Cara Melakukan Meditasi Zen

Meditasi Zen

  1. Pengertian
  2. Gejala
  3. Penyebab
meditasi zen

Berikut 3 bentuk teknik meditasi Zen yang paling umum dan dikenal luas pleh para praktisi meditasi di seluruh dunia.

Pengamatan Nafas

Para meditator harus mengambil posisi yang nyaman seperti pose Burma, setengah lotus atau Seiza selama melakukan zazen, yang terbaik adalah melakukannya dengan duduk diatas mat atau bantal yang empuk, bisa juga dilakukan dengan duduk di kursi.

Kesadaran diarahkan menuju objek meditasi tertentu, pada umumnya dengan mengamati pernapasan khususnya mengamati pergerakan nafas masuk dan keluar pada daerah perut, metode ini menumbuhkan rasa akan kehadiran kita pada saat ini dan kewaspadaan diri.

Kesadaran Pada Ketenangan

Bentuk meditasi ini tidak berhenti hanya pada suatu titik fokus seperti nafas, disini, para meditator belajar untuk membiarkan pikiran mengalir melalui benak mereka tanpa suatu bentuk penghakiman atau penolakan, orang Jepang menyebut praktik ini dengan sebutan Shikantaza, atau “hanya duduk”, teknik meditasi Zen yang ini dilakukan tanpa sebuah objek.

Hal ini mengajarkan bahwa tidak ada tujuan, meditator “hanya duduk” dan membiarkan pikiran mereka menjadi apa adanya, penting untuk diingat oleh para praktisi meditasi Zen, bahwa zazen bukanlah sebuah sarana untuk mencapai tujuan melainkan ini adalah tujuan itu sendiri.

Meditasi Berkelompok Yang Intensif

Berisi para meditator yang serius dan secara teratur berlatih meditasi dalam kelompok yang berlangsung ketat di sebuah pusat meditasi atau kuil, orang Jepang menyebut latihan ini dengan sebutan Sesshin, selama periode meditasi yang intensif ini para praktisi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi duduk, tiap sesi berlangsung sekitar 30-50 menit, diselingi dengan meditasi jalan, istirahat singkat dan makan.

Makanan diambil dengan diam dan hening sebagai bagian dari latihan, biasanya dengan mangkuk oryoki, saat ini banyak terdapat retret meditasi Zen seperti ini di negara-negara seperti Taiwan, Jepang dan juga Dunia Barat.

Apakah Meditasi Zen Tepat Untuk Anda?

meditasi zen

Ketika berbicara tentang meditasi, penting untuk menemukan bentuk meditasi mana yang paling cocok untuk Anda, penelitian menunukkan bahwa meditasi metode Zen tidak selalu menjadi meditasi yang di favoritkan, bahkan terkadang meditasi Zen berada pada urutan bawah dalam hal meditasi terfavorit.

Dalam sebuah studi pada tahun 2012, para mahasiswa menghabiskan tujuh hari untuk berlatih meditasi jenis tertentu selama empat minggu, di akhir penelitian, mereka diminta untuk membuat peringkat meditasi berdasarkan kesukaan pribadi, dengan hasil yang signifikan banyak dari partisipan yang memberi peringkat Vipassana (mindfulness) dan meditasi mantra lebih tinggi daripada meditasi Zen.

meditasi zen

Meditasi bisa sangat berguna untuk menunjang keseharian hidup Anda dan juga sebagai alat yang ampuh dalam mengatasi berbagai problem kesehatan fisik maupun mental, meditasi Zen adalah salah satu alat yang bisa menjadi senjata Anda dalam menjalani hidup bahagia ditengah kehidupan yang penuh dengan tantangan dan perubahan yang cepat dan terjadi tiap harinya.

Referensi

Pengertian | Manfaat | Cara