Siapa Yang Menciptakan Meditasi?

sejarah meditasi

Jawaban singkatnya, tidak, karena jawaban untuk kapan dan dimana semua ini berasal cukup kabur, sehingga untuk menemukan siapa yang pertama kali menciptakan atau menemukannya merupakan suatu hal yang ambigu.

Namun dari beberapa hal yang telah kita ketahui hingga saat ini, mengindikasikan beberapa tokoh penting yang telah berperan dalam menyebarkan praktik meditasi, dibawah ini kamu akan uraikan tiga tokoh kunci, namun diluar sana juga banyak tokoh-tokoh lain yang juga memiliki jasa yang sama besar dalam menyebarkan praktik meditasi ini.

Sang Buddha (India)

sejarah meditasi

Sang Buddha, yang dikenal dengan nama lain didalam Sanskrit yaitu Siddharta Gautama atau Siddhattha Gotama di Pali, adalah seorang pangeran yang bertransformasi menjadi seorang bhikkhu, sage, filsuf dan juga seorang pemimpin agama, ajaran-ajarannya menjadi dasar pendirian agama Buddha.

Mungkin mudah bagi kita untuk berasumsi bahwa Sang Buddha telah menciptakan atau menemukan meditasi, teapi ini tidaklah tepat, teks-teks buddhisme merujuk pada berbagai praktik meditasi yang berbeda dan Sang Buddha sendiri keluar untuk mencari para guru yang tercerahkan lainnya dalam rangka mempelajari cara dan praktik yang bertujuan untuk pemenuhan spiritual, meskipun Sang Buddha ternyata tidak menciptakan praktik meditasi, namun Sang Buddha sangat berperan dalam menyebarkan nilai-nilai meditasi sebagai sebuah latihan.

Lao-Tze (China)

sejarah meditasi

Lao-Tze yang juga dikenal dengan Lao-Tzu dan Laozi adalah seorang filsif Tiongkok kuno yang pada dasarnya namanya sendiri merupakan sebuah gelar kehormatan yang memiliki arti “Guru Tua”.

Dia merupaka sorang pengarang dari Tao-te-Ching, sebuah karya teks yang berisi dengan pemikiran dan ajarannya yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya sistem filosofis Taoisme, yang mereferensikan berbagai latihan meditasi dan ide kebijaksanaan dalam keheningan, terdapat banyak spekulasi mengenai apakah Lao-Tze adalah seorang pria atau apakah nama itu merujuk pada sekelompok individu dan filsuf yang memiliki gagasan-gagasan yang sama.

Dosho (Jepang)

sejarah meditasi

Dosho adalah seorang biarawan Jepang, pada abad ke-7 ia melakukan perjalanan ke Cina dan belajar agama Buddha kepada Hsuan Tsan, seorang guru besar pada saat itu, selama perjalanan inilah Dosho belajar semua tentang proses dari Zen, yang kemudian ia bawa kembali ke Jepang.

Ketika kembali, ia membuka ruang meditasi pertamanya yang ditujukan untuk latihan Zazen, meditasi duduk, ia menciptakan komunitas bhikkhu dan murid dengan fokus utama pengajarannya adalah bentuk meditasi ini sendiri.

Referensi

Pendahuluan | Usia | Asal | Pencipta | Asal Usul | Dunia Barat | Timeline