Pengertian Mindfulness & Penjelasan Lengkap

mindfulness

Di update pada

Di dunia yang sangat menantang dan bisa di bilang sering memusingkan saat ini sangat berpotensi mengganggu kondisi otak dan pikiran kita.

Di dunia yang sekarang serba teknologi tentunya memudahkan kita dan memanjakan kita dalam menjalani hidup dan aktivitas sehari-hari.

Maraknya berbagai jenis media sosial yang memiliki tujuan untuk menghubungkan kita dengan kawan lama atau bermacam kawan baru dari berbagai belahan bumi.

Namun terdapat ironi disini , bukannya mendekatkan secara utuh dalam kehidupan sosial malah yang terjadi kita semua seakan kehilangan interaksi serta ikatan emosional yang seharusnya kita dapatkan seperti sebelumnya di dalam tiap kehidupan sosial.

Selain itu banyak para oknum pengguna media sosial yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan berita-berita hoax yang sangat di ragukan kebenarannya.

Kalau sudah begini tentunya kegiatan kita di internet akan dapat merugikan diri kita sendiri , terutama sangat merugikan kesehatan mental dan pikiran kita.

Pikiran kita jadi dipaksa untuk mencerna informasi-informasi negatif yang seharusnya tidak perlu kita proses dan simpan ke memory otak , karena tentunya akan menyia-nyiakan energi kita yang harusnya dapat di alokasikan untuk hal yang lebih baik.

Selain dapat membuang energi , efek negatif lainnya yaitu akan membuat pikiran kita tidak tenang , gelisah , cemas sehingga dapat merusak keseimbangan kinerja otak , pikiran dan emosional kita.

namun jangan khawatir , untuk mencegah dampak negatif pada mental dan fisik kita ada beberapa hal yang mudah dan gratis dapat kita lakukan salah satunya adalah praktik Mindfulness.

Pengertian Mindfulness

pengertian mindfulness

Terdengar sepele namun sadarkah kalau seringkali kita tidak dalam kondisi mindful tanpa kita sendiri menyadarinya , contoh :

  • Saat makan kita sering tidak menyadari apa yang kita makan dan rasanya seperti apa , kita hanya menyadari saat sudah selesai makan.
  • Pada waktu perjalanan ke tempat kerja kita sering mengendarai motor atau mobil kita secara otomatis , kita sering tidak ingat proses kita menuju tempat kerja , jalan yang kita lalui , berapa lampu lalu lintas yang kita lewati , cuaca di sepanjang perjalanan , kita hanya menyadari kalau kita sudah berada di tempat kerja.
  • sewaktu kita mandi , sikat gigi bahkan saat mengenakan pakaianpun kita melakukannya secara otomatis dan tidak sadar.

Mindfulness adalah kegiatan dimana raga dan pikiran kita secara penuh kesadaran hadir pada saat ini , sadar kita ada dimana , sadar kita sedang berbuat apa , sadar apa yang kita rasakan serta tidak bereaksi secara berlebihan atas apa yang sedang terjadi di sekitar kita.

Beberapa contoh diatas sebenarnya tidaklah 100% salah , namun hal tersebut sangat mengindikasikan bahwa tubuh dan pikiran kita tidak bersama pada saat ini.

Saat kita mengendarai kendaran ke tempat kerja kita hanya terpikirkan beban kerja yang akan di hadapi , saat makan kita hanya melakukannya karena semata-mata karena harus makan dan saat mandi , sikat gigi , berpakaian pikiran kita sedang terbang ke tempat lain.

Apabila kebiasaan ini terus berlanjut akan sangat merugikan kesehatan kita , kita akan mudah dihinggapi stress , depresi , gangguan kecemasan yang tidak mungkin akan merambat ke sistem immune kita dan dapat menyebabkan berbagai penyakit fisik yang lebih serius.

Maka sangat penting bagi kita mulai sekarang sebisa mungkin lebih mindful dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari.

Jalan Menuju Mindfulness

mindfulness

Untuk meningkatkan kadar mindful kita agar optimal ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dan latih tiap harinya , kabar baiknya kita dapat melakukannya tanpa biaya.

Meditasi Mindfulness

Untuk meditasi sendiri sudah dikenal luas oleh para penduduk bumi sejak ribuan tahun lampau , di tiap agama memiliki tradisi meditasi sendiri-sendiri , budha , hindu , kristen dan islam punya metode dan istilah sendiri untuk perihal meditasi.

Meditasi mindfulness tidak terikat pada suatu agama tertentu bahkan metode meditasi mindfulness ini dikembangkan di dunia barat melalui kalangan ilmuwan-ilmuwan pada dekade 70an , salah satu pencetusnya adalah seseorang bernama Jon Kabat-Zinn di Amerika.

Jon Kabat-Zinn pada awalnya menciptakan program 8 minggu untuk menanggulangi stress yang bernama Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR).

Karena memiliki hasil yang sangat memuaskan dan memiliki ribuan hasil riset ilmiah yang dengan hasil luar biasa maka program yang di ciptakan oleh Kabat-Zinn mulai dikenal dunia , dan banyak di gunakan di berbagai pusat kesehatan , parlemen bahkan sekolah-sekolah sudah mulai massive menerapkannya , akhirnya program yang awalnya dikenal hanya sebagai Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) kini di dunia dikenal sebagai “The Mindfulness Movement”.

Meditasi Mindfulness pada umumnya adalah suatu kegiatan yang menitik beratkan pada observasi pernapasan kita , tentunya setelah kita menyiapkan posisi yang sudah rileks menurut kita , untuk penjelasan lengkapnya bisa lihat artikel khusus kami tentang cara melakukan meditasi mindfulness.

Latihan meditasi mindfulness bisa kamu lakukan kapan saja , 1 kali perhari , 2 kali , 3 kali tidak ada larangan atau aturan baku untuk itu , tapi untuk awalnya kami sarankan 5-10 menit , 2 kali perhari , sebentar tapi rutin akan memberi hasil yang baik , kalau sudah terbiasa kamu bisa perpanjang durasi di setiap meditasinya.

Perhatian Terhadap Hal-hal Kecil

Selain meditasi diatas , kita juga dapat meningkatkan kesadaran kita dengan mulai melakukan berbagai hal-hal kecil di keseharian kita , contoh :

  • Saat mencuci tangan di washtafel rasakan aliran air pada tangan dan jari-jari anda.
  • Pada saat makan pelankan kecepatan makan anda dan rasakan dengan penuh apa yang sedang anda makan dan kunyah , rasakan saat anda saat memasukkan kemulut , mengunyahnya hingga saat anda menelannya.
  • Bagi anda penikmat kopi anda bisa perhatikan aroma kopi sebelum meminumnya , saat anda mulai meminumnya rasakan dengan seksama saat rasa kopi mulai muncul di lidah anda.
  • Saat berkendara rasakan tangan anda menggenggam batang kemudi , rasakan teksturnya saat bersentuhan dengan jemari anda.
  • Saat angin menerpa kulit dan wajah anda rasakan sensasinya , nikmati.
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan mencoba merasakan dan menikmati di setiap aktivitas maka anda sedang meningkatkan kondisi mindful / sadar anda saat ini , anda dapat secara penuh jiwa dan raga melakukan berbagai kegiatan di atas.

Dampak positif dengan kedua cara diatas adalah pikiran anda tidak terbang kesana kemari saat melakukan sesuatu , anda dapat lebih fokus saat melakukan tugas serta dapat lebih menikmati setiap moment yang ada.

Manfaat Mindfulness

pengertian mindfulness

Mindfulness memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mental dan fisik kita , manfaat dibawah ini telah terbukti di berbagai uji coba dan penelitian science di berbagai lembaga penelitian di dunia , berikut beberapa di antaranya.

  • Menurunkan tingkat stres
  • Meningkatkan kinerja memori otak
  • Memiliki rasa kasih sayang yang tinggi
  • Kualitas hidup yang baik
  • Mengurangi kecemasan
  • Anti aging alami
  • Mencegah dan menangani depresi
  • Meningkatkan fokus
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah perasaan kesepian
  • Membentengi diri dari pikiran negatif
  • Membantu pemulihan pasca trauma pengobatan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Dan masih banyak lagi.

Segudang manfaat dengan mempraktikkan mindfulness dan bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun , tanpa perlu biaya atau membeli alat tertentu.

Baca Juga Artikel Mindfulness Lainnya