Meditasi Mantra

Meditasi Mantra

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara

Mantra merupakan istilah dari bahasa Sanskerta, dengan “Man” berarti pikiran dan “Tra” berarti pelepasan.

jadi mantra bisa diartikan sebagai sebuah kata atau frasa yang Anda ulang-ulang selama meditasi, meditasi mantra ini adalah sebuah alat untuk membantu melepaskan pikiran Anda, hal ini dapat membuat banyak perbedaan, terutama jika Anda kesulitan dalam berkonsentrasi atau tidak memiliki kerangka berpikir yang benar.

Banyak orang merasakan bahwa menggunakan mantra dapat meningkatkan kesadaran dan meningkatkan konsentrasi, karena dapat membantu Anda untuk tetap fokus, sehingga mantra dapat meningkatkan hasil dari suatu meditasi.

Memilih Mantra

Dalam hal menemukan mantra untuk Anda sendiri, tidak ada cara yang salah dalam melakukannya, beberapa mantra sederhana beasal dari suku kata atau suara vokal, seperti “om” atau “aum” yang banyak di gunakan oleh banyak orang, suara singkat ini memiliki banyak sekali kekuatan, banyak yang menganggapnya sebagai suara asli dari alam semesta.

Jenis umum lainnya dari meditasi mantra adalah berasal dari bahasa Sanskerta “So Hum” ayau “I am”.

Jenis mantra lainnya yang terkait dengan tujuan yang lebih spesifik diantaranya :

  • Mantra dewa.
  • Mantra penyembuhan.
  • Mantra chakra.

Jika Anda memiliki suatu tujuan atau niat tertentu di balik latihan meditasi Anda, mengapa tidak memasukkannya ke dalam mantra Anda?

Untuk merasa lebih tenang atau meredakan suasana hati yang buruk, sebagai contoh, Anda bisa memilih suatu kata atau frasa seperti :

  • “Saya tenang.”
  • “Hidupku penuh dengan kegembiraan.”

Bahkan kata-kata “tenang”, “kegembiraan” atau “kebaikan” dapat berfungsi sebagai sebuah mantra yang efektif, jika Anda memang ingin membuatnya tetap pendek.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara