Apa Tujuan Qi Gong?

pria sedang latihan bela diri di alam terbuka

Tujuan dari qi gong bukanlah sebuah proses penambahan, ini lebih merupakan sebuah proses pengurangan, semakin kita bisa keluar dari jalan kita sendiri, semakin kita bisa membiarkan aliran energi univesal bergerak melaluli kita.

Kita menjadi seorang agen dari niat baik alam semesta dan kita mengambil tempat yang selayaknya dalam keabadian, ini bukan di semacam surga yang jauh disana melainkan disini dan saat ini.

Qi gong memabntu kita untuk bangun dan sadar terhadap hidup ini, terhadap momen kita bernapas yang dimana akhirnya kita dapat mengambil bagian.

Sebauh aspek penting dalam “menyingkir” adalah mendamaikan energi-energi yang terjebak dalam “sumbu horizontal” dari kesedihan, kemarahan dan frustrasi, sumbu jiwa horisontal dari berbagai emosi ini secara erat terlibat dalam naik turunnya tren pergolakan mental dan emosional kita.

Hal itu secara bersamaan terkait dengan siklus kehidupan dan semua cobaan serta kesengsaraan jiwa, penting untuk tidak bersikap hormat dan terlibat dalam proses mendamaikan ketidakseimbangan pada sumbu ini.

Pada titik ini dan dalam proses inilah kebanyakan orang terjebak karena disinilah mereka menyimpan sebagian besar muatan ditekan ke dalam bayang-bayang mereka, keinginan-keinginan kita untuk tambahan (kayu) dan keengganan kita untuk melepaskan (logam) menyebabkan banyak kemelekatan dan penderitaan.

Dalam pengobatan Tiongkok, paru-paru melambangkan unsur logam, yang menurunkan energi secara alami, sedangkan hati melambangkan energi kayu, yang naik secara alami, paru-paru dalam tubuh kita berada di atas hati dan terdapat ketegangan yang dinamis dalam upaya mempertahankan aliran energi yang terbail inilah yang merupakan inti dari kehidupan.

Yang satu mendorong dari bawah sementara yang lain mendorong ke bawah, setelah kematian, shen hati, hun naik ke surga, dan shen paru-paru, po, turun ke bumi, kita membutuhkan mereka untuk dapat memeriksa satu sama lain dalam ketegangan dinamis yang ada, jika tidak, mereka akan terpisah dan kita akan binasa.

Membawa harmoni ke aliran yang tepat dari sumbu horizontal adalah yang membuat hidup kita berjalan dengan lancar dan menyambungkan kita ke keuatan dari sumbu vertikal, penyelerasan perhatian dan niat yang tepat membutuhkan sebuah pemahaman yang sehat tentang kondisi manusia, bukan lari darinya, kita harus terlibat, sadar dan terjaga dari waktu ke waktu.

Referensi

Pengertian | Pernapasan | Tujuan | Dantian | Latihan