5 Jenis Self-Care/ Perawatan Diri Dalam Setiap Aspek Kehidupan Anda

Diperbarui

Semua aktifitas dan solusi penghilang stres yang ada di dunia ini tidak dapat membantu Anda jika Anda juga tidak menjaga diri sendiri, bahkan meditasi sekalipun tidak ada gunanya jika Anda tidak memiliki tidur yang cukup, faktanya, ketika kita sedang bermeditasi kemungkinan kita akan tertidur dikarenakan kita tidak memperhatikan kebutuhan tubuh kita untuk tidur yang cukup.

Begitu juga halnya dengan rutinitas berolahraga di sebuah gym, hal ini juga akan sia-sia dan tidak akan menghilankan stres jika Anda tetap senang mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji, fast food maupun junk food, Anda harus memperhatikan dan memenuhi kebutuhan dasar terlebih dahulu jika ingin semua latihan dan aktivitas pereda stres Anda bekerja secara efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Apa Itu Self-Care Atau Perawatan Diri?

Self-Care / Perawatan diri adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka meningkatkan kesehatan fisik, kesehatan mental dan kesehatan emosional dirinya sendiri.

Perawatan diri memiliki bentuk yang banyak sekali, ini bisa berupa memastikan kebutuhan tidur tiap malamnya atau hanya berupa sekedar melangka keluar rumah selama beberapa menit untuk menghirup udara segar.

Perawatan diri sering didefinisikan sebagai sebuah proses multidimensi yang melibatkan banyak hal dan menjadi sebuah strategi yang bertujuan mencapai kesehatan fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan ruhani, mental maupun emosi.

Perawatan diri sangat penting dan berguna dalam membangun ketahanan diri terhadap berbagai pemicu stres dalam hidup yang tidak bisa Anda hapus atau hilangkan, ketika Anda telah bertekad mengambil langkah untuk merawat pikiran dan tubuh Anda maka Anda akan menjadi lebih siap dalam menjalani hidup Anda yang indah dan penuh warna.

Namun sayangnya, banyak orang masih memandang jika perawatan diri / self-care ini sebagai sebuah kemewahan bukan sebagai sebuah prioritas, sehingga banyak orang yang merasa lelah, kewalahan serta tidak siap dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang datang dan tidak mungkin terhindarkan.

Penting bagi Anda untuk mampu menilai diri Anda sendiri dalam hal perawatan diri dalam berbagai aspek kehidupan Anda, sehingga Anda dapat memastikan apakah Anda sudah baik dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pikiran, tubuh dan jiwa Anda.

1. Perawatan Diri Dalam Aspek Fisik

perawatan diri

Anda perlu menjaga dan merawat tubuh Anda jika Anda ingin seluruh bagian dari tubuh Anda berjalan dengan efisien, selalu ingat, bahwa tubuh dan pikiran dangat berkaitan erat, jika Anda rajin dan tertib merawat tubuh Anda maka Anda akan lebih baik dalam berpikir dan merasa.

Perawatan diri secara fisik mencakup berbagai hal, seperti, bagaimana Anda mengisi bahan bakar tubuh Anda, berapa lama waktu tidur Anda, berapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan, dan sebagainya.

Terkait dengan perawatan diri secara fisik, coba tanyakan beberapa pertanyaan pada diri sendiri dalam rangka menilai apakah ada kemungkinan di beberapa area fisik Anda yang masih perlu ditingkatkan :

  • Apakah Anda memiliki tidur yang cukup?
  • Apakah Anda memberi tubuh asupan bahan bakar yang baik?
  • Apakah Anda telah merasa bertanggung jawab atas kesehatan Anda sendiri?
  • Apakan Anda telah melakukan olah raga yang cukup?

2. Perawatan Diri Dalam Aspek Sosial

perawatan diri

Bersosialisasi merupakan salah satu kunci dari perawatan diri, namun seringkali sangat sulit untuk menyediakan waktu untuk teman-teman yang kita miliki dan tanpa sadar sangat mudah bagi kita mengabaikan hubungan-hubungan yang kita miliki tersebut pada saat hidup kita telah dipenuhi dengan kesibukan.

Hubungan dekat seperti memiliki beberapa teman dekat sangat penting untuk kesejahteraan hidup Anda, cara memupuk dan memelihara hubungan seperti ini yaitu dengan mau menyediakan waktu dan energi dalam membangun hubungan Anda dengan orang lain.

Tidak ada aturan baku tentang jumlah jam yang harus Anda sediakan untuk pertemanan atau memperbaiki suatu hubungan yang sedang renggang, setiap orang memiliki kebutuhan sosial yang berbeda, kuncinya adalah mengenali dan mencari tahu apa saja yang menjadi kebutuhan sosial Anda dan membangun secara perlahan cukup waktu dan masukkan ke dalam jadwal Anda sehingga pada akhirnya mampu menciptakan sebauh kehidupan sosial yang optimal.

Untuk menilai sejauh mana perawatan diri dalam hal sosial Anda, coba pertimbangkan beberapa hal berikut :

  • Apakah Anda memiliki cukup waktu bertatap muka bersama teman-teman Anda?
  • Apa saja yang telah Anda lakukan dalam rangka memelihara hubungan Anda dengan teman-teman dan juga tentunya hubungan Anda dengan keluarga Anda?

3. Perawatan Diri Dalam Aspek Mental

perawatan diri

Cara Anda berpikir dan berbagai hal yang Anda masukkan ke dalam pikiran Anda akan sangat mempengaruhi kesehatan serta kesejahteraan psikologis Anda.

Perawatan diri dalam hal mental termasuk melakukan berbagai hal yang mampu membuat pikiran Anda tetap tajam, misalnya mengerjakan teka-teki atau mempelajari sesuatu yang membuat diri Anda semangat, mungkin saja kegiatan seperti membaca buku atau menonton film yang menginspirasi mampu sebagai bahan bakar ampuh untuk pikiran Anda.

Perawatan diri terhadap mental juga termasuk melakukan berbagai hal yang membantu Anda tetap sehat secara mental, mempraktikan sikap welas asih dan menerima, dapat membantu Anda mempertahankan kondisi batin yang sehat.

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa Anda pertimbangkan dalam rangka merawat diri dalam hal kesehatan mental :

  • Apakah Anda telah menyediakan cukup waktu untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat merangsang mental Anda?
  • Apakah Anda telah melakukan hal-hal yang bersifat proaktif yang dapat membantu Anda tetap sehat secara mental?

4. Perawatan Diri Dalam Aspek Spiritual

perawatan diri

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebuah gaya hidup termasuk didalamnya yaiut agama dan spiritalitas pada umumnya merupakan sebuah gaya hidup yang lebih sehat.

Namun memupuk jiwa Anda tidak selalu harus melibatkan agama, ini dapat melibatkan apapun yang dapat membantu Anda memiliki rasa akan arti, pemahaman atau memiliki hubungan yang lebih dalam dengan alam semesta.

Baik itu pada saat Anda menikmati meditasi, menghadiri acara kebaktian atau beribadah, pada intinya perawatan diri secara spiritual merupakan hal yang tidak boleh Anda abaikan.

Jangan lupa tanyakan beberapa hal berikut pada saat Anda telah mulai memperhatikan kehidupan spiritual Anda :

  • Pertanyaan-pertanyaan apa yang Anda tanyakan pada diri Anda sendiri tentang hal-hal yang berkaitan dengan hidup Anda maupun pengalaman Anda selama ini?
  • Apakah Anda telah atau sedang melakukan latihan-latihan spiritual yang menurut Anda sudah memuaskan?

5. Perawatan Diri Dalam Aspek Emosional

perawatan diri

Sangat penting memiliki keterampilan koping yang baik guna menghadapi situasi yang menimbulkan emosi yang tidak nyaman, seperti kemarahan, kecemasan dan kesedihan.

Perawatan diri dalam hal emosional bisa berupa aktivitas yang secara teratur dapat membantu Anda mengetahui dan mengekspresikan perasaan Anda, bisa berupa membicarakan perasaan Anda dengan pasangan atau teman dekat, atau hanya sekedar menyisihkan waktu Anda untuk aktivitas santai yang dapat membantu Anda memproses emosi-emosi yang Anda miliki, sangat penting memasukkan perawatan emosional ke dalam hidup Anda.

Saat menilai strategi perawatan emosional yang sedang Anda jalankan, penting untuk mempertimbangkan beberapa pertanyaan berikut ini :

  • Apakah Anda telah memiliki cara yang sehat dalam memproses emosi-emosi yang Anda miliki?
  • Apakah Anda telah memasukkan berbagai aktivitas ke dalam hidup Anda yang dapat membantu Anda merasa segar kembali seperti mengisi ulang diri Anda?

Kembangkan Selalu Rencana Perawatan Diri Anda

perawatan diri

Perawatan diri bukanlah sebuah strategi yang bisa seusai untuk setiap individu, rencana-rencana perawatan diri ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Rencana perawatan bagi seorang mahasiswa yang merasa telah terstimulasi secara mental sepanjang waktu dan telah memiliki kehidupan sosial yang cukup mungkin perlu menekankan pada perawatan diri dalam aspek fisik.

Disisi lain, bagi para pensiunan mungkin perlu memasukkan lebih perawatan diri dalam aspek sosial ke dalam rencana mereka untuk memastikan kebutuhan sosial mereka dapat terpenuhi.

Beri penilaian pada area dalam hidup Anda yang lebih membutuhkan banyak perhatian dan perawatan diri, dan jangan lupa untuk sering-sering menilai kembali hidup Anda, karena saat situasi Anda berubah, kebutuhan perawatan diri Anda juga cenderung bergeser.

Ketika Anda menemukan bahwa Anda telah mengabaikan suatu aspek tertentu dalam hidup Anda, maka segeralah buat rencana untuk sebuah perubahan.

Anda tidak harus merubah semuanya secara sekaligus, cobalah ambil satu langkah kecil untuk mulai merawat diri sendiri dengan lebih baik, coba dari hal yang mudah terlebih dahulu biasanya mampu menjaga momentum Anda dalam melakukan suatu perubahan.

Ketika Anda telah mampu menjaga dan merawat semua aspek dalam diri Anda maka Anda akan menemukan dan merasakan bahwa Anda telah beroperasi dengan lebih efektif dan efisien dalam menjalani berbagai warna kehidupan Anda.

Referensi