Cara Menuju Mindfulness

Mindfulness

  1. Pengertian
  2. Manfaat
  3. Cara
pengertian mindfulness

Untuk meningkatkan kadar mindful kita agar optimal ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dan latih tiap harinya , kabar baiknya kita dapat melakukannya tanpa biaya.

Meditasi Mindfulness

Untuk meditasi sendiri sudah dikenal luas oleh para penduduk bumi sejak ribuan tahun lampau , di tiap agama memiliki tradisi meditasi sendiri-sendiri , budha , hindu , kristen dan islam punya metode dan istilah sendiri untuk perihal meditasi.

Meditasi mindfulness tidak terikat pada suatu agama tertentu bahkan metode meditasi mindfulness ini dikembangkan di dunia barat melalui kalangan ilmuwan-ilmuwan pada dekade 70an , salah satu pencetusnya adalah seseorang bernama Jon Kabat-Zinn di Amerika.

Jon Kabat-Zinn pada awalnya menciptakan program 8 minggu untuk menanggulangi stress yang bernama Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR).

Karena memiliki hasil yang sangat memuaskan dan memiliki ribuan hasil riset ilmiah yang dengan hasil luar biasa maka program yang di ciptakan oleh Kabat-Zinn mulai dikenal dunia , dan banyak di gunakan di berbagai pusat kesehatan , parlemen bahkan sekolah-sekolah sudah mulai massive menerapkannya , akhirnya program yang awalnya dikenal hanya sebagai Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) kini di dunia dikenal sebagai “The Mindfulness Movement”.

Meditasi Mindfulness pada umumnya adalah suatu kegiatan yang menitik beratkan pada observasi pernapasan kita , tentunya setelah kita menyiapkan posisi yang sudah rileks menurut kita , untuk penjelasan lengkapnya bisa lihat artikel khusus kami tentang cara melakukan meditasi mindfulness.

Latihan meditasi mindfulness bisa kamu lakukan kapan saja , 1 kali perhari , 2 kali , 3 kali tidak ada larangan atau aturan baku untuk itu , tapi untuk awalnya kami sarankan 5-10 menit , 2 kali perhari , sebentar tapi rutin akan memberi hasil yang baik , kalau sudah terbiasa kamu bisa perpanjang durasi di setiap meditasinya.

Perhatian Terhadap Hal-hal Kecil

Selain meditasi diatas , kita juga dapat meningkatkan kesadaran kita dengan mulai melakukan berbagai hal-hal kecil di keseharian kita , contoh :

  • Saat mencuci tangan di washtafel rasakan aliran air pada tangan dan jari-jari anda.
  • Pada saat makan pelankan kecepatan makan anda dan rasakan dengan penuh apa yang sedang anda makan dan kunyah , rasakan saat anda saat memasukkan kemulut , mengunyahnya hingga saat anda menelannya.
  • Bagi anda penikmat kopi anda bisa perhatikan aroma kopi sebelum meminumnya , saat anda mulai meminumnya rasakan dengan seksama saat rasa kopi mulai muncul di lidah anda.
  • Saat berkendara rasakan tangan anda menggenggam batang kemudi , rasakan teksturnya saat bersentuhan dengan jemari anda.
  • Saat angin menerpa kulit dan wajah anda rasakan sensasinya , nikmati.
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan mencoba merasakan dan menikmati di setiap aktivitas maka anda sedang meningkatkan kondisi mindful / sadar anda saat ini , anda dapat secara penuh jiwa dan raga melakukan berbagai kegiatan di atas.

Dampak positif dengan kedua cara diatas adalah pikiran anda tidak terbang kesana kemari saat melakukan sesuatu , anda dapat lebih fokus saat melakukan tugas serta dapat lebih menikmati setiap moment yang ada.

Pengertian | Manfaat | Cara