Manfaat Meditasi Body Scan

wanita bermeditasi

Para ahli telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan kesehatan fisik dan emosional dengan berbagai cara, diantaranya :

  • Tidur yang lebih baik.
  • Menghilangkan kecemasan dan stres.
  • Kesadaran diri yang lebih besar.
  • Lebih menyayangi diri sendiri.
  • Mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  • Mengurangi rasa mengidam sesuatu.

Membantu berhenti merokok.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari meditasi yang paling banyak diteliti.

Untuk Tidur

Sebuah ulasan kesehatan di tahun 2019 menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat membantu dalam mengurang dampak dari beberapa jenis masalah tidur dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurut American Academy of Pediatrics, latihan meditasi pemindaian tubuh atau body scan secara teratur sebelum waktu tidur sangat membantu dalam meredakan insomnia.

Apa yang membuat meditasi sangat efektif mengatasi masalah tidur?

Banyak orang menjadi sulit tidur dengan nyenyak ketika memiliki perasaan khawatir atau sedang stres, karena meditasi dapat emmbuat Anda menjadi rileks, melepaskan pikiran-pikiran yang mengganggu dan memberikan rasa lebih tenang secara keseluruhan, latihan meditasi secara teratur sering kali dapat meredakan stres dan menghilangkan perasaan khawatir yang menjadi sumber masalah dari sulitnya tidur dengan nyenyak.

Untuk Stres dan Kecemasan

Banyak penelitian yang mendukung meditasi sebagai sebuah cara yang berpotensi membantu dalam menghilangkan stres dan kecemasan, penelitian di tahun 2013 menunjukkan bahwa meditasi mindfulness memiliki potensi mengurangi gejala-gejala kecemasan umum, para peneliti juga mencatat latihan mindfulness-based stress reduction dapat berdampak positif pada kemampuan dalam mengelola stres.

Sebuah tinjauan di tahun 2014 terhadap 47 uji klinis juga menemukan berbagai hal positif dari meditasi mindfulness, meditasi ini terbukti sebagai sebuah pendekatan yang berguna dalam mengatasi kecemaan dan stres.

Untuk Rasa Sakit

Jika Anda pernah mengalami suatu rasa sakit yang parah, pada saat itu Anda kemungkinan akan sulit untuk memikirkan hal lainnya, hal ini merupakan pengalaman sehari-hari bagi orang-orang yang menderita nyeri kronis, rasa sakit seperti ini dapat membawa dampak negatif secara signifikan pada hidup Anda.

Meditasi mungkin tidak dapat menghilangkan rasa sakit tersebut, tetapi hasil dari meditasi, seperti kesadaran akan tubuh dan keadaan emosional Anda, dapat membantu mengubah cara Anda berpikir terhadap rasa sakit itu, peningkatan kesadaran dan penerimaan rasa sakit akan mengarah kepada sebuah pandangan yang jauh lebih baik.

Sebuah tinjuan di tahun 2017 terhadap 13 penelitian menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat membantu dalam mengurangi efek-efek yang terkait dengan nyeri kronis, seperti depresi atau penurunan kualitas hidup, manfaat ini mungkin akan memiliki dampak yang lebih tahan lama jika dibandingkan dengan perawatan-perawatan standar yang ada bagi nyeri kronis.

Jon Kabat-Zinn, seorang mentor meditasi dan pakar dalam bidang stres, merekomendasikan meditasi body scan sebagai jenis meditasi yang paling berguna dalam mengurangi rasa sakit.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara | Tips Untuk Pemula