Berapa Usia Meditasi?

sejarah meditasi

Jawaban untuk pertanyaan ini jauh lebih kompleks dari yang Anda perkirakan, berbagai penelitian, buku dan juga aliran-aliran meditasi yang berbeda selalu merujuk pada “tradisi kuno”, tetapi untuk mengenai usia pasti meditasi sangat bergantung dari definisi Anda terhadap konsep meditasi.

Davanger (2008) meninjau berbagai penelitian yang meneliti seputar meditasi dan dia berspekulasi bahwa praktik meditasi mungkin telah ada dan sama tuanya dengan kemanusiaan itu sendiri dengan ditemukannya kemampuan meditasi dari manusia Neanderthal.

Ada lebih banyak aliran pemikiran yang telah menentukan asal mula meditasi berdasarkan artefak dan referensi di negara-negara timur, dibawah ini adalah dua yang paling dikenal dan seberapa jauh mereka tercatat.

India. Dalam beberapa catatan tertulis yang berusia paling tua, berasal dari sekitar tahun 1500 SM di India, praktik Dhyana atau Jhana dirujuk sebagai sebuah praktik melatih pikiran, sering juga diterjemahkan sebagai meditasi, banyak dari catatan ini berasal dari tradisi Hindu Vedantisme dan membahas berbagai prakti meditasi yang ada di seluruh India kuno. Tulisan suci dan teks-teks Buddhis India yang berasal hanya beberapa ratus tahun SM lebih merupakan rekaman awal dari praktik meditasi ini, tetapi banyak yang berpendapat hal ini agak ambigu dalam hal referensi langsung mereka terhadap meditasi.

Tiongkok. Bentuk-bentuk awal meditasi dapat dirujuk hingga abad ke-3 dan ke-6 SM dan dikaitkan kepada Daois, Laozi, seorang filsuf Tiongkok kuno dan berbagai tulisan-tulisannya. Pada karya ini, banyak terdapat istilah yang tetap digunakan di abad-abad setelahnya dalam menggambarkan bermacam teknik meditasi yang digunakan, termasuk :

  • Shou Zhong – Secara kasar dapat diterjemahkan sebagai ‘menjaga area tengah’
  • Bao Yi – Secara kasar dapat diterjemahkan sebagai ‘merangkul yang satu’
  • Shou Jing – Secara kasar dapat diterjemahkan sebagai ‘merangkul ketenangan’
  • Bao Pu – Secara kasar diterjemahkan sebagai ‘merangkul kesederhanaan’

Namun, beberapa berpendapat bahwa sulit untuk mengetahui apakah teknik-tekinik ini sudah digunakan saat teks ditulis atau mereka adalah sebuah istilah-istilah yang baru dibuat untuk kepentingan penulisan, terdapat tulisan-tulisan lain yang berasal dari abad awal penggambaran meditasi, termasuk Zhuangzi yang berasal dari periode peperangan antar negara, sekitar 476-221 SM dan Neiye dari abad ke-4 SM.

Yang lebih tepat adalah, tidak ada yang tahu pasti kapan meditasi resmi dimulai atau ada, ada banyak juga referensi lintas budaya dan agama yang berbeda-beda dalam prakti meditasi, termasuk Yudaisme, Islam dan Kristen, yang tamaknya semua telah berkontribusi dan juga menginformasikan tentang praktik yang telah dikenal luas pada saat ini.

Referensi

Pendahuluan | Usia | Asal | Pencipta | Asal Usul | Dunia Barat | Timeline