Manfaat Tidur Yang Luar Biasa, Kamu Sudah Tahu?

manfaat tidur

Dahulu, tidur bukanlah hal yang terlalu di perhatikan oleh para dokter dan banyak mitos yang beredar seputar tidur, kini, dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi kita mulai memahami betapa pentingnya tidur untuk kesehatan dan kesejahteraan kita sebagai seorang manusia.

Kita telah mengetahui, bahwa seseorang akan memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jika hanya tidur kurang dari 6-7 jam tiap malamnya, hal ini tentu membuat kita semakin sadar untuk lebih memperhatikan pola tidur dan kualitas tidur yang kita miliki, bagi Anda yang belum merasakan pentingnya tidur, berikut kami tambahkan beberapa manfaat penting dari tidur cukup.

1. Tidur Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat tidur untuk kesehatan jantung

Serangan jantung dan stroke lebih mungkin terjadi pada waktu dini hari, hal ini kemungkinan besar terkait dengan interaksi pola tidur yang dan pembuluh darah kita, kurang tidur sangat dikaitkan dengan memburuknya tekanan darah dan juga kolesterol, yang merupakan faktor utama dari penyebab penyakit jantung dan stroke, jantung Anda akan menjadi lebih sehat jika Anda tidur cukup selama 7-9 jam tiap malamnya.

2. Tidur Dapat Membantu Mencegah Kanker

manfaat tidur mencegah kanker

Tahukan Anda bahwa orang yang bekerja pada shift malam memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap kanker payudara dan usus besar? Para peneliti percaya paparan cahaya dapat mengurangi kadar melatonin dalam tubuh, melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur-bangun, dianggap mampu melindungi tubuh dari kanker karena sepertinya melatonin dapat menekan pertumbuhan tumor, pastikan kamar tidur Anda gelap dan hindari dari penggunaan elektronik sebelum tidur sehingga membantu tubuh Anda memproduksi melatonin yang dibutuhkan secara optimal.

3. Tidur Yang Cukup Dapat Mengurangi Stres

istirahat yang cukup mencegah stres

Ketika tubuh Anda kurang tidur, tubuh akan masuk kedalam keadaan stress, fungsi tubuh menjadi selalu was-was yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan produk si hormon stres yang meningkat, tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama dari serangan jantung dan stroke, hormon stres yang tinggi tentunya membuat Anda menjadi lebih sulit untuk tidur, coba luangkan waktu untuk mempelajari berbagai teknik relaksasi yang dibutuhkan untuk melawan efek dari stres sehingga membuat Anda tidur lebih cepat.

4. Tidur Mengurangi Terjadinya Peradangan

tidur mencegah peradangan

Peningkatan hormon stres yang disebabkan dari kurang tidur dapat meningkatkan level peradangan dalam tubuh Anda, hal ini meningkatkan potensi resiko dari kondisi-kondisi yang berkaitan dengan penyakit jantung, kanker dan juga diabetes, peradangan juga menyebabkan kondisi tubuh memburuk seiring bertambahnya usia.

5. Tidur Yang Cukup Meningkatkan Kewaspadaan

istirahat yang cukup

Tidur malam yang nyenyak juga berkualitas akan membuat Anda merasa berenergi dan lebih waspada di keesokan harinya, menjadikan Anda lebih aktif, semangat dan juga hari Anda akan terasa lebih menyenangkan, dan tentunya aktivitas Anda di hari itu akan meningkatkan peluang untuk tidur yang kembali berkualitas di malam berikutnya.

Saat Anda bangun dengan perasaan yang segar, gunakan energi itu untuk keluar di siang harinya, lakukan aktivitas aktif dan selalu sibukkan diri Anda dengan kegiatan di luar sana, Anda akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan akan selalu mendapatkan energi penuh di tiap harinya.

6. Tidur Dapat Meningkatkan Daya Ingat

manfaat tidur meningkatkan daya ingat

walaupun para peneliti belum memahami secara penuh kaitan antara tidur dan bermimpi, tetapi mereka telah berhasil menemukan bahwa tidur memainkan peran penting dalam suatu proses yang disebut dengan konsolidasi memori, selama Anda tidur, tubuh Anda mungkin sedang beristirahat, tetapi otak Anda akan bekerja dan sibuk memproses data yang masuk di sepanjang hari Anda, membuat koneksi antara tiap peristiwa , masukan sensorik, perasaan dan ingatan.

Tidur yang berkualitas adalah hal yang sangat penting bagi otak Anda dalam membuat memori dan tautan, tidur yang nyenyak juga membantu Anda dalam mengingat dan juga memproses berbagai hal dengan lebih baik pada aktivitas Anda di siang harinya.

7. Tidur Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat tidur menurunkan berat badan

Penelitian telah menemukan kaitan antara orang yang mengalami kurang tidur tiap malamnya cenderung memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, kurangnya tidur di perkirakan berdampak langsung pada keseimbangan hormon dalam tubuh yang mempengaruhi nafsu makan seseorang.

Hormon ghrelin dan leptin berdasarkan penelitian ahli mengalami gangguan yang disebabkan kurangnya tidur atau istirahat yang cukup, jadi jika Anda ingin mempertahankan atau bahkan sedang dalam program penurunan berat badan, jangan melupakan bagian yang sangat penting yaitu tidur yang cukup dan juga teratur.

8. Tidur Siang Membuat Anda Lebih Cerdas

manfaat tidur meningkatkan kecerdasan

Tidur di malam hari sudah pasti memiliki banyak manfaat vital bagi tubuh kita, ternyata siapa sangka tidur siang ternyata juga memiliki manfaat nyata pada tubuh kita, tidur siang bisa menjadi alternatif bagi kafein yang efektif dan menyegarkan dan baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan serta membuat Anda menjadi lebih produktif, dalam sebuah penelitian, orang yang tidak tidur siang mengalami penurunan mental sebanyak 4-6 kali lebih besar di bandingkan mereka yang tidur siang minimal 1 jam.

Penelitian juga menemukan bahwa orang yang tidur siang di tempat kerja memiliki tingkat stres yang jauh lebih rendah, tidur siang juga terbukti dapat meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif dan meningkatkan suasana hati.

9. Tidur Dapat Mengurangi Resiko Depresi

manfaat tidur mencegah depresi

Tidur berdasarkan penelitian akan mempengaruhi banyak bahan kimia dalam tubuh Anda, tanpa terkecuali serotonin, seseorang yang kekurangan seortonin dalam tubuhnya akan memiliki kecenderungan mengalami depresi lebih besar, bantu diri Anda dalam mencegah depresi dengan membiasakan tubuh Anda mendapatkan tidur yang cukup antara 7-9 jam tiap malamnya.

10. Tidur Membantu Tubuh Memperbaiki Diri Sendiri

memperbaiki diri sendiri

Tidur bukan sekedar tentang bersantai dan istirahat semata, tetapi juga saatnya tubuh Anda bekerja keras dalam memperbaiki berbagai macam kerusakan yang telah disebabkan oleh stres, sinar UV dan paparan berbahaya lainnya, sel Anda menghasilkan lebih banyak protein saat Anda sedang tertidur, molekul-molekul protein ini membentuk blok-blok bangunan untuk sel, sehingga memungkinkan mereka untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang telah terjadi.

Referensi