Sebuah Pandangan Terhadap Asal Usul Meditasi

sejarah meditasi

Meskipun meditasi sebagai sebuah latihan pada saat ini sudah dianggap umum dan dikenal secara luas, ada baiknya untuk kita pahami bahwa meditasi memiliki sejara dan asal usul yang panjang ke belakang.

Hari ini meditasi telah dan terus diadaptasi sesuai dengan kehidupan kita, dan dengan kembali pada akarnya dapat membuat kita mengembangkan rasa apresiasi yang tinggi pada sebegitu luasnya praktik meditasi pada saat ini, serta bagaimana proses perkembangannya di berbagai negara dan wilayah pada titik waktu yang berbeda.

Dibawah ini adalah beberapa penjelasan singkat tentang berbagai akar dan asal usul meditasi.

India, Vendatisme dan Yogi

sejarah meditasi

Gambar tentang meditasi tertua yang didokumentasikan berasal dari India dan berasal dari sekitar tahun 5000 hingga 3500 SM, lukisan-lukisan dinding yang menggambarkan orang-orang yang sedang duduk dalam posisi duduk yang meditatif dan dengan kondisi mata setengah tertutup yang dianggap seperti sedang tenggelam dalam meditasi.

Teks tertua tentang meditasi yang didokumentasikan juga berasal dari India, berasal dari tradisi Hindu Vendatisme pada sekitar tahun 1500 SM, meskipun Veda menciptakan teks yang menggambarkan meditasi, penting untuk diketahui bahwa hal ini juga sudah diturunkan secara lisan melalu praktik dongeng selama berabad-abad.

Bersamaan dengan prakti Vedam tradisi Hindu juga menggambark praktik meditasi para Yogi di dalam gua-gua, dipercayai bahwa banyak praktik meditasi modern berasal dari garis keturunan ini, termasuk gerakan yoga modern yang tekniknya sebagian besar didasarkan pada praktik dari Yoga Hatha.

Walaupun begitu, baik untuk mengetahui bahwa asal-usul teknik-teknik ini didasarkan pada meditasi dengan tujuan pengembangan sisi spiritual bukan sebuah latihan untuk peregangan dan gerakan yang diajarkan oleh banyak sekolah di barat saat ini.

Buddhisme di India

sejarah meditasi

Meditasi seringkali dikaitkan erat dengan agama Buddha, meskipun begitu gambar Sang Buddha yang bermeditasi dalam posisi teratai belum muncul hingga lama setelahnya, lama setelah ajaran Buddha itu sendiri dimulai, dalam bahasa klasik di Buddhisme, meditasi di sebut dengan bhavana yang berarti perkembangan mental atau dhyana yang berarti ketenangan mental.

Sangat banyak jenis dari teknik dan latihan meditasi, pada sekitar waktu yang sama ketika ajaran Buddhisme berkembang, tiga jenis praktik meditasi lainnya juga sedang berkembang, masing-masing dengan cara mereka sendiri, meskipun secara global tidak sepopuler dengan yang dilakukan agama Buddha, mereka layak juga untuk kita ketahui bersama :

  • Mahavira dan Jainisme di India. Tirthankara Mahavira, juga dikenal sebagai Vardhamana, dikenal jasanya karena menghidupkan kembali Jainisme. Sebagai praktiknya, Jainisme memberi penekanan kuat pada disiplin diri dan kontemplasi serta praktik non-kekerasan, teknik meditasi pada Jainisme secara khusus berfokus pada mantra, visualisasi dan pernapasan.
  • Lao Tze dan Taoise di Cina. Taoisme menekankan untuk menjadi satu dengan ‘Tao’, yang berarti ‘kehidupan kosmik’ atau alam, teknik meditasi Tao tradisonal mencakup fokus pada perhatian, kontemplasi dan juga menggunakan visualisasi.
  • Konfusius dan Konfusianisme di Cina. Konfusius aalah seorang guru, politis dan filsuf Tiongkok, yang ada pada abad ke-6 SM, Konfusianisme menekankan pada perkembangan pribadi, moralitas dan keadilan sosial, meditas dalam konfusianisme dikenal dengan sebutan Jing Zuo dan memiliki fokus pada perbaikan diri dan kontemplasi.

Sufisme dan Meditasi

sejarah meditasi

Susisme adalah sebuah tradisi islam kuno yang sudah ada sejaak 1400 tahun yang lalu, in merupakan sebuah praktik atau latihan dimana umat islam berusaha untuk berhubungan dengan Allah (Tuhan) melalui refleksi diri dan kontemplasi, diperkirakan dipengaruhi dari budaya India, tassawuf mengembangkan praktik meditasi yang mencakup fokus pada pernapasan dan penggunaan mantra.

Praktik Yudaisme dan Meditasi

sejarah meditasi

Selain seperti apa yang telah diyakini sebagai deskripsi tentang praktik meditasi dalam taurat, metode esoteris Yahudi dan aliran pemikiran Kabbalah juga mencakup beberapa bentuk meditasinya sendiri, pada umumnya didasarkan pada pemikiran mendalam terhadap topik-topik filosofis dan doa.

Referensi

Pendahuluan | Usia | Asal | Pencipta | Asal Usul | Dunia Barat | Timeline