Dantian

Qi Gong

Mirip seperti sistem atau bentuk chakra India yang mewakili berbagai aspek dari cahaya yang di ekspresika melalu tubuh fisik kita, sistem Tao menggunakan tiga reservoir energi utama, yang di sebut dantian.

Ada dantian bagian bawah, yang terletak kira-kira tiga inci di bawah pusar di antara bagian depan batang tubuh dan tulang belakang, dantian tengah, yang berpusat di tulang dada (tengah dada dan sejajar dengan jantung) dan dantian atas, yang ditempatkan sedikit di atas mata pada area dahi (mata ketiga).

Dantian bawah dan tengah memiliki ukuran yang beragam tetapi memiliki ukuran kira-kira seukuran bola bowling yang kecil, sedangkan ukuran dantian bagian atas bergantung pada tingkat pencapaian dari seseorang individu, biasanya berukuran seperti bola golf hingga bola tenis di kebanyakan orang.

Dantian bawah adalah area dimana kita pertama kali belajar mengarahkan napas, merupakan dasar dari sistem tubuh energi, para Taois percaya bahwa penting untuk memulai dengan bentuk energi yang paling berat dan terpadat dalam kulitivasi kita dan dari sana mulai bergerak ke atas.

Sekali lagi, yin dan yang telah membedakan, dan aspek-aspek yang lebih berat dan lebih yin terletak di bagian bawah tubuh, faktanya, hui yin, yang merupakan titik pertama dari pembuluh konsepsi (energi meridian), terletak di peruneum dan dianggap sebagai aspek yang paling yin dari anatomi tubuh kita.

Ini merupakan dasar dari medan energi tubuh kita dan merupakan titik dari mana energi dantian yang lebih rendah muncul dan kembali, menahan napas dan shen (yang sifatnya lebih ke yang) ke wilayah ini membawa keseimbangan tingkat pertama pada sistem kita.

Anggap sebagai sebuah pekerjaan konstruksi, sebuah pondasi yang kokoh di bagian bawah akan memberikan kita sebuah struktur yang kokoh di atasnya, apa yang ingin kita lakukan dalam qi gong adalah secara sistematis melewati dan menyeimbangkan energi di tubuh kita dari pangkal menuju mahkota dan hanya bergerak maju setelah kita berhasil melakukannya.

Kita ingin memusatkan energi ke dantian yang lebih rendah dan kemudian membiarkan diri kita memanfaatkan wilayan “inti” ini untuk setiap gerakan, kita ingin semua arus energi tubuh mengalir melaluinya untuk memelihara qi yang asli.

Semakin banyak energi yang dapat kita lepaskan ke sistem ini, semakin efisien kita dalam memetabolisme makanan dan menjalankan berbagai proses dari hari ke hari, semakin banyak kita melakukan ini, semakin banyak energi yang terperangkap atau terhambat yang dapat kita bebaskan dan pada gilirannya akan semakin banyak terdapat energi positif.

Kita harus terus berupaya di setiap hari selama hidup kita, saat kita mampu mengoptimalkan aliran energi bersih melalui bidang-bidang energi kita, kita akan dihadapkan pada penyumbatan-penyumbatan yang membawa serta berbagai konten dari mental dan emosional yang selama ini dianggap sebagai yang “tidak diinginkan”, berbagai hal yang selama ini telah kita masukkan ke dalam bayangan kita.

Semakin banyak cahaya dan kesadaran yang kita bawa, semakin banyak bayang-bayang kita yang di terangi, menyisakan lebih sedikit ruang dan daya yang tersedia bagi proses-proses bawah sadar yang tersembunyi, hal ini memang bisa sedikit mengganggu untuk dihadapi, tetapi ingatlah bahwa kita sekarang memiliki energi dan kesadaran yang meningkat untuk menghadapi apa yang ada disana.

Disinilah dantien tengah memiliki perannya, kita akan menggunakan energi hati untuk dapat memaafkan berbagai peristiwa dan kenangan, kita belajar untuk melepaskan diri dari berbagai respon khas kita dalam memberdayakan penyumbatan-penyumbatan ini dengan menjalankan dan memompa energi ke dalam sebuah “solusi” yang terpolarisasi.

Kita menggunakan dantien bawah untuk menaikkan daya (hampir seperti mengaktifkan sebuah baterai), lalu kita menggunakan dantien tengah untuk mengubah apa yang telah terperangkap dalam bayang-bayang kita, yang pada akhirnya kita akan memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menghadapinya.

Dari sini, energi baru akan dilepaskan dan dimurnikan pada dantien bagian atasm di mana ia akan menjadi cahaya kesadaran yang murni, semakin kita sadar diri, semakin mudah pula proses ini berjalan, alkimia sebenarnya cukup menyenangkan setelah “mesin” mulai menyala, selalu ada sesuatu yang harus dibersihkan, selalu ada energi untuk diakses dan selalu ada hal-hal yang perlu dibuka, begitu Anda mendapatkan ini, tidak akan pernah ada momen yang membisankan dalam hidup.

Referensi

Pengertian | Pernapasan | Tujuan | Dantian | Latihan