Cara Melakukan Meditasi Metta

Meditasi Metta

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara

Anda tidak memerlukan peralatan atau perlengkapan khusus untuk memulai meditasi cinta kasih atau metta, Anda juga dapat melakukannya dimanapun Anda suka, didalam rumah, di halaman Anda atau bahkan di ruangan kerja Anda, cobalah untuk memilih tempat yang paling tidak mungkin mengganggu Anda, kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Duduk Dalam Posisi yang Nyaman

    Tutup mata Anda, tarik satu kali napas dalam-dalam melalui hidung dan lanjutkan bernapas juga dengan dalam.

  2. Fokus Pada Pernapasan Anda

    Bayangkan napas Anda mengalir ke seluruh area tubuh Anda, fokus ke hati Anda.

  3. Pilih Frase yang Baik dan Positif

    Ucapkan kalimat pilihan Anda di dalam hati, arahkan ke diri Anda sendiri, Anda bisa berkata, “semoga saya bahagia, semoga saya aman, semoga saya menemukan kedamaian”.

  4. Ulangi Frase Tersebut Secara Perlahan

    Akui arti dan maknanya dan akui bagaimana perasaan Anda, jika perhatian Anda mulai teralihkan, hindari untuk menghakimi diri sendiri, cukup kembali ke frase atau kalimat tersebut dan terus ulangi.

  5. Sekarang, Perhatikan Tentang Teman dan Keluarga Anda

    Anda dapat memikirkan tentang orang tertentu atau sekelompok orang, ucapkan suatu frase, kalimat atau ungkapan kepada mereka, “semoga kamu bahagia, semoga kamu aman, semoga kamu menemukan kedamaian”, sekali lagi, kenali dan amati makna dan perasaan Anda.

  6. Teruskan Mengucapkan Frase atau Ungkapan itu Kepa orang Lainnya, Termasuk Tetangga, Kenalan dan Seseorang yang Meungkin Tidak Anda Sukai

    Kenali emosi-emosi Anda, meskipun negatif, ulangi kalimat tersebut sampat Anda mengalami suatu perasaan yang welas asih.

Beberapa orang menggunakan perumpamaan visual ketika melafalkan setiap frasa, misalnya, Anda dapat membayangkan cahaya memancar dari hati Anda atau orang yang sedang Anda pikirkan, Anda juga dapat merubah frasa Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selama melakukan meditasi metta, Anda melafalkan berbagai kalimat positif terhadap diri sendiri dan orang lain, latihan ini bertujuan untuk dapat menumbuhkan suatu kondisi mental dari kebaikan, cinta dan kasih sayang.

Jika dilakukan secara teratur, meditasi metta dapat membantu meminimalkan berbagai emosi negatif terhadap diri sendiri dan orang lain, seperti bentuk meditasi indfulness lainnya, meditasi metta juga dapat mengurangi stres dan rasa sakit secara fisik.

Jika Anda ingin mencoba meditasi metta atau cinta kasih, bersabarlah dan terbukalah pada pengalaman yang Anda akan alami, berlatih selama beberapa menit tiap harinya dapat membantu membuat perbedaan dari waktu ke waktu.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara