Pranayama

Pengertian Pranayama

Pranayama adalah sebuah teknik latihan pernapasan untuk membersihkan hambatan fisik dan hambatan emosional dalam tubuh agar membebaskan aliran nafas begitu juga aliran prana.

Dengan latihan pranayama yang teratur dan berkelanjutan akan membuat seluruh tubuh Anda selalu seperti terisi daya yang luar biasa.

Bagaimana kita bergerak, berpikir, bertindak dan terutama bernafas sangat mempengaruhi vitalitas dari prana, energi universal yang mengalir melalui diri kita dan ada di sekitar kita.

Mengapa Napas Sangat Penting

pranayama

Nafas sangatlah penting, karena nafas merupakan suatu hal yang pertama dan terakhir kali kita lakukan dalam hidup kita.

Semua manusia di muka bumi bernafas, tanpa nafas tidak akan ada kehidupan.

Stres, ketegangangan dan aktivitas sehari-hari dapat menciptakan hambatan fisik dan energi di dalam tubuh kita, tanpa kita sadari nafas akan menjadi pendek dan bila di biarkan akan menjadi kebiasaan dan merubah pola nafas sehingga membatasi aliran prana di dalam diri.

Ketika kita berlatih untuk membebaskan aliran nafas dengan bantuan latihan pernafasan Pranayama kita juga berlatih untuk membiarkan energi kehidupan mengalir melalui tubuh kita.

Latihan ini memberikan energi ke tubuh, rilek, menyembuhkan dan membiarkan semuanya ada di tempatnya. Secara harfiah latihan ini berusaha meningkatkan dan menyeimbangkan energi kehidupan di dalam sistem yang ada di diri kita.

Referensi

Pengertian | Sejarah | Manfaat | Cara