Pernapasan Diafragma

Selama ini kita beranggapan bahwa bernapas adalah kegiatan yang otomatis sehingga kita kurang memperhatikan cara dan alur kita bernapas bahkan kita tidak sadar kita sudah melakukan pernapasan dengan cara yang salah sedari usia sekolah.

Hanya dengan melakukan perubahan kecil dan terbilang tidak sulit yaitu memperbaiki cara kita bernapas dengan cara yang benar akan membuat perubahan besar pada kesehatan mental dan jasmani kita.

Jika kita bernapas dengan benar dan efektif jalan napas kita akan menjadi halus , dan pastinya tubuh dan pikiran akan menjadi rileks setiap saat.

Bernapas dengan benar juga membuat tubuh kita memperoleh oksigen yang cukup dan tidak merasa kelelahan saat melakukannya , kamu sering merasa kelelahan tanpa sebab? bisa jadi itu problem pernapasan Anda.

Cara Bernapas Yang Tidak Tepat

pernapasan diafragma

Mungkin Anda bertanya-tanya, masa sih bernapas bisa salah? Dulu saya pribadi juga merasakan keraguan yang sama, setelah saya coba beberapa waktu, ternyata banyak sakit yang saya alami, seperti, mudah lelah, serangan panik, sakit punggung, tidur terganggu bisa hilang seiring waktu.

Baik sekarang bagaimana cara bernapas yang kurang tepat, sekarang coba kamu tanyakan pada diri sendiri dan perhatikan cara bernapas kamu saat ini, pegang bagian dada dan perut, perhatikan bagian mana yang mengembang saat mengambil napas?

Mayoritas orang akan bernapas dengan dada bagian atas, dengan bagian perut serta dada bagian bawah sama sekali tidak bergerak atau mengembang, bagaimana dengan Anda?

Kalau iya, jangan khawatir, kamu tidak sendirian karena rata-rata orang seperti itu, bernapas dengan tidak tepat memiliki efek yang buruk untuk kesehatan yang selama ini kita tidak mengetahuinya.

Cara Bernapas Yang Benar Dengan Pernapasan Diafragma

pernapasan diafragma

Bernapas dengan benar yaitu kita melakukan pernapasan dengan semestinya, dengan seharusnya, tiap organ kita diciptakan untuk tujuan masing-masing, dan dengan pernapasan kita sering tidak melakukannya pada bagian tubuh yang seharunya memiliki tugas untuk itu.

Bagian tubuh yang memiliki tugas untuk bernapas dan sebagai tempat penampungan utama oksigen yang tepat adalah diafragma.

Apa Itu Diafragma?

Diafragma adalah otot yang berukuran besar berbentuk seperti kubah yang terletak di bagian bawah paru-paru kita.

Diafragma merupakan bagian otot yang paling efisien untuk bernapas, mudahnya, diafragma terletak antara titik pusar dan dada kita.

Pernapasan Diafragma Adalah?

Pernapasan Diafragma sering juga dikenal dengan pernapasan abdominal atau pernapasan perut, adalah sebuah proses untuk menggunakan diafragma secara benar dan maksimal, setiap kita bernapas dengan diafragma maka otomatis oksigen yang kita terima akan jauh lebih besar jumlahnya, karena diafragma memiliki ukuran lebih besar dari dada bagian atas yang selama ini biasa kita gunakan.

Dengan bernapas menggunakan diafragma akan membuat kita bernapas lebih dalam, sehingga menurunkan frekuensi bernapas dibandingkan biasanya, sehingga organ-organ serta bagian tubuh kita akan bekerja secara lebih efisien.

Referensi

Pengertian | Latihan | Manfaat | Bernapas Dengan Cara Yang Salah