Sejarah Meditasi di Dunia Barat

sejarah meditasi

Ketertarikan terhadap meditasi di dunia barat dimulai pada sekitar tahun 1700-an, ketika beberapa teks filsafat dari timur, yang memuat referensi teknik dan praktik meditasi mulai diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa negara-negara di Eropa.

Teks yang termasuk adalah :

  • Upanishad. Kumpulan teks-teks religius dan filosofis dari India, diperkirakan telah ada pada sekitar tahun 800-500 SM.
  • Bhagavad Gita. Sebuah tulisan berbahasa Sanskerta yang berisi 700 ayat yang merupakan bagian dari Mahabharata.
  • Sutra Buddha. Kitab suci yang dianggap sebagai ajaran lisan dari Sang Buddha.

Pada abad ke-18, meditasi hanya di pandang sebagai sekedar topik diskusi oleh para filsuf dan para intelektual, baru pada abad ke-20 meditasi mulai muncul ke permukaan, terutama di Amerika, letika seorang yogi terkemuka, Swami Vivekananda menyampaikan sebuah presentasi di Parlemen Keagamaan di kota Chicago.

Presentasi tersebut berhasil menciptakan sebuah gelombang minat baru terhadap berbagai model spiritualitas timur di dunia barat dan mempengaruhi sejumlah guru spiritual lain dari India untuk bermigrasi ke Amerika, beberapa diantaranya :

  • Swami Rama dari institut Himalaya.
  • Paramahansa Yogananda dari Self-Realization Fellowship.
  • Maharish Mahesh Yogi dengan praktik Meditasi Transendentalnya.

Bersama para guru-guru spiritual ini, para perwakilan spiritual dari aliran pemikiran Buddha lainnya juga mulai bermigrasi ke Amerika, termasuk juga para individu dari aliran pemikiran Zen dan aliran pemikiran Theravada, setiap kali meditasi diperkenalkan di suatu tempat yang baru, ia telah dibentuk oleh budaya individu yang terlibat di dalamnya.

Dengan marak diperkenalkannya meditasi di dunia barat, meditasi mulai menjadi lebih terlepas dari hubungan dengan agama dan ajaran awalnya dan diajarkan dengan cara yang lebih kebarat-baratan, pada tahun 1960-an dan 1970-an, meditasi banyak diteliti pada berbagai studi ilmiah, sehingga lebih jauh menghilangkan konteks spiritualnya dan menjadikan meditasi dapat digunakan oleh siapa saja, bukan hanya bagi mereka yang sedang mencari pemenuhan spiritual.

Benson (1967) memulai beberapa penelitian terawal di barat dalam rangka mengeksplorasi dampak meditasi pada hasil mental dan fifiologis, kemudian dia menerbitkan sebuah buku, yang kemudian menjadi buku terlarisnya, The Relaxation Response, pada tahun 1975 dan pada tahun yang sama dia juga mendirikan Mind Body Medical Institute.

sejarah meditasi

Pada tahun 1970-an, Jon Kabat-Zinn mengenal meditasi melalui studinya di MIT dan juga mulai menyelidiki manfaat kesehatan dari praktik meditasi, pada 1979 dia memperkenalkan sebuah program bernama Mindfulness-Based-Stress-Reduction (MBSR) dan juga membuka sebuah Klinik Pengurang Stres.

Pada sekitar waktu yang sama, Meditasi Transendental juga semakin populer, dengan banyaknya selebriti yang berlatih meditasi ini untuk membantu mereka hidup dengan ketenaran, termasuk band legendaris The Beatles, meskipun selama waktu ini banyak teknik meditasi berkaitan dengan budaya Hippie dan bukan sesuatu yang mainstream, baru pada tahun 1990-an semua ini mulai berubah.

sejarah meditasi

Pada tahun 1993 Deepak Chopra menerbitkan buku yang berjudul Ageless Body, Timeless Mind dan pada tahun 1996 dia tampil di acara Oprah, bukunya sukses terjual lebih dari 137,000 kopi dalam waktu sehari, semakin banyak selebriti yang mengungkapkan tentang manfaat yang di dapat pada kehidupan sehari-hari mereka dan semakin banyak bermunculan buku-buku yang membahas meditasi.

Pada 1990-an, Meditasi Mindfulness juga mulai banyak digunakan, Williams, Tesdale dan Seagal (1995) mengembangkan lebih lanjut program yang di prakarsai oleh Jon Kabat-Zinn untuk digunakan secara positif terhadap individu-individu yang mengalami gangguan depresi dan kecemasan, pendekatan The Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) menggabungkan mndfulness dengan Cognitive Behavioral Therapy dengan banyak hasil yang memuaskan.

Pendekatan MBCT telah disetujui secara klinis oleh National Institute for Clinical Excellence di Inggris dan dianggap sebagai suatu ‘pilihan pengobatan’ untuk depresi.

Pada 2012, terdapat lebih dari 700 program yang berbasiskan mindfulness tersedia di seluruh dunia dan program asli dari Kabat-Zinn adalah program utama yang sering digunakan dalam berbagai penelitian terhadap meditasi mindfulness.

Saat ini, mindfulness dan meditasi telah berkembang pesat di masyarakat barat dengan banyaknya sumber daya dan juga sekolah-sekolah baik offline maupun online tersedia untuk membantu dalam membimbing Anda menemukan jenis meditasi yang cocok untuk Anda, dengan semakin banyak penelitian yang menunjukkan dampak positif dari meditasi, semakin banyak pula komunitas riset dan sains medis yang tertarik untuk mempelajari manfaat dari meditasi.

Referensi

Pendahuluan | Usia | Asal | Pencipta | Asal Usul | Dunia Barat | Timeline