Sejarah Meditasi

Sangat menarik jika berbicara tentang meditasi, sejarah panjang meditasi hongga saat ini masih menyimpan banyak cerita yang sangat menarik, hampir di semua agama dan kebudayaan ditemukan praktek meditasi.

Seorang filsuf Perancis bernama Michel de Montaigne pernah berkata,

Hal terbesar di dunia ini adalah mengetahui bagaimana caranya menjadi milik dari diri sendiri.

Hal ini sepertinya jarang terjadi di masyarakat kita saat ini yang selalu berubah dan bergerak dengan cepat.

Dengan begitu banyak tuntutan pada waktu dan pikiran yang kita miliki, dibutuhkan upaya secara sadar untuk dapat mengambil waktu sejenak guna memberikan waktu bagi diri sendiri untuk mengeksplorasi ke dalam siapa diri kita sebenarnya.

Bahkan ketika kita sudah dapat meluangkan waktu, masih banyak orang yang masih bingung tentang bagaimana cara yang benar untuk melakukan meditasi, sedangkan meditasi telah di kenal luas dan secara meyakinkan merupakan suatu metode kunci yang terbukti memiliki banyak sekali manfaat.

Kata meditasi berasal dari istilah meditatum, dari bahasa latin yang berarti “merenung”, melalui latihan meditasi kita berusaha untuk mencari dan menemukan suatu hubungan yang lebih baik dengan tubuh pada momen di setiap harinya yang seringkali kita lewatkan begitu saja dan menciptakan tingkat kesadaran yang lebih kuat.

Anda mungkin sudah memiliki suatu bentuk latihan meditasi yang telah Anda jalani saat ini atau Anda mungkin baru pertama kali tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh tentang meditasi, apapun itu, yang pasti, sejarah meditasi sangatlah menarik dan layak untuk kita jelajahi bersama.

Referensi

Pendahuluan | Usia | Asal | Pencipta | Asal Usul | Dunia Barat | Timeline