Manfaat Meditasi Mantra

Meditasi Mantra

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara

Anda dapat melakukan meditasi mantra dengan banyak cara dan tidak ada satu pendekatan yang paling benar, baik Anda yang berlatih meditasi mantra atau gaya meditasi lainnya, Anda biasanya akan mendapatkan manfaat umum yang sama, diantaranya adalah :

  • Meningkatkan kesadaran diri.
  • Mengurangi stres.
  • Perasaan yang lebih tenang.
  • Lebih menyayangi diri sendiri.
  • Pandangan yang lebih positif.

Beberapa manfaat tambahan dari meditasi mantra meliputi :

Peningkatan Fokus

Meditasi tidak mudah bagi kebanyakan orang dan banyak orang yang membutuhkan waktu dan latihan untuk dapat mempertahankan fokusnya, mantra dapat mempermudah hal ini dengan mengurangi pikiran-pikiran yang berkeliaran.

Jika Anda mengulangi mantra, baik di dalam kepala Anda atau dengan suara keras, mantra tersebut akan memenuhi kesadaran Anda dan kemudian membantu untuk mencegahnya melayang ke arah yang lain.

Mantra ini bisa sangat membantu jika pikiran Anda cenderung banyak mengembara ketika Anda mencoba untuk bermeditasi.

Memperkuat Tujuan Meditasi

Banyak para praktisi meditasi percaya bahwa getaran dan harmoni pada pengucapan dari suku kata tertentu dapat memungkinkan terjadinya suatu keadaan meditasi yang lebih dalam, meditasi yang mendalam ini dapat membantu Anda melepaskan energi yang yang selama ini terhalang yang mungkin mengganggu kesehatan Anda.

Anda dapat memiliki suatu kata atau frasa tertentu yang dapat menekankan alasan Anda bermeditasi, seperti kata dalam bahasa Sanskerta “shanti” yang berarti “damai”.

Melakukan meditasi dengan kata yang Anda suka, atau kata yang membuat Anda merasa bahagia juga bisa memperkuat perasaan tenang atau gembira.

Beberapa orang memilih mantra yang berfungsi ganda sebagai penegasan, seperti :

  • “Saya memiliki belas kasih untuk diri saya sendiri dan orang lain.”
  • “Setiap hari adalah awal yang baru.”

Memilih frase yang memberi penegasan juga dapat membantu mengarahkan kesadaran Anda pada niat-niat Anda, meditasi dapat membuat Anda frustrasi Anda tidak melihat hasilnya, tetapi dengan secara teratur mengulangi mantra yang mencerminkan visi Anda yang ditujukan unutk diri sendiri dapat meningkatkan kemungkinan hal itu menjadi kenyataan.

Perubahan di Otak

Menurut sebuah penelitian kecil dari tahun 2012, meditasi mantra dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, setelah melakukan 8 minggu meditasi Kriya Kirtan, sejenis meditasi kundalini yang melibatkan mantra, 15 lansia yang memiliki masalah pada memori, menunjukkan peningkatan pada aliran darah di otak dan fungsi otak.

Perubahan pada otak ini mengarah pada :

  • Meningkatkan mood dan kesejahteraan.
  • Mengurangi kecemasan.
  • Lebih sedikit lelah.
  • Meningkatkan memori visuospasial dan verbal.

Menurut penelitian di tahun 2017, mengucapkan mantra tertentu dapat merangsang perubahan seperti diatas, karena pengucapan mantra dapat membantu dalam menyinkronkan sisi kiri dan kanan otak dan mendorong munculnya gelombang otak yang menenangkan (alfa), sinkronasi yang terjadi ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak dari waktu ke waktu dan mungkin dapat memperlambat penurunan yang terjadi pada fungsi kognitif.

Lebih Baik Dalam Mengontrol Napas

Mengulangi mantra ketika bermeditasi juga dapat membantu Anda dalam menemukan ritme pernapasan yang alami, dibutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan latihan pernapasan meditatif, menyesuaikan napas dengan mantra Anda dapat membuat proses ini menjadi lebih mudah dan membantu Anda merasa rileks pada saat yang bersamaan.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara