Jenis Meditasi

Meditasi adalah sebuah istilah umum bagi berbagai cara untuk menuju suatu keadaan rileks, terdapat banyak jenis teknik relaksasi yang memiliki berbagai komponen dari meditasi, semua berbagi tujuan yang sama, mencapai kedamaian bathin.

Berbagai cara dan jenis meditasi yang bisa Anda lakukan diantaranya :

  • Meditasi terpandu. Dengan metode meditasi ini Anda membentuk berbagai gambaran mental tentang tempat-tempat atau situasi-situasi yang menurut Anda menenangkan, Anad akan mencoba untuk menggunakan panca-panca indra sebanyak mungkin, seperti penciuman, penglihatan, pendengaran dan peraba, Anda juga mungkin akan dibimbing melalui proses ini oleh seorang instruktur atau mentor.
  • Meditasi mantra. Dalam jenis meditasi ini, Anda secara diam mengulangi suatu kata, pikiran atau frasa yang menenangkan untuk mencegah berbagai pikiran yang mengganggu.
  • Meditasi mindfulness. Jenis meditasi ini didasarkan pada kesadaran atau peningkatan kesadaran dan penerimaan terhadap hidup pada saat ini, dalam meditasi kesadaran Anda memperluas kesadaran Anda, fokus pada apa yang Anda alami selama meditasi, misalnya, aliran napas Anda, Anda dapat melakukan observasi terhadap pikiran-pikiran dan emosi-emosi yang datang, tetapi biarkanlah semua itu berlalu tanpa perlu menghakiminya.
  • Qi gong. Latihan ini pada umumnya menggabungkan meditasi, relaksasi, gerakan fisik dan latihan pernapasan guna memulihkan dan menjaga keseimbangan, Qi gong (CHEE-gung) merupakan bagian dari pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok.
  • Tai Chi. Merupakan salah satu bentuk seni bela diri dengan gerakan lembut yang berasal dari Tiongkok, dalam tai chi, Anda melakukan serangkaian pose atau gerakan-gerakan yang disesuaikan dengan kondisi Anda secara perlahan dan anggun sambil melatih pernapasan dalam.
  • Meditasi Transendental. Meditasi transendental adalah sebuah teknik alami yang sederhana, dalam jenis meditasi ini Anda secara diam mengulangi mantra yang telah ditugaskan secara pribadi, seperti kata, suara atau frasa dan dengan suatu cara tertentu, bentuk meditasi ini memungkinkan tubuh Anda untuk menetap dalam keadaan istirahat dan relaksasi yang mendalam untuk mencapai kedamaian bathin tanpa perlu menggunakan konsentrasi atau usaha.
  • Yoga. Anda melakukan serangkaian postur dan latihan pernapasan yang terkendali untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh dan pikiran yang tenang, saat Anda melakukan berbagai poses yang membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi, Anda didorong untuk melepaskan fokus pekerjaan atau kesibukan dan membawa fokus tersebut hanya untuk saat ini.

Berbagai Elemen Meditasi

pasangan bermeditasi di alam

Jenis-jenis meditasi yang berbeda juga memiliki berbagai fitur yang berbeda yang berguna membantu Anda bermeditasi, hal ini dapat bervariasi tergantung pada bimbingan siapa yang Anda ikuti atau siapa yang mengajar kelas meditasi Anda.

Beberapa ciri paling umum dalam meditasi diantaranya :

  • Perhatian yang terfokus. Memfokuskan pada perhatian pada umumnya merupakan salah satu elemen paling penting dari bermeditasi, memfokuskan perhatian adalah hal yang dapat membantu Anda membebaskan pikiran Anda dari banyak gangguan yang dapat menyebabkan stres dan rasa khawatir, Anda dapat memfokuskan perhatian Anda pada berbagai hal, seperti objek-objek tertentu, gambar, mantra atau bahkan pernapasan Anda.
  • Pernapasan santai. Teknik ini melibatkan pernapasan dalam dan teratur menggunakan otot diafragma guna mengembangkan paru-paru Anda, tujuannya adalah untuk memperlambat laju pernapasan, menghirup lebih banyak oksigen dan mengurangi penggunaan otot bahu, leher dan dada bagian atas pada saat bernapas sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih efisien.
  • Tempat yang tenang. Jika Anda seorang pemula, berlatih meditasi mungkin akan lebih mudah jika Anda berada di suatu tempat yang tenang dengan sedikit gangguan, termasuk gangguan dari televisi, radio ataupun ponsel, ketika Anda semakin terampil dalam bermeditasi, Anda kemungkinan dapat melakukannya dimana saja, terutama dalam situasi stres yang tinggi dimana Anda mendapatkan manfaat paling banyak dari bermeditasi, seperti kemacetan lalu lintas, rapat kerja yang penuh dengan tekanan atau dalam sebuah antrean panjang di toko bahan makanan.
  • Posisi yang nyaman. Anda dapat berlatih meditasi baik ketika duduk, berbaring, berjalan atau dalam posisi atau aktivitas lainnya, berusahalah untuk dapat merasa nyaman sehingga Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari meditasi Anda.
  • Sikap terbuka. Biarkan pikiran-pikiran melewati isi kepala Anda tanpa perlu memberikan penilaian.

Referensi

  • Meditation: A simple, fast way to reduce stress. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/meditation/in-depth/meditation/art-20045858
  • Meditation: In depth. National Center for Complementary and Integrative Health. https://nccih.nih.gov/health/meditation/overview.htm. Accessed Jan. 5, 2017.
  • Goyal M, et al. Meditation programs for psychological stress and wellbeing: A systematic review and meta-analysis. JAMA. 2014;174:357.
  • Sharma M, et al. Mindfulness-based stress reduction as a stress management intervention for healthy individuals: A systematic review. Journal of Evidence-Based Complementary & Alternative Medicine. 2014;19:271.
  • Sood A, et al. On mind wandering, attention, brain networks, and meditation. Explore. 2013;9:136.
  • Seaward BL. Essentials of Managing Stress. 4th ed. Burlington, Mass.: Jones & Bartlett Learning; 2017.
  • Seaward BL. Meditation and mindfulness. In: Managing Stress: Principles and Strategies for Health and Well-Being. 8th ed. Burlington, Mass.: Jones & Bartlett Learning; 2015.
  • Sood A. Relaxation, meditation and prayer. In: The Mayo Clinic Guide to Stress-Free Living. Cambridge, Mass.: Da Capo Press/Lifelong Books; 2013.

Pengertian | Manfaat | Jenis | Cara