Manfaat Senyum, Keajaiban Dari Sebuah Senyuman!

Manfaat Senyum

Banyak yang melihat dan menganggap senyum hanya sebagai sebuah respon secara tidak sadar terhadap hal-hal yang membuat Anda senang atau lucu, walau penilaian ini tidaklah salah, namun yang sering kitak abaikan dan kita tidak ketahui adalah bahwa tersenyum dapat menjadi sebuah respon yang secara sadar dan sukarela dapat kita lakukan.

Sudah banyak penelitian yang mengkonfirmasi bahwa dengan memiliki sebuah senyum yang tulus pada umumnya akan dianggap menarik untuk orang-orang yang beada di sekitar kita, studi lain juga menjelaskan bagamana dengan tersenyum akan mampu meningkatkan suasana hati Anda dan juga mampu mempengaruhi suasana hati orang-orang di sekitar Anda.

Penelitian juga menemukan keterkaitan yang kuat antara senyuman dengan kesehatan yang baik serta umur yang panjang, dan yang terpenting penelitian telah menunjukkan bahwa dengan bersenyum baik senyuman hasil dari suatu kejadian yang menyenangkan atau hanya senyuman yang dibuat (bisa dibilang senyum palsu), semuanya memiliki manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia baik jangka pendek maupun jangka panjang.

10 Manfaat Senyum Yang Utama

Bagi Anda yang masih belum yakin dengan manfaat nyata dari sebuah senyuman, berikut kami berikan 10 alasan utama dari senyuman pada keseharian Anda.

1. Bersenyum Membuat Kita Menarik

Manfaat Senyuman

Sudah menjadi hal yang alamiah bagi kita menjadi lebih tertarik pada orang yang tersenyum, ada ketertarikan fisik yang nyata pada sebuah tindakan senyuman, jadi tidaklah mengherankan jika ekspresi wajah yang memiliki kesan negatif seperti cemberut, wajah berkerut dan semacamnya akan membuat orang lain secara alami juga menjauh, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak tersenyum dalam menjalani aktivitas sehari-hari kita.

2. Senyuman Dapat Meredakan Stres

Manfaat tersenyum

Stres dapat meresap ke dalam diri kita dan dapat tercermin pada raut wajah kita, dengan tersenyum tidak saja dapat membantu mencegah kita dari terlihat lelah, kewalahan atau sedih tetapi sebenarnya juga terbukti mampu membantu mengurangi stres yang sedang kita alami.

Boleh percaya dan tidak, ternyata dengan tersenyum dapat mengurangi stres bahkan ketika Anda tidak menyadari sedang tersenyum atau bahkan pada Anda menyadari sepenuhnya sedang tersenyum, ketika Anda sedang dilanda stres coba luangkan waktu sejenak untuk tersenyum, Anda dan orang-orang di sekitar akan merasakan manfaatnya dengan seketika.

3. Senyum Mampu Memperbaiki Mood

Manfaat Senyum

Lain kali di saat Anda sedang sedih, cobalah untuk tersenyum, besar kemungkinan suasana hati Anda akan berubah menjadi lebih baik, senyuman dapat memanipulasi tubuh untuk meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik karena tindakan fisik dari senyuman sebenarnya mengirim dan mengaktifkan pesan saraf di dalam otak Anda.

Senyum yang sederhana sekalipun dapat memicu komunikasi saraf yang dapat meningkatkan neuropeptida serta neurotransmiter yang terbukti dapat meningkatkan suasana hati dengan pelepasan dopamin dan serotonin, dengan kata lain senyuman dapat menjadi obat anti depresi yang alami.

4. Senyuman Dapat Menular

Manfaat Senyum

Sering di gambarkan jika senyuman mampu menjadi penerang pada sebuah ruangan, hal ini ternyata ada benarnya, karena senyuman seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, mampu meningkatkan suasana hati Anda dan juga mampu mengubah suasana hati dari orang-orang di sekitar Anda sehingga mampu membawa kebahagiaan pada semuanya.

Salah satu bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengendalikan ekspresi wajah tersenyum adalah sebuah area untuk respon otomatis yang tidak disadari, berarti tersenyum bisa sepenuhnya tidak disadari, terutama ketika kebiasaan kita sering meniru atau membalas senyum orang lain, sehingga secara ilmiah bisa disimpulkan bahwa senyuman dapat menular.

5. Senyum Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Senyum

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh, tindakan fisik dari senyuman sebenarnya mampu membantu sistem kekebalan tubuh dari manusia untuk berfungsi secara lebih efektif, hal ini dapat terjadi karena di saat Anda tersenyum Anda akan merasakan tubuh yang lebih rileks atau santai dan hal ini memiliki korelasi positif terhadap meningkatnya fungsi kekebalan tubuh.

Selain dengan rajin mencuci tangan dengan bersih guna pencegahan virus dan bakteri menular seperti flu, tidak ada salahnya menambah senyuman ke di dalam rutinitas hidup sehat Anda?

6. Tersenyum Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Senyum

Ketika Anda tersenyum, ada sebuah penurunan tekanan darah secara terukur pada tubuh Anda, hal ini bisa Anda buktikan jika Anda memiliki alat pengukur tekanan darah sendiri di rumah, duduklah selama beberapa menit, ukur tekanan darah Anda, kemudian tersenyum sebentar sekitar satu menit, lalu lakukan pengukuran kedua dalam keadaan masih tersenyum, Anda melihat perbedaannya?

7. Tersenyum Membuat Kita Merasa Lebih Baik

Manfaat Senyuman

Penelitian banyak menunjukkan bahwa senyuman akan melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit alami, dan juga serotonin dalam tubuh kita, ketiga neurotransmiter ini akan membuat kita merasa nyaman dari ujung kepala hingga ujung kaki, bahan-bahan kimia alami ini selain akan meningkatkan suasana hati Anda namun juga akan membuat tubuh Anda menjadi rileks dan mengurangi rasa sakit fisik yang mungkin sedang Anda derita, senyum adalah sebuat obat alami yang mujarab.

8. Tersenyum Membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Manfaat tersenyum

Senyuman tidak hanya dapat membuat Anda lebih menarik, senyum ternyata juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda, otot-otot yang kita gunakan pada saat tersenyum akan mengangkat struktur wajah kita sehingga membuat seseorang terlihat lebih muda, jadi alih-alih memilih tindakan facelift, cobalah untuk tersenyum sepanjang hari, selain akan membuat Anda merasa lebih baik senyum Anda akan membuat Anda tampil lebih muda.

9. Senyuman Membuat Anda Terlihat Sukses

Manfaat Senyum

Penelitian juga telah menemukan bahwa orang yang secara teratur tersenyum akan nampak lebih percaya diri, memiliki peluang lebih besar untuk di promosikan di tempat kerja dan lebih mudah untuk di dekati, cobalah selalu tersenyum dalam rapat dan pertemuan bisnis, Anda akan mulai menemukan bahwa orang-orang akan bereaksi terhadap Anda dengan cara yang berbeda dari biasanya.

10. Tersenyum Akan Membantu Untuk Tetap Positif

Manfaat Senyum

Coba sekarang Anda tersenyum, sekarang coba untuk memikirkan sesuatu yang negatif dalam keadaan tetap tersenyum, sulit bukan? Bahkan ketika senyuman tersebut terasa tidak alami atau dipaksakan, senyuman ini akan tetap mengirimkan pesan pada otak kita lalu diteruskan ke seluruh tubuh kita bahwa “Hidup itu indah!”, dengan tersenyum kita dapat menjauh dari depresi, stres dan rasa khawatir.

Referensi

Baca Juga Artikel Happines Lainnya