Stoicism Banyak di Gunakan Para Tokoh Dunia

pengertian stoic

Stoicism memiliki tiga tokoh central, Marcus Aurelius, kaisar romawi, orang paling berkuasa di dunia pada masanya, memiliki kebiasaan duduk setiap hari untuk menulis sendiri catatan tentang yang dialaminya tiap hari.

Epictetus yang hidup di situasi perbudakan dan berjuang untuk mendirikan sekolahnya sendiri di mana akhirnya ia mengajar banyak pemikir terbesar Roma.

Seneca, ketika Nero memaksanya untuk bunuh diri, yang ia lakukan justru memikirkan untuk membahagiakan istri dan teman-temannya.

Setelah mereka bertiga, stoicisme telah dipraktikkan oleh para tokoh di berbagai bidang seperti raja, presiden, seniman, penulis, dan wirausahawan. Saat ini stoicisme sudah di pandang sebagai cara hidup.

Pendiri negara amerika George Washington diperkenalkan ke Stoicism oleh tetangganya pada usia tujuh belas tahun.

Sedangkan Thomas Jefferson diketahui memiliki salinan Seneca di laci nakasnya ketika dia meninggal.

Pikiran-pikiran Adam Smith tentang ilmu ekonomi dunia secara signifikan dipengaruhi oleh Stoicisme yang ia pelajari ketika masih di sekolah, di bawah seorang guru yang menerjemahkan karya-karya Marcus Aurelius.

Pemikir politik, John Stuart Mill, menulis tentang Marcus Aurelius dan Stoicism dalam risalahnya yang terkenal On Liberty, menyebutnya “produk etis tertinggi dari pikiran kuno.”

pengertian stoic

Tokoh dunia seperti Nelson Mandela sangat terpengaruh dengan filosofi kehidupan dari stoic ini , dengan kesabaran dan cobaan yang luar biasa dia mampu menghapus era apartheid di afrika selatan dan memiliki efek ke seluruh dunia.

Stoicisme memiliki tempat sendiri dan banyak digunakan karena lebih bersifat praktis.

Ini adalah alat bantu yang dapat kita gunakan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dalam keseharian kita.

Referensi

Pengertian | Tokoh Dunia | Cara