Cara Melakukan Meditasi Mantra

Meditasi Mantra

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit.

Setelah Anda telah memiliki suatu mantra, kini saatnya untuk mulai menggunakannya.

  1. Merasa Nyaman

    Temukan sebuah tempat yang tenang di mana Anda dapat bermeditasi tanpa gangguan, temukan suatu posisi yang sekiranya dapat Anda pertahankan selama meditasi Anda, apakah dengan duduk dilantai, di kursi, berbaring atau bahkan berjalan, mudras atau posisi tangan, dapat membantu beberapa orang lebih mudah masuk ke dalam kerangka berpikir yang meditatif, namun itu tidak wajib.

  2. Setel Pengatur Waktu

    Tentukan berapa lama Anda ingin bermeditasi, untuk awal tentukan diantar 3 – 30 menit, kemudian atur sebuah timer, pertimbangkan untuk menggunakan suara yang tenang dan menenangkan untuk suara alarmnya, seperti ombak laut atau kicau burung, agar tidak mengganggu Anda dari keadaan meditasi yang damai.

  3. Mulai Dengan Beberapa Tarikan Napas Dalam

    Perhatikan pernapasan Anda tanpa perlu untuk melakukan sesuatu apa pun untuk mencoba dan merubahnya, fokus saja pada sensasi napas ketika memasuko bagian paru-paru Anda dan mengisi tubuh Anda.

  4. Gunakan Mantra Anda

    Lanjutkan bernapas secara perlahan dan mantap melalui hidung ketika Anda mulai merapalkan mantra, Anda dapat mengucapkannya secara lantang (ini mungkin akan membantu untuk mantra yang dimaksudkan menghasilkan getaran) atau Anda bisa mengulanginya di dalam hati, sering kali dapat membantu bila menyelaraskan mantra dengan pernapasan Anda.

  5. Biarkan Napas Membimbing Anda

    Ketika Anda mulai tenggelam dalam meditasi, mantra dan pernapasan Anda pada akhirnya akan menyesuaikan diri dengan ritme yang ada, kecuali jika Anda mencoba suatu teknik pernapasan tertentu, dengan mengikuti aliran napas ini dapat membantu meditasi Anda terasa lebih alami.

  6. Arahkan Pikiran yang Berkeliaran Untuk Kembali Secara Lembut

    Ketika Anda bermeditasi, Anda mungkin akan menyadari bahwa perhatian Anda mulai mengembara, jika hal ini terjadi, jangan mencoba dan memaksa pikiran yang tidak diinginkan itu untuk pergi, cukup akui saja, lepaskan, lalu kembali dengan lembut dan perlahan ke mantra Anda.

  7. Tutup Meditasi

    Ketika timer Anda berbunyi, jangan langsung menyelesaikannya begitu saja, luangkan beberapa saat untuk duduk dengan pikiran Anda yang telah tenang (semoga), periksa diri Anda, apakah Anda telah menjadi lebih rileks? Lebih optimis? Bagian menutup meditasi ini juga memungkinkan Anda memeriksa diri sendiri dan melacak kemajuan-kemajuan yang telah Anda capai.

Kebanyakan orang yang bermeditasi melakukannya karena berbagai alasan, apakah itu untuk sekedar relaksasi, menumbuhkan rasa empati atau dalam rangka menjaga kesehatan diri baik fisik maupun mental.

Memilih mantra yang dapat mencerminkan tujuan Anda dapat membantu Anda utnuk tetap fokus pada apa yang Anda inginkan dari sebuah meditasi, hal ini dapat memperkuat komitmen Anda untuk terus berlatih dan memaksimalkan manfaat dari meditasi.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara