016).

Meningkatkan Kesehatan Secara Menyeluruh

manfaat mindfulness

Selain banyak manfaat untuk kesehatan mental , mindfulness ini juga dapat meningkatkan kesehatan kita secara umum.

Sebagai contoh, sebuah studi menemukan bahwa berlatih midfulness dapat memperngaruhi dan meningkatkan beberapa perilaku yang berhubungan dengan kesehatan , seperti mendapatkan rajin check up kesehatan , aktif secara fisik , menggunakan sabuk pengaman , serta menghindari nikotin dan alkohol. (Jacobs, Wollny, Sim, & Horsch, 2016).

Selain itu, latihan mindfulness telah terbukti secara positif menurunkan tekanan darah , terutama ketika penggiat mindfulness sudah terbiasa untuk tidak menghakimi dan tidak bereaksi secara berlebihan terhadap sesuatu yang terjadi (Tomfohr, Pung, Mills, & Edwards, 2015).

Dalam sebuah studi tentang dampak mindfulness pada kesehatan psikologis dan fisik dari orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, peneliti menemukan bahwa mindfulness dapat membantu peserta penelitian menurunkan berat badan, memperbaiki perilaku dan kebiasaan makan mereka, serta mengurangi depresi dan kecemasan (Rogers, Ferrari, Mosely, Lang, & Brennan, 2017).

Semua manfaat mindfulness ini bisa didapat oleh orang dewasa maupun anak-anak , ada beberapa manfaat mindfulness yang telah di buktikan secara khusus pada usia yang lebih muda.

Meningkatkan Prestasi Akademik

manfaat mindfulness

Mindfulness berguna dan telah terbukti meningkatkan prestasi akademik , hal ini sangat masuk akal karena dengan rajin dan rutih berlatih mindfulness maka pikiran kita akan lebih fokus sehingga mudah menerima ilmu yang baru.

Selain itu mindfulness juga meningkatkan kinerja memory otak sehingga ingatan kita akan mudah dan kuat menangkap hal-hal baru terutama yang berkaitan dengan kegiatan belajar.

Menurunkan Reaksi emosional

manfaat mindfulness

Penelitian juga mendukung gagasan bahwa meditasi mindfulness menurunkan reaktivitas emosional.

Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang telah menjalani latihan meditasi mindfulness selama satu bulan hingga 29 tahun, para peneliti menemukan bahwa latihan meditasi mindfulness membantu orang melepaskan diri dari gambaran-gambaran yang membuat marah secara emosional dan memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada tugas kognitif , hasil ini jauh lebih baik dari group control atau pembanding yang tidak melakukan latihan meditasi mindfulness (Ortner et al., 2007).

Hubungan Yang Berkualitas

manfaat meditasi mindfulness

Beberapa studi menemukan bahwa dengan mindfulness dapat meningkatkan kemampuan untuk merespon dengan baik terhadap stres pada suatu hubungan dan keterampilan dalam mengkomunikasikan emosi seseorang kepada pasangan.

Bukti empiris menunjukkan bahwa kewaspadaan melindungi terhadap efek stres dari konflik pada sebuah hubungan (Barnes et al., 2007), secara positif terkait dengan kemampuan untuk mengekspresikan diri dalam berbagai situasi sosial (Dekeyser et al., 2008).

Mengusir Perasaan Negatif

manfaat mindfulness

Duduk seharian di meja atau komputer tidak baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

Saran yang sering direkomendasikan tambahkan porsi gerakan olaharaga ringan di sela kegiatan bekerja terutama yang sering duduk dalam bekerja.

Tambahkan gerakan mindfulness di sela istirahat atau tiap 1-2 jam untuk jalan kecil di ruang kerja sambil praktikkan mindfulness walking jelas sangat berguna untuk kesehatan kita.

Dengan latihan ringan ini akan menunjang kinerja kita dan menjaga pikiran untuk tetap dan selalu positif.

Mengurangi Gangguan Kecemasan

manfaat meditasi mindfulness

Meditasi mindfulness jelas sangat berguna untuk mengurangi gejala dan efek dari gangguan kecemasan.

Elizabeth Hoge, seorang psikiater di Center for Anxiety and Traumatic Stress Disorders di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan seorang asisten profesor psikiatri di Harvard Medical School, mengatakan bahwa meditasi mindfulness sangat masuk akal untuk mengobati kecemasan.

“Orang dengan gangguan kecemasan memiliki masalah dalam berurusan dengan pikiran-pikiran mengganggu yang seringkali memiliki kekuatan luar biasa,” ia menjelaskan.

“Mereka tidak dapat membedakan antara pemikiran yang benar dan sebuah kekhawatiran mengganggu yang tentunya tidak memiliki manfaat.”

“Jika anda memiliki rasa kekhawatiran yang tidak produktif,” kata Dr. Hoge, anda dapat melatih diri untuk merasakan pikiran-pikiran itu dengan cara yang sangat berbeda.

“Anda mungkin berpikir, ‘Saya terlambat, saya mungkin kehilangan pekerjaan saya jika saya tidak tiba tepat waktu, dan itu akan menjadi sebuah malapetaka!’

Mindfulness mengajarkan Anda untuk mengenali pikiran ini, ‘Oh, pikiran itu lagi yang datang. Saya pernah mengalaminya. Tapi tenang saja itu cuma sekedar pikiran saja, dan bukan keadaan saya yang sebenarnya,’ ” kata Dr. Hoge.

Manfaat latihan mindfulness hanyalah sebagian kecil dari berjuta manfaat mindfulness yang bisa kamu dapatkan dengan mempraktikkan latihan mindfulness secara benar dan rutin.

Manfaat dari latihan mindfulness bisa kamu rasakan dalam waktu singkat , dan manfaat ini akan terakumulasi seiring berjalannya waktu dan banyaknya sesi latihan yang kamu jalani.

Jadi tetap semangat jalani hidup , dengan pikiran sehat hidup menjadi lebih nikmat.

Referensi

Baca Juga Artikel Mindfulness Lainnya