Mindfulness

Mindfulness

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara

Di dunia yang sangat menantang dan bisa di bilang sering memusingkan saat ini sangat berpotensi mengganggu kondisi otak dan pikiran kita.

Di dunia yang sekarang serba teknologi tentunya memudahkan kita dan memanjakan kita dalam menjalani hidup dan aktivitas sehari-hari.

Maraknya berbagai jenis media sosial yang memiliki tujuan untuk menghubungkan kita dengan kawan lama atau bermacam kawan baru dari berbagai belahan bumi.

Namun terdapat ironi disini , bukannya mendekatkan secara utuh dalam kehidupan sosial malah yang terjadi kita semua seakan kehilangan interaksi serta ikatan emosional yang seharusnya kita dapatkan seperti sebelumnya di dalam tiap kehidupan sosial.

Selain itu banyak para oknum pengguna media sosial yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan berita-berita hoax yang sangat di ragukan kebenarannya.

Kalau sudah begini tentunya kegiatan kita di internet akan dapat merugikan diri kita sendiri , terutama sangat merugikan kesehatan mental dan pikiran kita.

Pikiran kita jadi dipaksa untuk mencerna informasi-informasi negatif yang seharusnya tidak perlu kita proses dan simpan ke memory otak , karena tentunya akan menyia-nyiakan energi kita yang harusnya dapat di alokasikan untuk hal yang lebih baik.

Selain dapat membuang energi , efek negatif lainnya yaitu akan membuat pikiran kita tidak tenang , gelisah , cemas sehingga dapat merusak keseimbangan kinerja otak , pikiran dan emosional kita.

namun jangan khawatir , untuk mencegah dampak negatif pada mental dan fisik kita ada beberapa hal yang mudah dan gratis dapat kita lakukan salah satunya adalah praktik Mindfulness.

Pengertian Mindfulness

pengertian mindfulness

Terdengar sepele namun sadarkah kalau seringkali kita tidak dalam kondisi mindful tanpa kita sendiri menyadarinya , contoh :

  • Saat makan kita sering tidak menyadari apa yang kita makan dan rasanya seperti apa , kita hanya menyadari saat sudah selesai makan.
  • Pada waktu perjalanan ke tempat kerja kita sering mengendarai motor atau mobil kita secara otomatis , kita sering tidak ingat proses kita menuju tempat kerja , jalan yang kita lalui , berapa lampu lalu lintas yang kita lewati , cuaca di sepanjang perjalanan , kita hanya menyadari kalau kita sudah berada di tempat kerja.
  • sewaktu kita mandi , sikat gigi bahkan saat mengenakan pakaianpun kita melakukannya secara otomatis dan tidak sadar.

Mindfulness adalah kegiatan dimana raga dan pikiran kita secara penuh kesadaran hadir pada saat ini , sadar kita ada dimana , sadar kita sedang berbuat apa , sadar apa yang kita rasakan serta tidak bereaksi secara berlebihan atas apa yang sedang terjadi di sekitar kita.

Beberapa contoh diatas sebenarnya tidaklah 100% salah , namun hal tersebut sangat mengindikasikan bahwa tubuh dan pikiran kita tidak bersama pada saat ini.

Saat kita mengendarai kendaran ke tempat kerja kita hanya terpikirkan beban kerja yang akan di hadapi , saat makan kita hanya melakukannya karena semata-mata karena harus makan dan saat mandi , sikat gigi , berpakaian pikiran kita sedang terbang ke tempat lain.

Apabila kebiasaan ini terus berlanjut akan sangat merugikan kesehatan kita , kita akan mudah dihinggapi stress , depresi , gangguan kecemasan yang tidak mungkin akan merambat ke sistem immune kita dan dapat menyebabkan berbagai penyakit fisik yang lebih serius.

Maka sangat penting bagi kita mulai sekarang sebisa mungkin lebih mindful dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari.

Pengertian | Manfaat | Cara