Tips Untuk Pemula Dalam Meditasi Body Scan

meditasi pemula

Jika pemindaian tubuh atau jenis-jenis meditasi lain tampaknya tidak memberikan perubahan di awal, cobalah untuk tidak berkecil hati, butuh beberapa waktu untuk dapat membiasakan diri dengan meditasi dan itu merupakan hal yang normal terjadi, berikut beberapa saran yang perlu Anda perhatikan :

Jangan Khawatir Dengan Kesempurnaan

Dalam hal meditasi, tidak ada satu pun pendekatan yang “benar”, pada akhirnya. jenis meditasi terbaik adalah yang berhasil untuk diri Anda sendiri, banyak orang merasa terbantu dengan bermeditasi pada waktu yang sama di setiap harinya dan juga di tempat yang sama, hal ini dapat membentuk suatu kebiasaan, tetapi tidak perlu juga khawatir terkadang Anda harus mempersingkat waktu bermeditasi Anda.

Bermeditasi selama 15 menit atau bahkan hanya 5 menit, lebih baik daripada tidak bermeditasi sama sekali, terkadang Anda mungkin akan teralihkan dan ini bukanlah suatu masalah, setiap orang mengalaminya, ketimbang pusing dan menyulitkan diri sendiri, selalu dorong diri Anda untuk terus mencobanya.

Meditasi Bisa Dimana Saja

Mungkin lebih mudah untuk bermeditasi di rumah, tetapi Anda bisa berlatih meditasi dimana saja.

  • Lelah atau sedang merasa tegang di tempat kerja? Istirahatlah 5 menit untuk melakukan meditasi body scan dengan singkat.
  • Cranky ketika berada di perjalanan pulang kerja? latih diri dengan penerimaan dan kasih sayang melalui meditasi cinta kasih.

Jika Anda merasa tidak nyaman dalam sebuah pose meditasi tradisional, seperti duduk dengan menyilangkan kaki, Anda bisa mencobanya dengan berbaring, berdiri atau bahkan kamu bisa bermeditasi di luar ruangan.

Hindari Meditasi Untuk Tujuan Tertentu

Anda mungkin berlatih meditasi dikarenakan suatu alasan, Anda mungkin ingin mengurangi stres, relaksasi atau meningkatkan kualitas dari tidur Anda, tetapi jika Anda melakukannya dengan tujuan tertentu, Anda mungkin akan merasa sangat fokus untuk mencoba mencapainya sehingga Anda akan kesulitan dalam memusatkan perhatian pada sensasi-sensasi di tubuh Anda.

Jika Anda mulai merasa meditasi tidak berhasil, Anda mungkin akan menjadi lebih stres dibanding ketika Anda memulainya, lebih membantu untuk memulainya dengan satu tujuan yang sederhana, yaitu, mempelajari lebih lanjut tentang apa yang tubuh Anda katakan.

Meditasi Body Scan

Meditasi terus mendapatkan popularitasnya sebagai sebuah praktik kesehatan yang membawa banyak manfaat, banyak ahli merekomendasikannya sebagai cara yang berguna dalam mengelola berbagai emosi negatif, sementara meditasi pemindaian tubuh atau body can meditation melibatkan lebih sedikit resiko, meditasi mindfulness terkadang dapat memperburuk depresi atau kecemasan yang ada, jika Anda menyadari berbagai pikiran atau emosi yang terasa gelap dan tidak diinginkan, segera hubungi terapis Anda sebelum mulai melanjutkan kembali.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara | Tips Untuk Pemula