Pernapasan Dalam Qi Gong

Dalam qi gong, terdapat yang namanya napas vita, yaitu aliran napas yang bersirkulasi melalui berbagai meridian dan ini merupakan bentuk energi dari udara, lalu bercampur dengan qi yang ada pada makanan yang kita makan untuk menciptakan energi fungsional pada tubuh kita.

Koordinasi napas dengan berbagai gerakan tubuh dan juga perhatian dapat menggerakkan energi berjalan melalui jalur yang telah ditentukan dan akan membuka penyumbatan-penyumbatan yang ada, kita menggunakan napas tidak hanya untuk membuka jalur saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan menyimpan napas dan energi di reservoir-reservoir tertentu (disebut dantian) yang ada di dalam tubuh.

Kerangka inilah yang bertanggung jawab untuk semua keajaiban yang terjadi dalam qi gong, sekarang kita mulai paham tentang gerakan, pernapasan dan jalur energi serta bagaimana pengaruhnya terhadap diri kita, bahkan jika kita hanya menggunakan tingkat fokus di level yang biasa dan pikiran yang terkoordinasi serta bernapas di dalam kehidupan sehari-hari, sudah mampu membawa kita berada jauh di depan dalam kehidupan ini.

Kabar baiknya adalah kita akan belajar tentang jalur ini dan kita akan membuka kunci serta memahami berbagai mekanisme dari tindakan, kita akan melibatkan intelektual (yi) dan perhatian (shen) dengan niat (zhi), setelah “sumbu vertikal” api-bumi-air ini diaktifkan, kita akhirnya akan membuka petunjuk-petunjuk pertama dari potensi diri yang luar biasa dan kemudian sejumlah perubahan-perubahan besar akan mulai terjadi.

Sumbu vertikal ini akan memberikan kita keselerasan mental dan spiritual yang kita butuhkan untuk menghubungkan semua aspek keberadaan kita ke dalam tubuh ketika kita berlatih, hubungan dari berbagai aspek diri kita yang di dapat melalui latihan ini benar-benar akan mulai megeluarkan kita dari kondisi trans kita.

Begitu kita mulai mengoreksi aliran energi dan mengalihkannya dari semua pola pemborosan yang ada di masa lalu, kita muali mampu mengumpulkan dan mengakumulasi kekuatan yang ada di reservoir kita dan menggunakannya sebgagai sebuah penyangga terhadap penyakit, kelelahan atau sekedar kembali ke kondisi trans yang mengantuk.

Ketika kita berbicara tentang mengumpulkan dan menyimpan energi, kita berbicara tentang menciptakan tempat-tempat di mana kita memadatkan dan memurnikan kualitas dari energi yang bergerak melalui kita, kita memadatkannya untuk menyehatkan diri kita dan kita memurnikannya untuk menerangi jiwa kita.

Namun, Sangat penting dalam memperhatikan pemahaman kita tentang qi gong, sebenarnya tidak ada kebutuhan untuk memiliki lebih banyak energi sama sekali, karena ada jumlah energi yang tak terbatas yang tersedia untuk kita disini dan saat ini, faktanya, semua kekuatan yang pernah atau akan ada telah ada di sini dan saat ini.

Jadi, sangat penting untuk tidak terjebak ke dalam permainan “perolehan” energi dan kemudian mencari dan menyadari dari mana asalnya, tidak ada sumber luar dari mana kita dapat menarik energi, seperti air dari sumur, seleuruh kekuatan alam semesta mengalir melalui kita setiap saat dan semua tempat.

Oleh karena itu, penyumbatan-penyumbatan yang kita ciptakan yang membuat kita merasa selalu kekurangan, kita menyalurkan sebagian besar energi ini secara tidak sadar ke bayangan kita, kita hanya menutup pikiran kita pada suatu aliran yang tidak terbatas karena hal ini hanya akan mematahkan definisi ego kita tentang diri kita sendiri, kita kemudian bertanya-tanya, mengapa saya selalu kelelahan di sepanjang waktu?.

Referensi

Pengertian | Pernapasan | Tujuan | Dantian | Latihan