Cara Melakukan Meditasi Berjalan

Meditasi Berjalan

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit.

Berikut beberapa langkah dalam melakukan meditasi berjalan, langkah di bawah ini diadaptasi dari seorang pakar mindfulness, Jon Kabat-Zinn.

  1. Temukan Lokasi

    Temukan sebuah jalur yang memungkinkan Anda untuk berjalan bolak-balik sebanyak 10-15 langkah, tempat yang relatif damai, dimana Anda tidak akan diganggu atau bahkan diamati (karena meditasi berjalan yang lambat dapat terlihat aneh bagi orang yang tidak terbiasa dengan itu), Anda dapat berlatih meditasi berjalan baik di dalam maupun diluar ruangan.

    Jalurnya tidak harus panjang karena tujuan dari meditasi berjalan bukan untuk mencapai tujuan atau tempat tertentu, hanya untuk berlatih cara untuk berjalan dengan disengaja dimana Anda kebanyakan menelusuri kembali langkah Anda.

  2. Mulai Langkah Anda

    Berjalan sebanyak 10-15 langkah di sepanjang jalur yang telah Anda pilih, lalu berhenti dan bernapas selama yang Anda suka, jika Anda sudah siap, berbelok dan berjalan ke arah yang berlawanan ke ujung lain jalur, dimana Anda dapat berhenti dan bernapas lagi, kemudian, jika Anda sudah siap, berputar sekali lagi dan lanjutkan berjalan.

  3. Komponen dari Setiap Langkah

    Meditasi berjalan melibatkan suatu pemikiran yang cermat dan melakukan serangkaian tindakan yang biasanya selama ini Anda lakukan secara otomatis, memecah langkah-langkah ini dalam pikiran Anda mungkin untuk pertama akan terasa canggung, bahkan mungkin terasa konyol, tetapi Anda harus mencoba memperhatikan setidaknya empat komponen dasar ini dari setiap langkah :

    1. Mengangkat satu kaki.
    2. Gerakkan kaki sedikit ke depan dari tempat Anda berdiri.
    3. Menempatkan kaki di lantai, biarkan sementara waktu.
    4. Geser beban tubuh ke kaki depan ketika tumit belakang terangkat sedangkan jari-jari tetap menyentuh lantai atau tanah.

    Kemudian siklus berlanjut, ketika Anda :

    1. Angkat kaki belakang Anda secara sepenuhnya dari tanah.
    2. Amati bagian kaki belakang ketika mengayun ke depat dan ke bawah.
    3. Amati bagian kaki belakang ketika bersentuhan dengan tanah, tumit terlebih dahulu.
    4. Rasakan ketika beban bergeser ke kaki pada saat tubuh bergerak maju.

  4. Kecepatan

    Anda dapat berjalan dengan kecepatan berapa pun, tetapi dalam sebuah program bernama Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) yang di gagas oleh Jon Kabat-Zinn, meditasi berjalan adalah berjalan dengan lambat dan terdiri dari langkah-langkah yang kecil, yang paling penting adalah kesan yang alami, tidak berlebihan atau bergaya.

  5. Tangan dan Lengan

    Anda dapat menggenggam tangan Anda di belakang punggung atau di depan Anda, atau Anda dapat membiarkannya menggantung di bagian samping Anda, yang terpenting pilih yang Anda rasa paling nyaman.

  6. Fokuskan Perhatian

    Ketika Anda berjalan, cobalah untuk memfokuskan perhatian Anda pada satu atau lebih sensasi yang biasanya selama ini Anda anggap remeh, seperti napas yang keluar masuk dari tubuh Anda, gerakan kaki Anda atau kontak kaki dengan tanah atau lantai, kepala yang seimbang antara leher dan bahu Anda, suara-suara yang ada di dekat Anda atau yang di sebabkan oleh gerakan tubuh Anda atau apa pun yang dapat dilihat mata Anda ketika mereka fokus pada apa yang ada di depan Anda.

  7. Apa yang Harus Dilakukan Ketika Pikiran Mengembara

    Tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba untuk dapat memusatkan perhatian Anda pada salah satu sensasi yang ada, pikiran Anda pasti akan berkelanan, itu merupakan hal yang wajar, ketika Anda menyadari pikiran Anda mulai mengembara, cukup untuk kembali fokus pada salah satu sensasi yang ada.

  8. Mengintegrasikan Meditasi Berjalan ke Dalam Kehidupan Sehari-hari

    Semakin banyak Anda berlatih, bahkan dalam waktu yang singkat, semakin besar kemungkinannya memiliki manfaat pada diri Anda, Anda juga dapat membawa mindfulness pada kegiatan berjalan Anda dengan kecepatan berapapun di dalam kehidupan sehari-hari Anda dan bahkan dengan berlari, meskipun tentu saja kecepatan langkah dan napas Anda akan berubah.

    Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mencoba membawa tingkat kesadaran yang sama ini ke dalam kegiatan sehari-hari, mengalami sensasi atau sebuah rasa kehadiran yang selalu tersedia bagi kita di setiap saatnya.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara