Qi Gong

Secara harfiah qi gong memiliki arti “kerja energi”, ini adalah salah satu bentuk yoga yang telah ada selama ribuan tahun, sebagian besar dilakukan secara berdiri, terdapat ratusan jenis atau bentuk qi gong yang berasal dari berbagai aliran dan banyak diantaranya berfokus pada bidang-bidang yang berbeda, banyak yang berorientasi pada kesehatan, sementara kelompok lainnya berasal dari silsilah bela diri.

Berbagai bentuk qi gong ini bertindak dengan memanfaatkan kemauan, fokus dan membantu para praktisi menyalurkan energi melalui telapak tangan, terdapat juga sejumlah jenis atau bentuk dari qi gong yang berasal dari kuil dan biara yang lebih fokus pada pengembangan spiritual dan latihan meditasi yang dalam.

Beberapa bentuk dari qi gong melibatkan gerakan dan yang lainnya berbasiskan visualisasi, namun, hampir semuanya melibatkan penapasan khusus yang dikoordinasikan dengan aktivitas yang ada.

Prinsip dari semua bentuk latihan qi gong adalah koordinasi mata dengan gerakan tubuh, fokus pikiran dan napas, terutama untuk latihan qi gong yang membutuhkan gerakan, untuk latihan non-gerakan yang bersifat lebih pasif, kita memfokuskan penglihatan kita ke dalam dan menjelajahi alam bathin ketika kita memandu napas ke berbagai ruang yang dalam di diri kita.

Mari kita luangkan waktu sejenak untuk melihat dengan lebih jelas apa itu qi gong sebenarnya, agar kita dapat melakukannya dengan lebih maksimal.

Mata dalam Qi Gong

pria berlatih Qi Gong

Di barat, mata dianggap sebagai pintu gerbang menuju jiwa dan dalam teori Tao, mata diyakini sebagai pembimbing shen atau roh, dikatakan bahwa qi (energi) mengikuti shen (roh), darah serta cairan-cairan di dalam tubuh, secara bergantian dan kemudian mengikuti qi kembali.

Oleh karena itu, mata menjadi “pusat komando” bagi roh untuk mengendalikan dan membimbing pergerakan energi di dalam tubuh, pada nantinya, kita akan menggunakan cara yang sama untuk mengarahkan energi ke luar dari tubuh kita untuk melakukan penyembyhan dan memberikan pengaruh dari diri kita kepada lingkungan di sekitar kita.

Gerakan-gerakan Tubuh di Qi Gong

gerakan tubuh di Qi Gong

Banyak diantara gerakan di qi gong mengikuti jalur-jalur meridian energi yang mengalir di seluruh tubuh, mereka juga sering menelesuri tepi luar dari medan energi, menghaluskan dan membelai potensi dari aliran energi pada tibuh cahaya kita, gerakan-gerakan ini sering kali melibatkan berbagai tingkat pengerahan tenaga dan tergantung pada bentuk qi gong apa yang ada di tempat Anda berlatih.

Jika kita ingat kembali kisah dari Bodhidarma dan kuil Shaolin, sia menciptakan sebuah rutinitas (disebut dengan Delapan Belas Tangan Lohan Tamo yang terkenal) yang sepenuhnya mencampukan kung fu dengan qi gong dengan tingkat pengerahan tenaga yang relatif tinggi, ini sangat mirip dengan bentuk yoga fisik yang ada dalam tradisi India, beberapa memiliki postur yang statis, sementara yang lain menekankan pada aliran gerakan yang lebih dinamis dan berlanjut.

Fokus Mental Dalam Qi Gong

Ini merupakan sebuah aspek penting dari sebuah latihan qi gong dan merupakan salah satu yang paling sering diabaikan oleh murid-murid atau para pemula, memperhatikan adalah sebuah komponen penting dalam semua jenis latihan energi, orang-orang jaman dahulu mengatakan bahwa penggabungan antara perhatian dan niat akan menciptakan penguasaan dalam hidup.

Disini, kita diminta untuk fokus pada tindakan yang ada dan tetap terlibat dalam setiap gerakan-gerakan tubuh, melacaknya dengan mata, melakukan hal itu perlu menuntut fokus dan kehadiran dari mental kita dan hasilnya akan sangat luar biasa.

Referensi

Pengertian | Pernapasan | Tujuan | Dantian | Latihan