Sejarah Meditasi, Kapan, Dimana & Siapakah Penciptanya?

sejarah meditasi

Di update pada

Sangat menarik jika berbicara tentang meditasi, sejarah panjang meditasi hongga saat ini menyimpan banyak cerita yang sangat menarik, hampir di semua agama dan kebudayaan ditemukan praktek meditasi.

Seorang filsuf Perancis bernama Michel de Montaigne pernah berkata,

Hal terbesar di dunia ini adalah mengetahui bagaimana caranya menjadi milik diri sendiri.

Hal ini sepertinya jarang terjadi di masyarakat kita saat ini yang selalu berubah dan bergerak dengan cepat.

Dengan begitu banyak tuntutan pada waktu dan pikiran yang kita miliki, dibutuhkan upaya secara sadar untuk dapat mengambil waktu sejenak dan dapat memberikan waktu bagi diri sendiri untuk mengeksplorasi siapa diri kita sebenarnya.

Bahkan ketika kita sudah dapat meluangkan waktu, masih banyak orang yang masih bingung tentang bagaimana cara yang benar untuk melakukan meditasi, sedangkan meditasi telah di kenal luas dan meyakinkan merupakan suatu metode kunci yang terbukti banyak memiliki manfaat.

Kata meditasi berasal dari istilah meditatum, dari bahasa latin yang berarti “merenung”, melalui latihan meditasi kita berusaha untuk mencari dan menemukan suatu hubungan yang lebih baik dengan tubuh pada momen di setiap harinya yang seringkali kita lewatkan begitu saja dan menciptakan tingkat kesadaran yang lebih kuat.

Anda mungkin sudah memiliki suatu bentuk latihan meditasi yang telah Anda jalani saat ini atau Anda mungkin baru pertama kali tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh tentang meditasi, apapun itu, yang pasti, sejarah meditasi sangatlah menarik dan layak untuk kita jelajahi bersama.

Berapa Usia Meditasi?

sejarah meditasi

Jawaban untuk pertanyaan ini jauh lebih kompleks dari yang Anda perkirakan, berbagai penelitian, buku dan juga aliran-aliran meditasi yang berbeda selalu merujuk pada “tradisi kuno”, tetapi untuk mengenai usia pasti meditasi sangat bergantung dari definisi Anda terhadap konsep meditasi.

Davanger (2008) meninjau berbagai penelitian yang meneliti seputar meditasi dan dia berspekulasi bahwa praktik meditasi mungkin telah ada dan sama tuanya dengan kemanusiaan itu sendiri dengan ditemukannya kemampuan meditasi dari manusia Neanderthal.

Ada lebih banyak aliran pemikiran yang telah menentukan asal mula meditasi berdasarkan artefak dan referensi di negara-negara timur, dibawah ini adalah dua yang paling dikenal dan seberapa jauh mereka tercatat.

India. Dalam beberapa catatan tertulis yang berusia paling tua, berasal dari sekitar tahun 1500 SM di India, praktik Dhyana atau Jhana dirujuk sebagai sebuah praktik melatih pikiran, sering juga diterjemahkan sebagai meditasi, banyak dari catatan ini berasal dari tradisi Hindu Vedantisme dan membahas berbagai prakti meditasi yang ada di seluruh India kuno. Tulisan suci dan teks-teks Buddhis India yang berasal hanya beberapa ratus tahun SM lebih merupakan rekaman awal dari praktik meditasi ini, tetapi banyak yang berpendapat hal ini agak ambigu dalam hal referensi langsung mereka terhadap meditasi.

Tiongkok. Bentuk-bentuk awal meditasi dapat dirujuk hingga abad ke-3 dan ke-6 SM dan dikaitkan kepada Daois, Laozi, seorang filsuf Tiongkok kuno dan berbagai tulisan-tulisannya. Pada karya ini, banyak terdapat istilah yang tetap digunakan di abad-abad setelahnya dalam menggambarkan bermacam teknik meditasi yang digunakan, termasuk :

  • Shou Zhong – Secara kasar dapat diterjemahkan sebagai ‘menjaga area tengah’
  • Bao Yi – Secara kasar dapat diterjemahkan sebagai ‘merangkul yang satu’
  • Shou Jing – Secara kasar dapat diterjemahkan sebagai ‘merangkul ketenangan’
  • Bao Pu – Secara kasar diterjemahkan sebagai ‘merangkul kesederhanaan’

Namun, beberapa berpendapat bahwa sulit untuk mengetahui apakah teknik-tekinik ini sudah digunakan saat teks ditulis atau mereka adalah sebuah istilah-istilah yang baru dibuat untuk kepentingan penulisan, terdapat tulisan-tulisan lain yang berasal dari abad awal penggambaran meditasi, termasuk Zhuangzi yang berasal dari periode peperangan antar negara, sekitar 476-221 SM dan Neiye dari abad ke-4 SM.

Yang lebih tepat adalah, tidak ada yang tahu pasti kapan meditasi resmi dimulai atau ada, ada banyak juga referensi lintas budaya dan agama yang berbeda-beda dalam prakti meditasi, termasuk Yudaisme, Islam dan Kristen, yang tamaknya semua telah berkontribusi dan juga menginformasikan tentang praktik yang telah dikenal luas pada saat ini.

Darimana Meditasi Berasal?

meditasi di pantai

Mencari dengan tepat darimana semua ini berasal adalah sama sulitnya dengan menentukan berapa lama meditasi telah ada, catatan tertulis paling awal berasal dari tradisi Hindu, di India, tentang Vendatisme pada sekitar tahun 1500 SM, Vendatisme adalah sebuah aliran filsafat dan merupakan salah satu jalur paling awal bagi orang India dalam menemukan pencerahan spiritual, bentuk-bentuk meditasi lainnya juga tercatat telah ada pada sekitar abad ke-6 dan ke-5 SM antara Taoist di Cina dan Buddhist di India.

Asal-usul yang tepat sangat diperdebatkan, terutama perdebatan di sekitar meditasi Buddha, beberapa catatan tertulis awal tentang berbagai kegiatan meditasi dalam agama Buddha di India dapat ditemukan dalam berbagai sutra Kanon-Pali, yang berasal dari abad ke-1 SM, Kanon-Pali merupakan kumpulan tulisan-tulisan suci dari tradisi Buddhis Theravada.

Beberapa bukti juga menghubungkan praktik meditasi dengan Yudaisme, yang diperkirakan diwarisi dari tradisi sebelumnya, Taurat berisi sebuah deskripsi tentang patriark Isaac yang akan melakukan ‘lasuach’ di sebuah lahan, istilah ini secara umum kemudian dipahami sebagai suatu bentuk meditasi.

Siapa Yang Menciptakan Meditasi?

sejarah meditasi

Jawaban singkatnya, tidak, karena jawaban untuk kapan dan dimana semua ini berasal cukup kabur, sehingga untuk menemukan siapa yang pertama kali menciptakan atau menemukannya merupakan suatu hal yang ambigu.

Namun dari beberapa hal yang telah kita ketahui hingga saat ini, mengindikasikan beberapa tokoh penting yang telah berperan dalam menyebarkan praktik meditasi, dibawah ini kamu akan uraikan tiga tokoh kunci, namun diluar sana juga banyak tokoh-tokoh lain yang juga memiliki jasa yang sama besar dalam menyebarkan praktik meditasi ini.

Sang Buddha (India)

Buddha

Sang Buddha, yang dikenal dengan nama lain didalam Sanskrit yaitu Siddharta Gautama atau Siddhattha Gotama di Pali, adalah seorang pangeran yang bertransformasi menjadi seorang bhikkhu, sage, filsuf dan juga seorang pemimpin agama, ajaran-ajarannya menjadi dasar pendirian agama Buddha.

Mungkin mudah bagi kita untuk berasumsi bahwa Sang Buddha telah menciptakan atau menemukan meditasi, teapi ini tidaklah tepat, teks-teks buddhisme merujuk pada berbagai praktik meditasi yang berbeda dan Sang Buddha sendiri keluar untuk mencari para guru yang tercerahkan lainnya dalam rangka mempelajari cara dan praktik yang bertujuan untuk pemenuhan spiritual, meskipun Sang Buddha ternyata tidak menciptakan praktik meditasi, namun Sang Buddha sangat berperan dalam menyebarkan nilai-nilai meditasi sebagai sebuah latihan.

Lao-Tze (China)

Lao Tze

Lao-Tze yang juga dikenal dengan Lao-Tzu dan Laozi adalah seorang filsif Tiongkok kuno yang pada dasarnya namanya sendiri merupakan sebuah gelar kehormatan yang memiliki arti “Guru Tua”.

Dia merupaka sorang pengarang dari Tao-te-Ching, sebuah karya teks yang berisi dengan pemikiran dan ajarannya yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya sistem filosofis Taoisme, yang mereferensikan berbagai latihan meditasi dan ide kebijaksanaan dalam keheningan, terdapat banyak spekulasi mengenai apakah Lao-Tze adalah seorang pria atau apakah nama itu merujuk pada sekelompok individu dan filsuf yang memiliki gagasan-gagasan yang sama.

Dosho (Jepang)

Zen

Dosho adalah seorang biarawan Jepang, pada abad ke-7 ia melakukan perjalanan ke Cina dan belajar agama Buddha kepada Hsuan Tsan, seorang guru besar pada saat itu, selama perjalanan inilah Dosho belajar semua tentang proses dari Zen, yang kemudian ia bawa kembali ke Jepang.

Ketika kembali, ia membuka ruang meditasi pertamanya yang ditujukan untuk latihan Zazen, meditasi duduk, ia menciptakan komunitas bhikkhu dan murid dengan fokus utama pengajarannya adalah bentuk meditasi ini sendiri.

Sebuah Pandangan Terhadap Asal Usul Meditasi

sejarah meditasi

Meskipun meditasi sebagai sebuah latihan pada saat ini sudah dianggap umum dan dikenal secara luas, ada baiknya untuk kita pahami bahwa meditasi memiliki sejara dan asal usul yang panjang ke belakang.

Hari ini meditasi telah dan terus diadaptasi sesuai dengan kehidupan kita, dan dengan kembali pada akarnya dapat membuat kita mengembangkan rasa apresiasi yang tinggi pada sebegitu luasnya praktik meditasi pada saat ini, serta bagaimana proses perkembangannya di berbagai negara dan wilayah pada titik waktu yang berbeda.

Dibawah ini adalah beberapa penjelasan singkat tentang berbagai akar dan asal usul meditasi.

India, Vendatisme dan Yogi

yogi

Gambar tentang meditasi tertua yang didokumentasikan berasal dari India dan berasal dari sekitar tahun 5000 hingga 3500 SM, lukisan-lukisan dinding yang menggambarkan orang-orang yang sedang duduk dalam posisi duduk yang meditatif dan dengan kondisi mata setengah tertutup yang dianggap seperti sedang tenggelam dalam meditasi.

Teks tertua tentang meditasi yang didokumentasikan juga berasal dari India, berasal dari tradisi Hindu Vendatisme pada sekitar tahun 1500 SM, meskipun Veda menciptakan teks yang menggambarkan meditasi, penting untuk diketahui bahwa hal ini juga sudah diturunkan secara lisan melalu praktik dongeng selama berabad-abad.

Bersamaan dengan prakti Vedam tradisi Hindu juga menggambark praktik meditasi para Yogi di dalam gua-gua, dipercayai bahwa banyak praktik meditasi modern berasal dari garis keturunan ini, termasuk gerakan yoga modern yang tekniknya sebagian besar didasarkan pada praktik dari Yoga Hatha.

Walaupun begitu, baik untuk mengetahui bahwa asal-usul teknik-teknik ini didasarkan pada meditasi dengan tujuan pengembangan sisi spiritual bukan sebuah latihan untuk peregangan dan gerakan yang diajarkan oleh banyak sekolah di barat saat ini.

Buddhisme di India

sejarah meditasi

Meditasi seringkali dikaitkan erat dengan agama Buddha, meskipun begitu gambar Sang Buddha yang bermeditasi dalam posisi teratai belum muncul hingga lama setelahnya, lama setelah ajaran Buddha itu sendiri dimulai, dalam bahasa klasik di Buddhisme, meditasi di sebut dengan bhavana yang berarti perkembangan mental atau dhyana yang berarti ketenangan mental.

Sangat banyak jenis dari teknik dan latihan meditasi, pada sekitar waktu yang sama ketika ajaran Buddhisme berkembang, tiga jenis praktik meditasi lainnya juga sedang berkembang, masing-masing dengan cara mereka sendiri, meskipun secara global tidak sepopuler dengan yang dilakukan agama Buddha, mereka layak juga untuk kita ketahui bersama :

  • Mahavira dan Jainisme di India. Tirthankara Mahavira, juga dikenal sebagai Vardhamana, dikenal jasanya karena menghidupkan kembali Jainisme. Sebagai praktiknya, Jainisme memberi penekanan kuat pada disiplin diri dan kontemplasi serta praktik non-kekerasan, teknik meditasi pada Jainisme secara khusus berfokus pada mantra, visualisasi dan pernapasan.
  • Lao Tze dan Taoise di Cina. Taoisme menekankan untuk menjadi satu dengan ‘Tao’, yang berarti ‘kehidupan kosmik’ atau alam, teknik meditasi Tao tradisonal mencakup fokus pada perhatian, kontemplasi dan juga menggunakan visualisasi.
  • Konfusius dan Konfusianisme di Cina. Konfusius aalah seorang guru, politis dan filsuf Tiongkok, yang ada pada abad ke-6 SM, Konfusianisme menekankan pada perkembangan pribadi, moralitas dan keadilan sosial, meditas dalam konfusianisme dikenal dengan sebutan Jing Zuo dan memiliki fokus pada perbaikan diri dan kontemplasi.

Sufisme dan Meditasi

sufi

Susisme adalah sebuah tradisi islam kuno yang sudah ada sejaak 1400 tahun yang lalu, in merupakan sebuah praktik atau latihan dimana umat islam berusaha untuk berhubungan dengan Allah (Tuhan) melalui refleksi diri dan kontemplasi, diperkirakan dipengaruhi dari budaya India, tassawuf mengembangkan praktik meditasi yang mencakup fokus pada pernapasan dan penggunaan mantra.

Praktik Yudaisme dan Meditasi

yahudi

Selain seperti apa yang telah diyakini sebagai deskripsi tentang praktik meditasi dalam taurat, metode esoteris Yahudi dan aliran pemikiran Kabbalah juga mencakup beberapa bentuk meditasinya sendiri, pada umumnya didasarkan pada pemikiran mendalam terhadap topik-topik filosofis dan doa.

Sejarah Meditasi di Dunia Barat

sejarah meditasi di barat

Ketertarikan terhadap meditasi di dunia barat dimulai pada sekitar tahun 1700-an, ketika beberapa teks filsafat dari timur, yang memuat referensi teknik dan praktik meditasi mulai diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa negara-negara di Eropa.

Teks yang termasuk adalah :

  • Upanishad. Kumpulan teks-teks religius dan filosofis dari India, diperkirakan telah ada pada sekitar tahun 800-500 SM.
  • Bhagavad Gita. Sebuah tulisan berbahasa Sanskerta yang berisi 700 ayat yang merupakan bagian dari Mahabharata.
  • Sutra Buddha. Kitab suci yang dianggap sebagai ajaran lisan dari Sang Buddha.

Pada abad ke-18, meditasi hanya di pandang sebagai sekedar topik diskusi oleh para filsuf dan para intelektual, baru pada abad ke-20 meditasi mulai muncul ke permukaan, terutama di Amerika, letika seorang yogi terkemuka, Swami Vivekananda menyampaikan sebuah presentasi di Parlemen Keagamaan di kota Chicago.

Presentasi tersebut berhasil menciptakan sebuah gelombang minat baru terhadap berbagai model spiritualitas timur di dunia barat dan mempengaruhi sejumlah guru spiritual lain dari India untuk bermigrasi ke Amerika, beberapa diantaranya :

  • Swami Rama dari institut Himalaya.
  • Paramahansa Yogananda dari Self-Realization Fellowship.
  • Maharish Mahesh Yogi dengan praktik Meditasi Transendentalnya.

Bersama para guru-guru spiritual ini, para perwakilan spiritual dari aliran pemikiran Buddha lainnya juga mulai bermigrasi ke Amerika, termasuk juga para individu dari aliran pemikiran Zen dan aliran pemikiran Theravada, setiap kali meditasi diperkenalkan di suatu tempat yang baru, ia telah dibentuk oleh budaya individu yang terlibat di dalamnya.

Dengan marak diperkenalkannya meditasi di dunia barat, meditasi mulai menjadi lebih terlepas dari hubungan dengan agama dan ajaran awalnya dan diajarkan dengan cara yang lebih kebarat-baratan, pada tahun 1960-an dan 1970-an, meditasi banyak diteliti pada berbagai studi ilmiah, sehingga lebih jauh menghilangkan konteks spiritualnya dan menjadikan meditasi dapat digunakan oleh siapa saja, bukan hanya bagi mereka yang sedang mencari pemenuhan spiritual.

Benson (1967) memulai beberapa penelitian terawal di barat dalam rangka mengeksplorasi dampak meditasi pada hasil mental dan fifiologis, kemudian dia menerbitkan sebuah buku, yang kemudian menjadi buku terlarisnya, The Relaxation Response, pada tahun 1975 dan pada tahun yang sama dia juga mendirikan Mind Body Medical Institute.

Jon Kabat-Zinn

Pada tahun 1970-an, Jon Kabat-Zinn mengenal meditasi melalui studinya di MIT dan juga mulai menyelidiki manfaat kesehatan dari praktik meditasi, pada 1979 dia memperkenalkan sebuah program bernama Mindfulness-Based-Stress-Reduction (MBSR) dan juga membuka sebuah Klinik Pengurang Stres.

Pada sekitar waktu yang sama, Meditasi Transendental juga semakin populer, dengan banyaknya selebriti yang berlatih meditasi ini untuk membantu mereka hidup dengan ketenaran, termasuk band legendaris The Beatles, meskipun selama waktu ini banyak teknik meditasi berkaitan dengan budaya Hippie dan bukan sesuatu yang mainstream, baru pada tahun 1990-an semua ini mulai berubah.

deepak chopra

Pada tahun 1993 Deepak Chopra menerbitkan buku yang berjudul Ageless Body, Timeless Mind dan pada tahun 1996 dia tampil di acara Oprah, bukunya sukses terjual lebih dari 137,000 kopi dalam waktu sehari, semakin banyak selebriti yang mengungkapkan tentang manfaat yang di dapat pada kehidupan sehari-hari mereka dan semakin banyak bermunculan buku-buku yang membahas meditasi.

Pada 1990-an, Meditasi Mindfulness juga mulai banyak digunakan, Williams, Tesdale dan Seagal (1995) mengembangkan lebih lanjut program yang di prakarsai oleh Jon Kabat-Zinn untuk digunakan secara positif terhadap individu-individu yang mengalami gangguan depresi dan kecemasan, pendekatan The Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) menggabungkan mndfulness dengan Cognitive Behavioral Therapy dengan banyak hasil yang memuaskan.

Pendekatan MBCT telah disetujui secara klinis oleh National Institute for Clinical Excellence di Inggris dan dianggap sebagai suatu ‘pilihan pengobatan’ untuk depresi.

Pada 2012, terdapat lebih dari 700 program yang berbasiskan mindfulness tersedia di seluruh dunia dan program asli dari Kabat-Zinn adalah program utama yang sering digunakan dalam berbagai penelitian terhadap meditasi mindfulness.

Saat ini, mindfulness dan meditasi telah berkembang pesat di masyarakat barat dengan banyaknya sumber daya dan juga sekolah-sekolah baik offline maupun online tersedia untuk membantu dalam membimbing Anda menemukan jenis meditasi yang cocok untuk Anda, dengan semakin banyak penelitian yang menunjukkan dampak positif dari meditasi, semakin banyak pula komunitas riset dan sains medis yang tertarik untuk mempelajari manfaat dari meditasi.

Timeline Sejarah Meditasi

sejarah meditasi

Dibawah ini adalah sebuah timeline (garis waktu) singkat dari beberapa tanggal penting yang berkaitan dengan meditasi, beberapa diantaranya telah disebutkan sebelumnya.

5,000 SM – 3,500 SMPerkembangan AwalSeni dinding yang terdapat di India sebagai bukti tertua yang didokumentasikan dari meditasi.India
1,500 SMMeditasi HinduVeda, kumpulan besar teks-teks religius, bukti tertulis tentang meditasi tertua.India
Abad 6-5 SMPerkembangan AwalPengembangan bentuk-bentuk meditasi lainnya dalam Taoisme di Cina dan Buddhist di IndiaCina, India
Abad 6 SMMeditasi BuddhaSiddharta Gautama berangkat mencari pencerahan, belajar meditasi dalam prosesnya.India
Abad 8 SMMeditasi BuddhaPraktik meditasi Buddha mulai menyebar di Jepang.Jepang
Abad 10-14 MMeditasi KristenHesychasm, sebuah tradisi doa kontemplatif di Eastern Orthodox Church, melibatkan pengulangan doa Yesus.Yunani
Abad 11-12 MMeditasi IslamKonsep tentang Dzikir yang terdapat di Islam di pandang sebagai suatu bentuk meditasi dan merupakan salah satu elemen penting dalam tassawuf.
Abad 18 MMeditasi BuddhaStudi terhadap ajaran Buddha menjadi fokus topik diskusi terutama di kalangan intelektual.Amerika
1936Penelitian BaratPotongan awal penelitian ilmiah tentang meditasi diterbitkan.Amerika
1950-anMeditasi BuddhaGerakan Vipassana dimulai di Bruma.Burma
1950-anMeditasi TransendentalMaharishi Mahesh Yogi memperkenalkan meditasi transendental.Amerika
1955Penelitian BaratBagian pertama penelitian ilmiah terhadap meditasi menggunakan alat EEG diterbitkan.
1960-anMeditasi TransendentalSwami Rama menjadi salah satu yogi yang pertama di pelajari langsung oleh para ilmuwan barat.Amerika
1970-anPenelitian BaratJon Kabat-Zinn mulai mengembangan program mindfulness untuk orang dewasa dalam aspek medis, yang dia sebut dengan mindfulness-based stress reduction (MBSR).Amerika
1970-anPenelitian BaratHerbert Benson menunkkan efektifitas dari meditasi melalui penelitiannya.Amerika
1977Penelitian BaratJames Funderburk menerbitkan koleksi awal dari studi ilmiah terhadap meditasi.Amerika
1979Penerapan MedisJon Kabat-Zinn membuka Center for Mindfulness dan mengajarkan mindfulness-based stress reduction untuk membantu mengobati berbagai kondisi kronis.Amerika
1981Meditasi VipassanaPusat meditasi Vipassana pertama di luar India dan Myanmar didirikan di Massachusetts dan Australia.Amerika, Australia
1996Meditasi ModernChopra Center for Wellbeing didirikan oleh Deepak Chopra dan David Simon.Amerika
2000Penerapan MedisUji klinis utama pertama dari mindfulness dengan pasien kanker dilakukan, mengindikasikan hasil yang bermanfaat untuk program pengurangan stres berbasis mindfulness.Amerika
Referensi

Baca Juga Artikel Meditation Lainnya