Manfaat Meditasi Berjalan

Meditasi Berjalan

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara

Meski disebut dengan meditasi berjalan, bukan juga berarti kita berjalan seperti zombie dengan kedua mata tertutup, sebaliknya, kita berjalan dengan penuh perhatian menggunakan teknik meditasi, dengan mata terbuka lebar, kecepatan berjalan yang cocok untuk kita dan perhatian kita pada lingkungan mana pun tempat kita berada.

Pada dasarnya, berjalan menjadi sebuah alat untuk membiasakan diri dengan momen pada saat ini, kita melakukannya dengan mengarahkan pikiran, alih-alih mengarahkan fokus pada pernapasan kita, seperti yang biasa kita lakukan dengan meditasi duduk, fokus kita arahkan pada ritme berjalan kita.

Sebagian besar waktu kita dihabiskan dengan cara yang terburu-buru dari satu tempat ke tempat yang lain, kita begitu sibuk untuk memikirkan aktivitas-aktivitas selanjutnya sehingga kita jarang untuk memperhatikan apa yang sedang kita lakukan saat ini, membuat kita seakan-akan tidak benar-benar mengalami hidup yang kita sendiri jalani.

Mempraktikkan mindfulness dapat membantu, mindfulness akan membantu kita dalam menyelaraskan apa yang kita rasakan dan alami pada saat ini, ini adalah suatu kemampuan untuk memperhatikan pikiran, perasaan dan sensasi tubuh kita, tanpa perlu memberikannya suatu penilaian, penelitian juga menunjukkan bahwa hal ini tidak hanya dapat mengurangi tingkat stres, tetapi juga dapat meningkatkan pengalaman kita terhadap berbaga emosi yang positif.

Salah satu metode dalam menumbuhkan mindfulness adalah dengan melakukan meditasi berjalan, yang melibatkan pemusatan perhatian pada pengalaman fisik ketika sedang berjalan, memperhatikan setiap komponen yang spesifik dari setiap langkah yang ada.

Dengan latihan ini, tindakan sehari-hari yang selama ini Anda lakukan secara otomatis, bahkan cenderung tanpa berpikir, dapat menjadi sebuah peluang yang lebih besar untuk dapat melakukan fokus dan mindfulness, sebuah kebiasaan yang dapat Anda coba bawa ke dalam berbagai aktivitas sehari-hari Anda lainnya.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara